Quantcast
KomputerLaptopReview

Review ASUS Vivobook A1404

Reader Rating1 Votes
6.1
8
Mantap

Sepertinya memilih laptop yang cocok buat pelajar dan mahasiswa lebih sudah daripada mencari jodoh. Rupanya laptop yang ideal untuk mahasiswa itu wajib punya kinerja mumpuni, bodi yang kuat di tingkat harga yang harus terjangkau dan jauh dari mahal. Susah kan?

Itulah sebabnya kami langsung tersenyum saat mendengar bahwa ASUS Vivobok 14 A1404 VA ini ditujukan bagi mahasiswa. Apakah laptop ini mampu memenuhi semua kriteria tersebut di atas? Berikut ulasannya.

Desain ASUS Vivobook A1404

Dari sisi estetika, desain ASUS Vivobook A1404 termasuk standar atau biasa saja. Bodinya yang setebal 17,9mm dan bobotnya yang 1,4kg termasuk rata-rata. Nyaris tidak berbeda jika dibandingkan laptop lain di kelasnya.

Desain cover depan sudah diperbaharui, kini selaras dengan konsep desain laptop ASUS keluaran beberapa tahun lalu yang harganya di kisaran 10 juta. Jadi agak terlihat lebih mewah sih, jika dibanding harganya. Ada tiga pilihan warna, tapi tidak semuanya tersedia untuk semua varian.

port asus vivobook 14 a1404 2024

Port yang ada juga cukup lengkap, yaitu 3 port USB Type A, 1 port USB Type C dan HDMI. Satu hal yang menarik, biarpun laptop ini masuk kelas entry level atau kelas bawah, bodinya sudah memenuhi sertifikasi standar militer hingga 12 pengujian ketat dan 26 prosedur pengujian yang berat. Jadi laptop ini akan cukup tahan saat dibawa-bawa dan terbentur tidak sengaja.

Sekarang kita bahas layar. ASUS VivoBook 14, sesuai namanya, punya layar berukuran 14 inci. Layarnya juga sudah menggunakan tipe Nano Edge yang punya bezel atau bingkai lumayan tipis. Sekali lagi, ini merupakan upgrade untuk laptop ASUS di kelas harga 6 jutaan.

Kualitas layar termasuk lumayan. Layar 14 incinya ini sudah memakai panel IPS dengan resolusi Full HD. Maka tidak heran tampilannya tajam dengan warna yang cukup baik. Cocok untuk target pasarnya yaitu pelajar dan mahasiswa yang keperluannya lebih didominasi mengakses internet, menonton video serta mengolah dokumen.

ASUS Vivobook 14 A1404 juga punya sertifikasi TUV Rheinland sebagai penanda kalau layarnya gak akan bikin mata cepat lelah kalau dipelototin lama-lama. Layarnya bisa dibuka hingga 180 derajat sehingga akan lebih aman jika layar terdorong dengan kuat.

cover webcam asus vivobook 14 a1404 2024

Di bagian atas layar ada webcam yang sudah dilengkapi ASUS webcam Shield yang dapat menutup lensa webcam secara fisik. Ini merupakan fitur keamanan ekstra bagi yang sering mengadakan meeting online atau yang takut diintai melalui webcam.

Performa ASUS Vivobook 14 A1404

Sekarang kita bicara performa. Asus Vivobook 14 A1404 ini punya beberapa pilihan spesifikasi. Yang paling murah, harganya mulai 6,5 juta rupiah, dengan Intel Core i3 gen 12 dan spesifikasi sebagai berikut (Intel Core i3-1215U , 8GB / 256GB PCIe 3.0 SSD NVMe). Kemudian ada varian di atasnya yang punya spesifikasi lebih baik, dengan prosesor Intel Core i5 mulai dari generasi 12, dengan harga sekitar 9 juta rupiah. ( Intel Core i5-1235U, 8GB/512GB). Selain itu, juga ada varian dengan prosesor Intel Core i3, Core i5 dan Core i7 generasi 13 hingga harga 12 jutaan rupiah.

cover depan asus vivobook 14 a1404 2024

Menurut kami, versi paling murah sudah memadai untuk kamu yang kebutuhannya cukup mendasar seperti bikin presentasi, browsing Internet, bikin video pake aplikasi video editing ringan kayak Capcut, atau bikin desain pakai Canva. Semua aktivitas itu bisa dilakukan dengan cepat menggunakan varian paling murah.

