Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Reno11 5G

OPPO Reno11 5G
7.8

OPPO Reno11 5G berada di posisi menengah antara tipe tertinggi dan terendah dari seri Reno11 yang meluncur di Indonesia. Meskipun spesifikasinya tidak semewah versi Pro, perangkat ini tetap memiliki beragam fitur unggulan yang membuatnya layak masuk daftar belanja.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengulas seperti apa kecanggihan dari Reno11 5G. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain mirip Reno11 Pro 5G

Ya, sekilas tampilan eksterior Reno11 5G mirip dengan saudaranya. Sensasi premiumnya, bodi tipisnya, hingga finishing yang elegan akan kembali Anda temukan di sini. Bodi belakangnya berlapis kaca dan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Hijau Ombak dan Abu-abu Batu.

OPPO Reno11 5G

Untuk varian Ombak Hijau, corak belakangnya memang mirip gelombang di lautan dengan warna hijau yang cukup terang namun tidak berlebihan. Kesan kalemnya masih ada. Sementara Abu-abu Batu memberikan nuansa misterius nan elegan, cocok untuk pengguna yang kurang suka tampil menonjol.

Tidak banyak yang bisa kami ceritakan tentang desain smartphone ini. Kurang lebih mirip dengan Reno11 Pro 5G. Yang membedakan adalah susunan kameranya saja. Itu pun masih dikemas dalam housing kapsul yang bentuknya sama dengan versi Pro.

OPPO Reno11 5G

Reno11 5G merupakan ponsel yang nyaman digenggam. Tepiannya melengkung, jadi tidak kaku saat dioperasikan dengan satu tangan. Ketebalannya 8,04 mm untuk varian Hijau Ombak, sementara Abu-abu Batu lebih tipis lagi, yakni 7,99mm. Bobot keduanya sama, sekitar 182 gram.

Di bagian depan terdapat layar 6,7 inci yang melengkung di sisi kiri dan kanannya. Bezelnya tipis, sehingga mampu memberikan rasio layar-ke-bodi sampai 93 persen.

Pada bagian bawah Anda akan menemukan port USB-C bersama dengan lubang mikrofon dan speaker. Sementara di atas ada lubang mikrofon beserta IR blaster. Tombol power dan pengaturan volume ada di kanan. Untuk sensor sidik jari, tersembunyi di balik layar.

OPPO Reno11 5G 1

Paket penjualan Reno11 5G masih sama lengkapnya dengan seri-seri OPPO lainnya. Anda akan langsung diberikan kepala charger SuperVOOC dan softcase dengan kualitas yang menurut kami cukup bagus.

Layar oke

OPPO Reno11 5G menggunakan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120 Hz. Anda bisa mengatur refresh rate sesuai kebutuhan, agar konsumsi dayanya tidak boros. Selain itu, layar ini memiliki tingkat kecerahan yang tinggi dan dukungan HDR10.

OPPO Reno11 5G 3

Perlu diketahui bahwa OPPO tidak memakai lapisan Gorilla Glass untuk melindungi layarnya, melainkan AGC DT-Star2 yang tidak kalah tangguh. Sejauh pengujian kami, layarnya terbilang bagus. Melihat konten di bawah sinar matahari tidak ada kendala karena layarnya memang terang.

Untuk audio, Reno11 5G sudah memiliki speaker stereo.

Kamera bisa diandalkan

OPPO Reno11 5G mengandalkan kamera utama 50 MP Sony LYT600 dengan OIS, yang ditemani kamera portrait telefoto 32 MP dengan 2x optical zoom, kamera ultrawide 8 MP dengan sudut 112 derajat, serta kamera selfie 32 MP.

Untuk hasil fotonya bisa dikatakan cukup bagus. Pada kondisi cahaya yang ideal, Reno11 5G mampu menyajikan gambar yang tajam, dengan warna yang seimbang dan natural. Kamera depannya pun oke untuk memberikan foto selfie yang memuaskan.

