Quantcast
Aksesoris GadgetAksesoris KomputerKomputerMobile GadgetNews

SilverStone SST-MS09C, Ubah SSD M.2 Menjadi USB Flash Disk

SilverStone merilis sebuah aksesoris unik yaitu sebuah enclosure SST-MS09C. Perangkat ini merupakan sebuah enclosure eksternal yang bisa mengubah SSD M.2 menjadi sebuah USB flash disk.

SilverStone SST-MS09C memiliki bentuk memanjang dengan ukuran 110mm. Perangkat ini mampu menampung SSD M.2 dengan ukuran panjang hingga 80mm (M.2-2280). Enclosure eksternal ini menggunakan chip VIA Labs VL715 yang mengubah koneksi SATA 6Gbps dari SSD M.2 menjadi koneksi USB 3.1 yang memiliki kecepatan maksimal 10 Gbps.

Untuk digunakan sebagai USB flash disk, SilverStone SST-MS09C menggunakan konektori USB 3.1 Gen 2 Type-A yang juga kompatibel dengan USB 2.0 dan USB 3.0. Untuk membuatnya lebih kompak, konektor tersebut juga retractable sehingga bisa disembunyikan saat sedang tidak digunakan.

Penggunaan perangkat ini pun sangat mudah. Setelah memasangkan SSD M.2 di dalamnya, SilverStone SST-MS09C tidak membutuhkan instalasi driver tambahan dan bisa langsung digunakan seperti USB flash disk biasa. SilverStone SST-MS09C dijual dengan harga US$37 atau sekitar 500 ribu rupiah.

Back to top button