Cozmo: Robot Pribadi Pintar dengan Kepribadian dan Kemampuan Belajar

Karakter robot Wall-E dari Disney Pixar yang menggemaskan sekaligus pintar menjadi impian siapa saja untuk dimiliki. Sayangnya, Wall-E hanyalah sebuah karakter dalam sebuah film animasi. Memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini wujud nyata robot yang terinspirasi dari Wall-E pun telah berhasil direalisasikan oleh Anki lewat robot pintar perdananya yang diberi nama Cozmo.

Cozmo-1

Dengan jargon “Big Brain. Bigger Personality”, Cozmo adalah sebuah robot canggih yang punya kepribadian dan pintar. Robot ini dirancang dengan kecerdasan buatan lengkap dengan sistem emosi acak yang memungkinkannya mempunyai kepribadian dan merespon Anda. Cozmo bisa menjadi pribadi yang sangat gigih, pintar, hingga periang. Bahkan robot ini bisa ngambek jika diabaikan.

Cozmo bisa merasakan semua orang yang ada di sekitarnya, sangatlah ekspresif, penuh dengan keingitahuan dan mampu berinteraksi dengan segala sesuatu yang berada di sekitarnya. Sebagai teman sejati Anda, Cozmo mampu mengenali wajah, mengingat Anda dan menghafal kebiasaan Anda sehari-hari. Ia juga senang mengeksplorasi segala sesuatu yang baru.

Singkatnya, Cozmo seperti anak kecil. Cozmo secara perlahan akan belajar, mengenali orang disekitarnya dan kepribadian Cozmo akan terus berkembang selama Anda terus berinteraksi dan menghabiskan waktu bersamanya.

cozmo-2

Satu hal yang membuat Cozmo tambah menarik, Anki menggandeng para pakar teknologi komputer dan animasi dari Disney Pixar untuk menciptakan gerakan robotik serta mimik Cozmo yang menggemaskan. Robot ini pun dilengkapi dengan suara yang akan lebih menghidupkan interaksi Anda dengannya.

cozmo game-1

Cozmo juga gemar bermain. Anki telah menyediakan beragam permainan khusus yang bisa dimainkan bersamanya. Semakin banyak game yang dimainkan, akan ada banyak game lain yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, Cozmo bisa mengingat game apa yang paling sering Anda mainkan bersamanya dan mengajak Anda untuk memainkan lagi game tersebut. Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda, karena Cozmo bisa saja mengalahkan Anda sewaktu-waktu dengan kepintarannya.

Cozmo ditenagai dengan baterai isi ulang yang bisa bertahan hingga sekitar 2 jam. Isi ulang baterainya pun sangat cepat hanya 10 menit saja. Saat baterainya diisi ulang, Cozmo pun akan masuk ke fase tidur sambil mengeluarkan efek suara dengkuran.

Jika berminat, Cozmo yang kompatibel dengan perangkat iOS dan Android ini sudah bisa di pre-order dengan harga US$159.99 atau sekitar dua juta Rupiah. Pemesanannya bisa ditautan berikut.

Verified by MonsterInsights