Portrait (1)

selfie

IMG20240207151048

IMG20240207151126

Keberadaan kamera portrait telefoto lumayan membantu untuk menciptakan foto portrait dengan komposisi yang lebih pas. Efek bokehnya juga rapi dan alami, bahkan pada area yang biasa cukup menyulitkan seperti rambut.

Normal

2x zoom

Sementara untuk foto low light, mode malam Reno11 5G mampu menghasilkan foto yang terang tapi tetap sesuai aslinya. Memotret di malam hari maupun di dalam ruangan dengan cahaya temaram memungkinkan Anda mendapatkan hasil foto yang layak untuk dipamerkan ke media sosial.

Night Mode (2)

Night Mode (3)

IMG20240207165828

IMG20240207151740

Untuk perekaman video, OPPO Reno11 5G menyediakan opsi sampai 4K 30fps, atau 1080p 60fps. Kabar baiknya, Anda tetap bisa merekam di 1080p 60fps ketika menggunakan fitur Ultra Steady yang menjamin video tetap stabil meski direkam sambil bergerak.

Berikut ada contoh video dari kamera Reno11 5G:

VID20240207151430

VID20240207151343

Performa mulus

Reno11 5G dipersenjatai chipset MediaTek Dimensity 7050 yang ditemani RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Sekilas memang kurang istimewa jika dibandingkan dengan ponsel pesaing dengan harga setara.

Meski begitu, menurut kami smartphone ini mampu memberikan kinerja yang mulus untuk beragam kebutuhan. Semua terasa gesit, bahkan ketika main game. Judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dapat dijalankan tanpa kendala.

Untuk baterai standar saja, 5.000 mAh, dengan daya tahan yang memadai ketika kami pakai seharian penuh. Kalau ingin lebih irit, Anda harus mengunci refresh rate di 60Hz (standard). Tapi jika Anda bukan seorang heavy user, pilih Auto Select pun tidak masalah.

OPPO Reno11 5G mengusung teknologi pengisian daya cepat 67W SuperVOOC. Charging-nya ngebut! Untuk bisa sampai penuh 100 persen hanya butuh waktu sekitar 45-50 menitan saja.

Fitur LinkBoost dan Smart Image Matting

Yang tidak kalah menarik, OPPO Reno11 5G memiliki fitur baru bernama LinkBoost. Gunanya untuk menguatkan sinyal agar lebih stabil di berbagai kondisi lingkungan. Fitur yang dikembangkan sendiri oleh OPPO ini mampu meningkatkan daya transmisi hingga 73%, dan penerimaan sinyal 17% lebih baik.

Sistem operasinya ColorOS 14, dengan deretan fitur fungsional seperti File Dock, yang berguna untuk menyimpan sementara file-file seperti foto atau teks dari aplikasi pihak ketiga, untuk digunakan kemudian.

Selain itu ada juga fitur Smart Image Matting memudahkan editing foto seperti crop objek dan memisahkannya dengan background hanya dengan tap & hold pada objek selama beberapa detik.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih terjangkau, OPPO Reno11 5G masih mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang tidak kalah menyenangkan dibanding versi Pro-nya. Kinerjanya oke, kameranya ideal untuk berbagai kondisi, dan dari segi desain pun cukup elegan.

Bagi yang berminat, OPPO Reno11 5G dijual dengan harga Rp5.999.000.

Kelebihan OPPO Reno11 5G:

  • Desain bagus
  • Bodi ramping dan nyaman digenggam
  • Layar AMOLED 120Hz HDR10+
  • Kamera cocok untuk yang gemar bikin konten foto atau video
  • Charging cepat
  • Paket penjualan masih komplit
  • Terdapat fitur LinkBoost untuk menguatkan tangkapan sinyal
  • ColorOS 14 memiliki beberapa fitur menarik

Kekurangan OPPO Reno11 5G:

  • Chipset belum sekencang pesaingnya di harga setara
  • Tidak ada IP Rating
  • Banyak aplikasi yang ter-install otomatis di awal
OPPO Reno11 5G
OPPO Reno11 5G
7.8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button