Quantcast
KomputerLaptop GamingNewsProduct News

Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Laptop gaming dengan platform AMD Advantage memang paling dinantikan oleh para gamer di tahun ini. Pasalnya, AMD Advantage menawarkan standarisasi tinggi untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih optimal. Dari ASUS salah satu laptop gaming teranyarnya dengan sertfoAMD Advantage adalah ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition. Nah, sebelum memutuskan untuk membelinya berikut kelebih dan kekurangan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition yang wajib diketahui.

ASUS ROG Strix G15 dan G17 Advantage Edition 1

Kelebihan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

1. Performa sangat bertenaga
Satu syarat utama plaform AMD Advantage Edition adalah CPU dan GPU yang wajib mengusung teknologi AMD. Prosesor wajib menggunakan Ryzen Mobile 5000-series dan kartu grafis Radeon RX 6000M.

AMD Advantage 2

Di ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition yang kami uji menggunakan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dan Kartu grafis AMD Radeon seri tertinggi RX6800M 12GB. Hasilnya, performa gaming laptop ini memang terasa sangat bertenaga. Ideal untuk gamer yang selalu mengedepankan gaming AAA di pengaturan grafis rata kanan.

2. Desain menarik
ASUS ROG Strix G15 AMD Advantage 1
ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition tampil beda dengan desain laptop gaming kebanyakan. Tampilannya terlihat lebih sporty. ASUS juga melengkapinya dengan Armor Cap berwarna merah di bagian sasisnya. Armor Cap ini bisa diganti. Tersedia tiga pilihan warna Armor Cap yakni merah, silver dan hitam.

3. Panel layar 300 Hz
1 10
Panel layar IPS 15.6 inci yang dibawanya memang hanya memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Tapi, refresh rate panelnya 300Hz lengkap dengan dukungan AMD Freesync. Alhasil, berkat refresh rate yang tinggi ini visual dilayarnya sangat minim blur dan terhindar dari efek tearing.

4. Port konektivitas lengkap
1 11
ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition memang bukan kategori laptop gaming tipis dan ringan. Rancangan bodinya relatif bongsor. Tapi, sangat tidak pelit konektivitas. Port konektivitas yang dibawanya tergolong lengkap untuk sebuah laptop gaming. Jadi, bisa dengan mudah terhubung ke perangkat lain.

5. Sistem pendingin sangat baik
ASUS ROG Strix G15 AMD Advantage 8
Mengimbangi performanya yang sangat bertenaga, ASUS melengkapi ROG Strix G15 Advantage Edition dengan sistem pendingin yang sangat mumpuni. Di pengujian gaming saat semua komponen berkerja maksimal sistem pendinginnya ini terbukti berhasil menjaga suhu laptop tetap stabil. Kipas pendinginnya juga relatif senyap. Area permukaan keyboard juga tidak terasa panas. Di atas rata-rata laptop gaming pada umumnya.

6. Baterai tahan lama
Salah satu syarat AMD Advantage memang mewajibkan waktu guna hingga sekitar 10 jam untuk memutar video. Pada prakteknya, untuk pengujian standar produktivitas harian saja ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition bisa menemani kami bekerja hingga nyaris 11 jam. Sangat hemat daya jika dibandingkan laptop gaming kebanyakan yang umumnya boros baterai.

Kekurangan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

1 2
1. Kapasitas SSD relatif kecil untuk laptop gaming kekinian
Untuk sebuah laptop gaming kekinian ruang penyimpanannya yang berkapasitas 512GB memang cukup terbatas. Pasalnya, laptop gaming keluaran terbaru saat ini sudah mulai dilengkapi SSD kapasitas 1TB. Jadi, opsi upgrade bisa dipilih jika ingin menambah kapasitas ruang penyimpanannya tersebut.

2. Tidak dilengkapi webcam
ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition belum dilengkapi dengan webcam terintegrasi. Cukup disayangkan mengingat saat ini webcam menjadi salah satu elemen penting pada laptop yang paling sering digunakan untuk kebutuhan konferensi video di masa pandemi.

Back to top button