Kalo mau lebih nyaman, kamu bisa melakukan upgrade RAM atau memilih varian di atasnya. Sebagai panduan umum, kami merekomendasikan dua varian terbawah dan varian teratas yang kami nilai memiliki value terbaik. Apapun varian yang dipilih, laptop ini tidak cocok untuk main game berat dan hanya bisa untuk game kasual.

Daya tahan baterainya termasuk lumayan, mencapai 5 jam jika dipakai untuk aplikasi yang ringan seperti browsing, nonton video streaming, serta menjalankan aplikasi kantoran.

Laptop terbaik untuk mahasiswa?

keyboard asus vivobook 14 a1404 2024

Paduan harga dan spesifikasi ASUS Vivobook 14 A1404 membuatnya sebagai salah satu laptop yang layak dipertimbangkan pengguna yang punya dana di bawah 10 juta rupiah. Banyaknya pilihan spesifikasi juga memberikan keleluasaan bagi pembeli untuk menyesuaikan dengan dananya.

Bagi yang ingin membelikan laptop bagi anak untuk kegiatan belajar mengajar, varian paling murah juga sudah cukup memadai, kecuali jika kebutuhannya untuk desain grafis atau video editing yang lebih kompleks.

Mempertimbangkan harga dan spesifikasinya, ASUS Vivobook A1404 layak jadi pilihan bagi para pelajar dan mahasiswa, serta pekerja kantoran yang membutuhkan laptop berperforma baik di harga terjangkau.

Kelebihan ASUS Vivobook 14 A1404

  • Harga kompetitif
  • Kualitas layar oke
  • Performa cukup baik untuk pelajar dan mahasiswa
  • Keyboard nyaman
  • Daya tahan baterai cukup panjang
  • Desain relatif mewah dan kokoh, lulus standar militer
  • Ada tombol penutup lensa webcam

Kekurangan ASUS Vivobook 14 A1404

  • Bobot dan ketebalan termasuk rata-rata
  • Terlalu banyak varian berpotensi membingungkan calon pembeli
  • Bekas sidik jari mudah melekat di bodi

Siapa yang cocok menggunakan ASUS Vivobook 14 A1404VA?

Pelajar dan mahasiswa

Kalangan pelajar dan mahasiswa akan cocok menggunakan laptop ini, apalagi mengingat rasio performa dan harganya yang amat baik. Namun perlu dicatat, laptop ini kurang ideal bagi penggemar game.

Pekerja kantoran

ASUS Vivobook 14 A1404VA juga cocok untuk digunakan bekerja mengolah berbagai dokumen. Selain harganya yang terjangkau, layarnya juga nyaman digunakan untuk bekerja hingga 8 jam tanpa henti. Desainnya juga tidak memalukan kalau dibawa untuk presentasi ke luar kantor. Adanya pengaman webcam fisik juga membantu jika ingin menjaga privasi saat di depan laptop.

Pecinta film

Layar IPS beresolusi Full HD laptop ini sudah cukup baik untuk menonton YouTube atau Netflix. Kualitas suara dari speaker internalnya termasuk rata-rata sehingga lebih baik kamu memasang headphone atau speaker untuk mendapatkan kualitas suara lebih baik.

Pengguna laptop pertama

Spesifikasi dan harga ASUS Vivobook 14 A1404VA menjadikannya laptop ideal bagi pengguna laptop pertama. Alih-alih menggunakan laptop dengan prosesor Celeron atau Pentium, laptop ASUS ini akan lebih memuaskan berkat performanya yang sudah memadai untuk hampir semua pengguna awam.

 

vivobook 14 x1404vap product photo 1b quite blue 13 fingerprint backlit 2
Review ASUS Vivobook A1404
Mempertimbangkan harga dan spesifikasinya, ASUS Vivobook A1404 layak jadi pilihan bagi para pelajar dan mahasiswa, serta pekerja kantoran yang membutuhkan laptop berperforma baik di harga terjangkau.
Desain
8
Fitur
7
Performa
8
Harga
9
Reader Rating1 Votes
6.1
8
Mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Back to top button