[CES 2018] Honda 3E Concept, Konsep Robot Unik untuk Membantu Manusia

Pada acara CES 2018 lalu, Honda memperkenalkan 4 robot konsep baru melalui konsep 3E. Robot-robot tersebut diciptakan dengan kegunaan spesifik masing-masing untuk membantu manusia.

Konsep 3E yang dihadirkan Honda pada 4 robot tersebut adalah Empower, Experience, dan Empathy. Honda menilai robot-robot yang diciptakannya dapat membantu manusia dalam 3 hal tersebut.

svg%3E

Robot pertama yang diperkenalkan adalah 3E-D18. Robot ini adalah sebuah kendaraan otomatis yang memiliki 4 roda. Dengan bentuk seperti ATV, 3E-D18 dapat digunakan untuk berjalan di medan-medan sulit untuk membawa barang maupun penumpang. 3E-D18 juga menggunakan AI dalam mendeteksi medan yang dilewatinya untuk memilih rute yang aman dan efisien.

svg%3E

Kemudian robot berikutnya adalah 3E-B18. Sama-sama memiliki roda, 3E-B18 dibuat sebagai sebuah robot kursi roda untuk digunakan oleh kaum difabel atau lansia. Berbeda dengan kursi roda biasa, 3E-B18 dapat mempertahankan posisi kursinya agar tetap tegak walaupun sedang berada di tanjakan atau turunan.

Untuk mempermudah manusia dalam membawa barang, Honda memperkenalkan robot 3E-C18. Robot ini bisa digunakan untuk membawa barang karena memiliki roda serta kapasitas kargo yang besar. 3E-C18 juga dilengkapi dengan AI yang dapat mempelajari penggunanya serta beroperasi secara otomatis.

Honda juga memperkenalkan 3E-A18. Berbeda dengan robot-robot lainnya, 3E-A18 ditujukan untuk meningkatkan interaksi dengan manusia. Dengan bentuk yang lucu, 3E-A18 juga memiliki muka dengan emosi yang dapat berubah. 3E-A18 juga dapat mengenali emosi dari manusia yang berinteraksi dengannya dan memberikan respon atas emosi tersebut.

Robot 3E dari Honda ini menandakan bahwa robot bisa diciptakan untuk berinteraksi lebih lanjut dengan manusia. Karena masih sebuah konsep, maka Honda belum berencana untuk memproduksi robot-robot ini secara massal.