Quantcast

8 Jurus Jitu Foto Selfie Keren dengan Oppo F3 & Oppo F3 Plus

Dulu, kita harus meminta bantuan orang lain atau meletakkan kamera di atas tripod untuk mengambil foto diri. Seiring perubahan jaman, banyak orang yang menggunakan smartphone untuk swafoto dengan bantuan monopod atau kerap disebut tongsis. Fenomena selfie juga semakin marak dengan adanya media sosial seperti Instagram, Facebook dan Snapchat yang memberikan inspirasi foto selfie yang menarik.

Lalu bagaimana caranya menciptakan foto selfie yang keren menggunakan smartphone? Pertama tentunya pilih smartphone dengan spesifikasi kamera depan yang memang ditujukan untuk kegiatan swafoto. Contoh terbaiknya untuk saat ini adalah Oppo F3 dan Oppo F3 Plus yang masih hangat diperkenalkan di tahun ini.

Kelebihan dua ponsel ini memang terletak pada kamera depannya yang memiliki fitur Dual-selfie camera. Dengan dua kamera di bagian depan, Oppo F3 dan F3 Plus dapat mengambil foto selfie dari dua sudut pandang yang berbeda. Jadi Anda bisa mengambil swafoto dengan sudut pandang standar (80 derajat) dan sudut pandang ekstra lebar (120 derajat). Pemilihan sudut 120 derajat ini juga telah diperhitungkan Oppo untuk meminimalkan distorsi agar hasil foto tetap nyaman dilihat.

Langkah kedua, asah keterampilan dan kuasai perangkat baru tersebut sehingga dapat digunakan lebih maksimal. Setelah menggunakan dua ponsel tersebut selama beberapa waktu, berikut 8 tips untuk mengambil foto selfie lebih maksimal dengan Oppo F3 dan F3 Plus.

1. Perhatikan kondisi latar saat memotret

Satu hal yang cukup sering ditemui pada sebuah foto selfie adalah latar yang kurang menarik atau terlalu mengganggu. Ada dua tip yang bisa dipakai dengan Oppo F3 dan F3 Plus untuk mengatasi hal ini.

Pertama, gunakan mode Beauty dan aktifkan Bokeh effect (ikon dengan simbol air). Dengan mode Bokeh ini, latar (atau orang) yang mengganggu akan terlihat kabur sehingga tidak akan menarik perhatian.

Cara kedua, pilih sudut pandang yang lebih pas untuk kondisi tersebut. Misalnya jika latar terlihat terlalu ramai dan mengganggu, Anda bisa menggunakan lensa dengan sudut pandang normal dan mendekatkan ponsel ke wajah seperti yang dilakukan Marischka Prudence di atas.

Tentunya jika latar di belakang menarik, Anda bisa beralih ke mode wide-angle untuk memvisualisasikan momen yang sedang ditangkap seperti yang dilakukan Raline dan Raisa di atas.

2. Pakai timer atau gesture saat menjepret agar hasil foto tidak kabur

Agar hasil foto tetap tajam, gunakan timer atau gesture tangan untuk menjepret. Dengan minimnya kontak jari ke ponsel saat menjepret, maka potensi kamera ponsel goyang atau terguncang juga lebih minim.

3. Manfaatkan fill light untuk swafoto di kondisi cahaya kurang ideal

Dalam kondisi minim cahaya, Anda bisa menggunakan fill light. Cahaya tambahan ini berasal dari layar yang berkedip putih untuk menerangi subyek. Perlu dicatat, cahaya dari layar ini hanya efektif jika digunakan dari jarak cukup dekat.

Dengan tambahan sinar dari layar, subyek akan terlihat lebih terang dan jelas sehingga menghasilkan foto selfie yang lebih baik.

4. Gunakan fitur Beauty dengan bijak

Adanya fitur Beauty 4.0 memang bisa membuat wajah tampil lebih kinclong dan menarik. Namun jangan sampai kebablasan menggunakan fitur ini sehingga hasil foto terlihat seperti boneka (kecuali itu efek yang diinginkan).

Coba terus fitur Beauty 4.0 yang dimiliki Oppo F3 dan F3 Plus untuk mencapai hasil maksimal yang diinginkan. Seperti yang dicontohkan Raline Shah dan Marischka Prudence di bawah ini.

5. Siapkan aksesori fotografi untuk selfie lebih maksimal

Fotografer profesional terbaik adalah fotografer yang mampu memaksimalkan perangkat yang digunakannya. Walaupun kamera menjadi perangkat yang sentral, namun aksesori penunjang fotografi juga dibutuhkan untuk hasil yang terbaik.

Beberapa aksesori fotografi mobile seperti ring light atau tripod meja akan dapat meningkatkan kualitas foto selfie yang dihasilkan. Misalnya, ring light yang diciptakan khusus untuk ponsel ini akan sangat membantu saat berfoto ria di dalam ruangan yang agak gelap. Intensitas cahaya yang bisa diatur juga membuatnya dapat digunakan di hampir semua kondisi cahaya.

6. Perhatikan kualitas cahaya saat memotret

Satu faktor utama yang membedakan hasil akhir foto adalah kualitas cahaya. Bereksperimenlah dengan cahaya, baik mengurangi dan menambah, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

IMG20170408105250

Foto di atas diambil dengan kamera depan Oppo F3 Plus. Jika subyek bergeser lebih ke dalam, maka kualitas cahaya juga akan menurun sehingga hasil akhir foto akan berbeda.

Untuk memotret di luar ruangan, sebaiknya perhatikan waktu karena pencahayaan matahari terus berubah. Biasanya menjelang matahari terbenam atau saat matahari terbit, cahaya matahari akan cenderung lebih lembut dengan sudut pencahayaan yang menarik seperti yang dicontohkan Marischka Prudence di bawah ini.

IMG20170516174645

7. Ambil foto yang sama dengan dua sudut berbeda

Bagi yang sudah memiliki Oppo F3 dan F3 Plus, jangan sampai lupa memanfaatkan fitur unik kamera depannya tersebut. Dengan beralih antara kamera dengan lensa standar dan lensa lebar, Anda akan mendapatkan dua foto yang berbeda seperti contoh di bawah ini.

8. Pastikan mata menatap ke arah lensa, bukan ke arah layar

Satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mata yang menatap ke layar, bukan ke lensa. Ini merupakan hal yang wajar karena kita biasanya selalu ingin melihat seperti apa foto yang akan dihasilkan. Biasakan kembali menatap ke lensa kamera setelah melihat ke layar agar hasil foto selfie lebih maksimal.

Dengan kamera depan gandanya, Oppo F3 dan F3 Plus memang handal untuk urusan selfie. Tapi tentunya untuk memaksimalkan teknologi canggihnya, Anda juga harus menguasai fitur-fitur yang dimilikinya. Jadi selain mengikuti tips dan contoh yang telah dipaparkan di atas, Anda juga wajib mengasah keterampilan mengambil foto untuk hasil lebih maksimal. Selamat mencoba!!

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: