Quantcast

DJI AeroScope: Teknologi Pelacakan Drone Jarak Jauh

Beberapa waktu lalu baru saja terjadi kasus tabrakan antara drone dengan pesawat di Jean Lesage International Airport, Québec City, Kanada. Meski tidak menyebabkan korban jiwa, dari kejadian ini bisa terlihat bagaimana drone bisa amat membahayakan jika tidak diterbangkan di area yang tepat.

Untuk mengantisipasinya, DJI sebenarnya telah menghadirkan fitur Fly Safe yang wajib diperhatikan setiap pilot drone. Fly Safe adalah fitur yang akan menginformasikan pilot drone wilayah mana saja yang terlarang untuk menerbangkan drone. Tapi, nampaknya fitur ini tidak lagi cukup sehingga DJI merilis teknologi pengaman yang lebih canggih yang diberi nama AeroScope.

Mampu melacak dan mengenali drone dari jarak jauh

AeroScope adalah sebuah alat detector yang mampu melacak dan mengenali drone dari jarak jauh.

Cara kerjanya juga sangat mudah dan sederhana. Receiver AeroScope secara otomatis akan mendeteksi nomor registrasi drone saat drone menyala. Kemudian, AeroScope akan langsung melacak titik lokasi drone tersebut. Ini tentu saja akan sangat efektif sehingga pihak yang berwenang bisa langsung mengambil tindakan jika memang drone terbang di wilayah yang terlarang.

Privasi pilot tetap aman

Patut dicatat, AeroScope tidak memanfaatkan koneksi internet untuk pelacakan ini. Jadi, catatan penerbangan drone tidak akan tersimpan di database.

Untuk melacak drone AeroScope mendeteksi sinyal yang dikirim drone ke remot kendalinya lalu akan menampilkan nomor seri drone, lokasi, ketinggian, kecepatan terbang drone dan arah terbang.

Agar privasi pilot drone tetap terlindungi, AeroScope tidak akan otomatis mengirimkan rekaman informasi identitas pribadi pilot drone. Namun, jika terjadi pelanggaran informasi tersebut bisa diungkapkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Kompatibel dengan semua drone DJI

Dikatakan DJI, AeroScope akan kompatibel dengan semua model drone yang dirilis oleh DJI tanpa perlu modifikasi ataupun alat tambahan. Untuk saat ini, teknologi AeroScope juga sudah diterapkan dan di uji coba di dua bandara internasional.

Kedepannya, DJI pun sangat menyarankan pihak kepolisian, otoritas penerbangan dan pihak otoritas lain untuk segera menerapkan teknologi AeroScope ini sehingga tidak lagi terulang kejadian drone terbang di wilayah yang terlarang.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: