Quantcast
Tech NewsAINews

Integrasikan Pendidikan AI dan IoT, Samsung Innovation Campus Cetak Talenta Digital Muda Siap Kerja

Seiring dengan meningkatnya penggunaan AI, kebutuhan akan talenta digital yang menguasai bidang ini pun semakin tinggi. Hal ini menjadi peluang besar bagi generasi muda Indonesia untuk dipersiapkan sebagai talenta digital yang berketerampilan AI dan memiliki daya saing tinggi di pasar kerja.

samsung sic batch 5 2024

Menyadari hal tersebut, Samsung konsisten mengadakan program pendidikan Samsung Innovation Campus (SIC) yang kini memasuki Batch 5 dengan kurikulum baru yang mengintegrasikan AI dan Internet of Things (IoT).

Kurikulum baru ini dirancang untuk merespon kebutuhan akan talenta digital yang menguasai kedua teknologi yang sedang naik daun. Integrasi AI dan IoT memungkinkan berbagai perangkat yang terhubung dengan internet untuk menganalisis data, membuat keputusan, dan bertindak secara mandiri tanpa campur tangan manusia.

Di SIC Batch 5, para peserta akan diajarkan bagaimana cara membuat purwarupa atau prototype yang terintegrasi AI dan IoT oleh mentor-mentor berpengalaman yang memiliki sertifikasi internasional. Prototype tersebut akan memadukan AI sebagai otak dengan IoT. Semua peralatan yang diperlukan dalam pembuatan prototype akan disediakan oleh Samsung.

Program SIC diselenggarakan di hampir seluruh dunia dan sejak tahun 2019 hadir di Indonesia untuk memberikan pelatihan digital bagi generasi masa depan. Pada tahun ini SIC sudah memasuki Batch 5 dan para peserta sudah berada pada fase welcoming program yang dimulai pada 24 Februari 2024.

Pada fase ini, para peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai program SIC dan tujuannya, materi yang akan dipelajari, panduan mengerjakan pre-test, peraturan, cara menggunakan Learning Management System (LMS), dan jadwal belajar.

Setelah welcoming program, para peserta akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok dengan jumlah empat orang per kelompok. Bagi peserta SMA dan setara, pengelompokan sudah dilakukan di awal registrasi, sedangkan untuk peserta mahasiswa, kelompok akan dibagi berdasarkan jumlah anggota.

Sebelum mengikuti program, semua peserta harus mengerjakan pre-test yang digelar pada tanggal 24-29 Februari 2024. Hal ini bertujuan untuk mengetahui nilai awal peserta sebelum mengikuti program dan berapa peningkatan nilainya setelah mengikuti program melalui post-test pada masing-masing tahap pembelajaran.

Pada 1 Maret 2024, SIC akan memasuki fase on boarding. Pada fase ini, peserta wajib mengumpulkan pre-test dan mendengarkan penjelasan untuk mempersiapkan kelas pertama. Kemudian tahap selanjutnya dilanjutkan perkenalan dengan para mentor dan peserta dapat mempertanyakan hal-hal yang terkait persiapan pembelajaran sebelum pelaksanaan kelas pertama tanggal 2 Maret 2024.

Program SIC Batch 5 ini merupakan kesempatan emas bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan keterampilan AI dan IoT mereka dan menjadi talenta digital yang siap bersaing di pasar kerja global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button