ElliQ: Robot yang Didesain Khusus untuk Orangtua

Kemajuan teknologi robot semakin menarik untuk diikuti. Belakangan ini, beberapa perusahaan mulai mengembangkan robot rumahan yang cocok untuk teman semua anggota keluarga, terutama anak-anak. Fungsi interaksi dengan manusia dan kemampuan untuk belajar serta mengekspresikan perasaan menjadi fitur yang diandalkan.

Kini giliran FuseProject dan Intuition Robotics yang memamerkan robot karyanya. Namun berbeda dengan robot kebanyakan, robot bernama ElliQ ini didesain khusus untuk orangtua.

Teman agar tetap aktif di masa tua

svg%3E

Menurut FuseProject dan Intuition Robotics, tujuan dari dibuatnya ElliQ adalah untuk menyediakan teman bagi para orangtua agar mereka tetap aktif dan bersemangat di masa tuanya, serta tetap terhubung dengan teknologi.

Dari segi desain, wujud ElliQ tidak seperti robot lainnya yang memiliki sistem penggerak untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. ElliQ adalah robot yang diletakkan di atas meja, lengkap dengan dukungan layar serta speaker.

svg%3E

Lalu, apa yang bisa dilakukan robot ini? ElliQ secara aktif akan memberikan saran tentang konten-konten digital yang bisa dinikmati oleh penggunanya, seperti audiobook, musik, berita, video, dan lain sebagainya. Bahkan, ElliQ bisa memberikan rekomendasi aktivitas fisik yang cocok untuk para orangtua di dunia nyata.

svg%3E

Pengingat jadwal

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh ElliQ adalah sebagai pengingat jadwal-jadwal penting yang dibuat oleh penggunanya. Misalnya janji pertemuan hingga jadwal minum obat. Yang lebih menarik, dengan ElliQ para orangtua akan lebih mudah melakukan video call dengan teman dan keluarganya, melihat koleksi foto, bahkan terintegrasi dengan Facebook Messenger.

Fungsi untuk mempelajari sesuatu juga tersedia. ElliQ akan memahami dan belajar preferensi, kepribadian, dan perilaku penggunanya. Sayangnya belum ada informasi kapan ElliQ akan dijual ke pasaran. Robot ini baru akan dipamerkan di Design Museum, London, pada Februari 2017 mendatang.

Verified by MonsterInsights