Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

4 Alasan SSD External Jadi Pilihan Terbaik Pekerja Profesional yang Memiliki Data Penting



Bagi pekerja modern yang memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari mana pun, keamanan data menjadi salah satu hal yang penting. Bahkan seringkali data menjadi lebih berharga daripada laptop atau komputer itu sendiri. Bayangkan jika data proyek penting harus hilang akibat kelalaian pengguna atau perangkat penyimpanan data yang kurang memadai.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah media penyimpanan data yang dapat diandalkan untuk menyimpan semua data penting yang dimiliki.

Satu solusi penyimpanan data yang semakin menarik di pasaran adalah SSD External atau SSD Portable. Media penyimpanan ini memiliki beberapa keunggulan yang berguna, terutama jika dibandingkan dengan hard disk eksternal. Salah satu produk SSD External yang menarik saat ini adalah Western Digital My Passport SSD. Selain ukurannya yang ekstra mungil, kapasitasnya juga cukup besar, mencapai 2TB.

Untuk pekerja profesional yang memiliki data penting, berikut 4 hal yang menjadikan SSD External sebagai pilihan terbaik.

1. Lebih Tahan Terhadap Benturan

Bagi yang masih awam, SSD merupakan kependekan dari Solid State Drive. Secara sederhana, SSD bisa dikatakan mirip seperti flashdisk berkapasitas ekstra besar yang sama-sama menggunakan flash memory untuk menyimpan data. Untuk saat ini, SSD external tersedia hingga kapasitas 2TB.

Lalu apa beda SSD dan HDD external? Perbedaan utamanya terletak pada fisiknya. Jika HDD (Hard disk drive) eksternal masih memiliki bagian dalam yang bergerak untuk membaca dan menulis data, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak. Ini penting mengingat sebagian besar kerusakan hard disk eksternal menimpa bagian yang bergerak tersebut.

Jadi SSD External akan lebih tahan dan tidak mudah rusak saat terguncang atau disimpan dalam tas. Berbeda dengan HDD External, Anda tidak perlu takut data hilang atau ada kerusakan saat SSD eksternal digerakkan saat menyalin data. Ini berarti SSD eksternal tidak akan rusak jika hanya jatuh.

Bagi yang suka berpergian atau travel, My Passport ™ Go, drive SSD yang tangguh didesain untuk memudahkan orang menyimpan data saat melakukan perjalanan. Dengan bumper pelindung karet di bagian luar, solid state drive di bagian dalam, dan kabel internal untuk kenyamanan, drive ini bukanlah sekedar drive biasa. My Passport Go adalah drive yang cocok untuk dibawa kemana saja dan kapan saja.

2. Tidak terpengaruh magnet

 

HDD eksternal bisa mengalami kerusakan jika didekatkan obyek yang memiliki daya magnet besar. SSD eksternal tetap aman walaupun disandingkan dengan medan magnet yang besar sekalipun. Ini dikarenakan mekanisme penyimpanan dan pembacaan data yang berbeda.

3. Transfer data lebih cepat

wd my passport go ssd laptop

elite dragonfly yangcanggih 728

Satu keunggulan utama SSD jika dibandingkan dengan HDD adalah kecepatannya dalam mentransfer data. Bahkan, Dengan menggunakan My Passport ™ Go, pengguna akan mendapatkan performa yang lebih cepat. Drive ini 2.5x lebih cepat dari kebanyakan portabel hard drive, dengan kinerja SSD hingga 400MB/detik.

Ini berarti proses membaca dan menyalin data akan dapat dilakukan lebih cepat, sehingga menghemat waktu. Satu hal penting bagi pengguna yang mengandalkannya untuk menyimpan data pekerjaan.

4. Ukuran ringkas

wd my passport go ssd bag

Dengan minimnya bagian yang bergerak, ukuran fisik SSD eksternal jauh lebih kecil dibandingkan HDD eksternal. Ukuran My Passport ™ Go dari Western Digital yang ringkas ini membuatnya muat dikantungi di saku baju atau celana. Selain ringkas, SSD eksternal juga ringan sehingga tidak membebani saat dibawa-bawa. Faktor penting bagi pengguna profesional yang ingin mencadangkan dan mengakses data penting saat beraktivitas.

Teknologi yang lebih superior tentunya juga hadir dengan harga yang lebih premium. SSD eksternal akan dijual lebih mahal dibandingkan HDD eksternal yang berkapasitas sama. Selain itu, kapasitas SSD eksternal yang ada di pasaran masih terbatas hingga 2TB. Kapasitas ini masih di bawah HDD eksternal yang kini sudah tersedia dalam kapasitas hingga 8TB.

Pada artikel berikutnya, kami akan membagikan tips cara jitu memilih SSD eksternal yang ideal bagi pengguna dengan data pekerjaan yang penting.

wd my passport go ssd package

Nah bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai produk SSD external yang handal dan bergaransi resmi beserta info pembeliannya, kunjungi tautan berikut: https://bit.ly/3jpe5oF

More Stories
Honor Watch Magic 1
Honor Watch Magic: Versi Hemat Huawei Watch GT, Baterai Bisa Tahan Seminggu