Quantcast
Foto & VideoAksesoris Foto & VideoNewsProduct News

SanDisk Extreme Pro 4TB: Kartu Memori SD Pertama di Dunia dengan Kapasitas 4TB

Western Digital mengumumkan kartu memori SanDisk Extreme Pro 4TB. Kartu memori SD ini adalah yang pertama di dunia hadir dengan kapasitas 4TB.

SanDisk Extreme Pro 4TB

Spesifikasi SanDisk Extreme Pro 4TB

Untuk mencapai kapasitas 4TB di kartu memori SD memang tidak mudah. Western Digital memanfaatkan standar Secure Digital Ultra Capacity (SDUC). Secara teoritis teknologi ini mampu mendukung penyimpanan hingga kapasitas 128TB pada satu kartu memori.

SanDisk Extreme Pro 4TB juga mengusung teknologi UHS-I. Artinya, kartu memori ini akan mendukung kecepatan pemindahan data hingga 104 MB/detik. Untuk perekaman video kecepatannya sudah memenuhi peringkat Video Speed Class 30 atau V30. Berarti kartu memori ini bisa menawarkan kecepatan baca tulis yang stabil di kisaran minimum 30 MB/detik untuk perekaman video.

SanDisk 1TB Extreme Pro UHS-II SDXC

Lebih cepat Extreme Pro 1TB sebelumnya yang sudah memenuhi standar V60 dengan kecepatan baca tulis stabil di kisaran minimum 60 MB/detik saat merekam video.

Lalu, dengan kapasitas 4TB berapa banyak foto dan video yang bisa disimpan di kartu memori ini? Jawabannya sangat banyak. Sebagai gambaran satu file foto format RAW dari kamera Sony a7R V ukurannya sekitar 130 MB. Artinya, dengan kapasitas 4TB Anda bisa menyimpan sekitar 31.000 foto. Untuk video cukup untuk menyimpan reakaman video hingga durasi 9 jam di resolusi 4K.

Harga SanDisk Extreme Pro 4TB

Meski sudah diumumkan SanDisk Extreme Pro 4TB belum akan tersedia dalam waktu dekat. Rencananya, kartu memori ini akan mulai tersedia di pasaran tahun 2025 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button