Quantcast

DJI Zenmuse X7: Kamera Drone Pertama dengan Sensor Super 35mm

DJI kembali mendobrak dunia fotografi dan videografi aerial. Zenmuse X7 produk teranyarnya ini dilengkapi sederetan fitur canggih yang menjadikannnya semakin mumpuni untuk pengambilan gambar kelas profesional.

Andalkan Sensor Super 35mm

Pembaruan pertama bisa terlihat di sektor sensornya. Jika DJI Zenmuse X5 mengusung sensor Micro Four Third (MFT), Zenmuse X7 kini dipersenjatai sensor Super 35mm. Sensor ini menjadi yang pertama muncul di kamera drone.

Zenmuse X7 mampu merekam video hingga resolusi 6K dengan format CinemaDNG RAW atau 5.2K Apple ProRes di hingga 30fps. Selain itu pengguna juga bisa merekam di resolusi 3.9K CinemaDNG RAW atau 2.7K ProRes di hingga 59.94fps.

Dengan sensor Super 35mm ini, Zenmuse X7 menawarkan cakupan dynamic range hingga 14-stops. Dengan rentang dynamic range yang sangat lebar kamera ini tentu saja akan sangat mumpuni untuk pengambilan gambar di skenario dengan kontras tinggi. Kemampuan kendali noisenya di ISO tinggi pun diklaim amat baik.

Ekosistem lensa lengkap


Untuk mendukung sensor barunya DJI juga turut merancang Zenmuse X7 dengan mount lensa baru yang diberi nama DL-Mount. DJI pun telah menyiapkan beragam pilihan lensa DL-Mount untuk Zenmuse X7. Lensa yang tersedia diantaranya 16mm, 24mm, 35mm dan 50mm F2.8. Khusus untuk lensa 16mm DJI turut menambahkan ND 4 Filter terintegrasi. Sementara untuk lensa 24mm, 35mm dan 50mm telah dilengkapi dengan shutter mekanikal.

Semua lensa ini dirancang dengan material serat karbon yang ringan sekaligus tangguh. Uniknya, semua lensa tersebut memiliki dimensi dan bobot yang sama. Dengan begitu pengguna tidak perlu lagi repot-repot melakukan kalibrasi ulang saat mengganti lensa.

DJI Cinema Color System


Dalam pengembangan Zenmuse X7, DJI turut menggandeng Technicolor untuk mengembangkan profil warna barunya yang diberi nama DJI Cinema Color System. Profil warna ini menawarkan dua opsi yakni D-Log Gamma Curve dan D-Gamut color space. Untuk D-Log Gamma Curve menawarkan pengaturan dengan cakupan dynamic range yang lebih baik. Sementara D-Gamut Color Space dirancang menyesuaikan standar industri sinema dengan warna yang lebih netral.

Kabar baiknya, DJI Cinema Color System ini nantinya juga akan hadir untuk kamera DJI Zenmuse X5 yang akah dihadirkan lewat pembaruan firmware.

DJI Zenmuse X7 akan tersedia di awal bulan November 2017. Harga jualnya US$2700. Untuk lensa 16mm, 24mm, dan 35mm harganya US$1300. Sementara lensa 50mm harga jualnya dipatok US$1200. Untuk paket combo dengan semua lensanya dijual dengan harga US$4300.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: