Quantcast
KomputerNewsProduct NewsStorage

Sambut Backup Day 2024, Western Digital Bagikan Tips Mengamankan Data

Mencadangkan data merupakan aktivitas penting yang perlu dibiasakan bagi semua pengguna gadget, apalagi yang memiliki data seperti dokumen, foto, video penting. Bertepatan dengan Hari Backup Sedunia (World Backup Day) yang dirayakan setiap tanggal 31 Maret, Western Digital sebagai perusahaan penyimpanan data global pun membagikan cara mudah mendigitalisasi foto, video, dan arsip penting keluarga dengan prinsip “Pilah, Pilih, Pulih”.

1. Pilah foto, video, dan arsip lama

Sebelum masuk ke proses digitalisasi, mulailah dengan mengumpulkan semua koleksi foto, video, dan dokumen lama yang ada di rumah. Kemudian, bagi semua arsip fisik tersebut menjadi beberapa kategori, misalnya dari urutan tahun, tempat, atau acara spesial (ulang tahun, liburan, dan sebagainya). Bubuhkan label untuk masing-masing kategori, sehingga akan mempermudah pencarian file ketika arsip ini sudah tersimpan secara elektronik.

2. Pilih solusi penyimpanan digital yang terpercaya

Untuk mengabadikan memori berharga yang tidak bisa terulang kembali, pastikan untuk memilih solusi penyimpanan digital yang tepat. Beberapa kriteria yang perlu dipenuhi adalah: solusi penyimpanan harus berkapasitas besar agar bisa menampung file dalam jumlah banyak; memiliki durabilitas tinggi; dan praktis digunakan.

sandisk extreme Portable SSD E61 Sky Blue

Salah satu solusi yang dihadirkan Western Digital adalah SanDisk Extreme Portable SSD yang punya kecepatan tinggi. Selain itu, SSD dilengkapi dengan proteksi jatuh hingga tiga meter serta ketahanan terhadap air dan debu IP65 yang membuatnya tangguh jika dikantungi atau di bawa ke mana-mana. Pilihan kapasitasnya sudah mencapai 4TB sehingga dapat menyimpan ratusan ribu foto dan berbagai dokumen lain dengan mudah.

Pengguna smartphone juga akan dapat menghubungkan SSD portabel ini langsung ke smartphone melalui koneksi USB-C, tanpa bantuan komputer. Jadi praktis dan lebih cepat.

3. Pulihkan data ketika terjadi hal tidak terduga

Salah satu keunggulan dari proses digitalisasi adalah kita bisa menyimpan semua data berharga lebih dari 1 copy, sehingga ketika hal-hal tidak terduga terjadi, file penting tidak langsung hilang. Itulah kenapa back-up data menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan. Tidak berhenti di digitalisasi arsip keluarga, kita harus menyimpan copy dari arsip tersebut di gawai atau platform lain.

ultra dual drive go usb 3 1 type c hero green.png.wdthumb.1280.1280

Ada banyak opsi yang tersedia untuk mempermudah back-up data, bahkan untuk smartphone. Salah satunya adalah SanDisk Ultra Dual Drive Go Type-C yang hadir dalam berbagai pilihan warna menarik (Absinthe Green, Lavender, Navagio Bay dan Hitam) serta kecepatan baca hingga 400MB/detik.

Bagi pengguna yang lebih suka tampilan metalik dan sleek, SanDisk Ultra Dual Drive Luxe juga hadir dalam warna Silver dan Gold. Kelebihan dari USB OTG ini adalah dual connector (flash drive 2-in-1 dengan konektor USB Tipe C dan Tipe A yang bisa dicolok ke laptop, komputer, tablet, hingga smartphone, sehingga tak perlu lagi kabel tambahan untuk saling berbagi file. USB OTG SanDisk dilengkapi dengan aplikasi SanDisk Memory Zone yang membantu pengguna melakukan pengelolaan dan back-up file dengan mudah, praktis, dan otomatis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button