Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Samsung eUFS 3.1: Solusi Ruang Penyimpanan Smartphone yang Lebih Kencang dan Kapasitas Besar



Popularitas hard disk di PC secara perlahan tapi pasti digeser oleh SSD. Pasalnya, SSD memang mampu menawarkan kecepatan baca tulis yang lebih cepat sehingga performa laptop akan terasa lebih kencang.

samsung eUFS 3.1 1

Kecanggihan teknologi SSD inilah yang kemudian coba dibawa Samsung ke dunia smartphone. Samsung memperkenalkan chip memori untuk ruang penyimpanan dengan teknologi eUFS 3.1 yang disiapkan untuk smartphone kelas premium.

Performa sangat cepat

eUFS 3.1 merupakan pengembangan dari eUFS 3.0 yang meluncur di tahun 2019 lalu. untuk performanya eUFS 3.1 menawarkan kecepatan baca hingga 2100 MB/detik dan tulis hingga lebih dari 1200 MB/detik.

Kecepatan baca eUFS 3.1 ini memang masih sama dengan eUFS 3.0. Tapi, untuk kecepatan tulisnya meningkat hingga tiga kali lipat. Selain itu, kemampuan baca acaknya juga turut meningkat hingga sekitar 1.6 kali.

K413 728 yangcanggih

Perbandingan Samsung eUFS 3.1 dengan generasi sebelumnya bisa dilihat di tabel berikut:

samsung eUFS 3.1 2

Sebagai gambaran di skenario pemindahan data, smartphone dengan memori eUFS 3.1 hanya butuh waktu 1,5 menit saja untuk memindahkan data berukuran 100GB. Lebih cepat jika dibandingkan UFS 3.0 yang membutuhkan waktu lebih dari 4 menit.

Menurut Samsung, dengan kemampuannya tersebut eUFS 3.1 juga menawarkan performa yang 10x lebih cepat jika dibandingkan kartu memori microSD UHS-I pada umumnya.

Pilihan kapasitas hingga 512GB

Debut perdana chip Samsung eUFS 3.1 ini akan tersedia dengan pilihan kapasitas 512GB. Walau begitu Samsung juga akan menghadirkan dengan pilihan kapasitas 128GB dan 256GB di akhir tahun nanti. Sayangnya, Samsung memang belum membocorkan lebih lanjut smartphone apa yang akan pertama kali mengadopsi teknologi ini. Kita tunggu saja..

More Stories
Sony Tough CFExpress Type A 1
Sony Umumkan Kartu Memori CFExpress Type A Pertama di Dunia dengan Kapasitas 80GB &160GB