Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Tips: Cara Memilih SSD Portabel yang Ideal untuk Menyimpan Data Pekerjaan Penting



Akibat pandemi Covid-19, ada peningkatan dalam gaya bekerja yang menjadi lebih fleksibel, sekarang lebih banyak pekerja yang bekerja dari rumah daripada di kantor. Terutama saat bepergian pada hari-hari tertentu dan bekerja dari rumah di hari lainnya, perangkat penyimpanan eksternal menjadi solusi untuk mentransfer file dari komputer kerja dan komputer rumah, serta menawarkan solusi back-up data yang stabil, aman, serta mudah dibawa kemana- mana.

Namun, masalah seperti gagal mengambil file yang disimpan di satu komputer dari komputer lain dapat menghambat kelancaran pekerjaan. Selain itu, kecepatan transfer data sangat penting dimiliki agar Anda dapat dengan cepat mengakses file dan memulai pekerjaan Anda.

Sebelumnya, kami telah menulis artikel mengenai 4 Alasan SSD Eksternal Menjadi Pilihan Terbaik untuk Pekerja Profesional yang Memiliki Data Penting. Sekarang, saatnya membahas cara Anda memilih SSD External atau SSD Portable yang tepat.

Tips memilih media penyimpanan portabel

Jika Anda mencari penyimpanan data portabel yang mampu melindungi dan dengan cepat mengakses file kerja Anda yang penting, berikut adalah tips kami tentang cara memilih perangkat penyimpanan portabel yang ideal.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dicermati saat memilih media penyimpanan data yang baik. Selain kapasitas dan harga, fitur-fitur tambahan seperti desain yang tangguh, kecepatan transfer data, serta dukungan software juga perlu diperhatikan

Salah satu media penyimpanan data eksternal yang menurut kami memiliki fitur-fitur canggih yang relevan bagi pengguna adalah My Passport Go SSD dari Western Digital (WD) . Dengan fitur tambahan yang relevan berguna, proses pencadangan data dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat sehingga menghemat waktu dan energi penggunanya.

Berikut 5 fitur canggih yang bisa ditemukan di WD My Passport Go SSD.

  1. Tangguh dan tahan benturan

wd my passport go ssd to pc

Salah satu penyebab kerusakan pada hard disk eksternal adalah efek benturan atau jatuh. Hal ini menjadi hal yang diperhatikan oleh Western Digital saat merancang My Passport Go SSD.

Anda tidak perlu cemas data akan hilang saat kotak mungil ini terjatuh, mengingat SSD tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga lebih aman.

Untuk menambah ketangguhannya, Western Digital mengadopsi desain dengan karet peredam benturan. Western Digital mengklaim bahwa My Passport Go SSD akan tetap tahan guncangan dan getar bahkan saat dicolokkan walaupun telah terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Ketahanan ekstra ini membuatnya ideal bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan sering bepergian.

  1. Desain mungil yang mudah dibawa

wd my passport go ssd bagDengan minimnya bagian yang bergerak, ukuran fisik SSD eksternal jauh lebih kecil dibandingkan HDD eksternal. Ukuran My Passport ™ Go dari Western Digital yang ringkas ini membuatnya muat dikantungi di saku baju atau celana.

hp 200 g3 aio 728 yc

Desainnya yang ringkas ini membuatnya ringan dan tidak menjadi beban saat dibawa. Ini merupakan hal yang penting bagi pengguna yang membutuhkan media penyimpanan Tangguh dan nyaman digunakan kapanpun saatberpergian.

  1. Transfer data cepat

Kecepatan transfer data, baik saat membaca maupun menulis, juga menjadi kelebihan My Passport Go SSD dari Western Digital. Dalam hal kecepatan, SSD eksternal ini memiliki kecepatan hingga 400MB/detik. Atau sekitar 2,5x lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk eksternal. Artinya, Anda dapat dengan cepat mengakses file dan memulai pekerjaan Anda di manapun Anda bekerja, dari rumah ataupun kantor.

wd atto benchmark

Kecepatan maksimumnya dapat dicapai saat My Passport Go SSD dihubungkan ke port USB 3.0. Yang menarik, kabel untuk terhubung ke port USB sudah terintegrasi di bodi belakang My Passport Go SSD.

  1. Kompatibel dengan PC dan Mac

wd my passport go ssd connected

My Passport Go SSD dapat digunakan dengan PC dan Mac secara langsung. Sebagai catatan, untuk beralih antar sistem, Anda harus melakukan format ulang.

Anda tidak membutuhkan software khusus untuk menggunakannya di dua platform tersebut. Untuk Windows, My Passport Go SSD dari Western Digital mendukung Windows 7, 8.1, dan Windows 10. Sementara untuk MacOS, drive ini mendukung versi Mojave, High Sierra, Sierra, atau yang lebih baru.

  1. Kumpulan software yang lengkap

Western Digital menyediakan beberapa program yang berguna untuk kebutuhan pengguna. Tercatat ada WD Discovery yang dapat menampilkan status drive yang terhubung, WD Backup untuk pencadangan data otomatis, serta WD Security untuk melindungi data yang tersimpan di dalam drive. Semuanya diberikan gratis oleh Western Digital bagi pembeli WD My Passport Go SSD.

Tersedia dalam 3 pilihan kapasitas

WD My Passport Go SSD tersedia dalam tiga pilihan kapasitas; yaitu 500GB, 1TB dan 2TB dengan harga mulai dari 1,4 jutaan rupiah. Anda juga bisa memilih dari dua warna yaitu Black/Cobalt dan Black/Amber.

Pastikan juga produk Western Digital (WD) yang Anda beli memiliki garansi resmi, karena My Passport Go SSD ini hadir dengan garansi resmi 3 tahun.

Bagi yang ingin membeli di toko online, WD telah memiliki toko resminya di ecommerce seperti Tokopedia. Produk resmi Western Digital My Passport Go SSD telah tersedia dan dapat dibeli pada tautan berikut: https://bit.ly/2OZw6vB

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Western Digital dan YANGCANGGIH.COM untuk mengedukasi pengguna gadget di Indonesia.

More Stories
Leica M Monochrom Jim Marshall 1
Leica M Monochrom Jim Marshall: Hanya Tersedia 50 Unit, Tampil Istimewa dengan Bodi dan Lensa Terbuat dari Kuningan