[CES 2017] Kuri: Robot Rumahan Pintar yang Mampu Berinteraksi dengan Manusia

CES 2017 Las Vegas tak melulu soal PC dan smartphone. Robot pintar dengan fitur-fitur canggih juga menjadi sajian yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah Kuri, robot dengan desain imut yang mampu menjadi teman setia setiap keluarga.

Dilengkapi 4 microphone dan kamera

svg%3E

Menurut Mayfield Robotics selaku developer, setiap komponen ada Kuri dapat menciptakan interaksi yang dinamis. Robot ini dilengkapi sensor kapasitif di bagian kepalanya yang akan merespon sentuhan manusia.

Kuri juga dapat merespon perintah suara dengan konsep yang serupa dengan Google Home atau Amazon Echo. Ada 4 microphone pada Kuri yang membuatnya mampu mendengar panggilan dari berbagai lokasi.

Kuri tidak akan merespon dengan kata-kata meski memiliki speaker, melainkan menggunakan suara, lampu yang cahayanya disesuaikan dengan kondisi emosionalnya, dan kedipan matanya yang akan mengekspresikan respon yang ia berikan kepada manusia. Kuri pun bisa melihat ke atas serta ke bawah serta mengangguk.

svg%3E

Yang lebih menarik, Kuri memiliki kamera HD di balik salah satu matanya lengkap dengan sensor-sensor untuk mendeteksi lingkungan agar tidak menabrak atau terjatuh saat bergerak. Pergerakan Kuri sendiri didukung tiga buah roda yang memudahkannya berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya di rumah.

Canggihnya lagi, seiring berjalannya waktu Kuri akan mempelajari kondisi rumah, seperti letak tangga, pemilik dari tiap-tiap kamar, dan masih banyak lagi. Bahkan, Kuri bisa membangunkan anggota keluarga di rumah agar tidak terlambat beraktivitas dan akan memberi salam ketika mereka sampai di rumah.

svg%3E

Teman untuk anak-anak maupun orang dewasa

Kuri dibekali berbagai fitur menarik yang membuatnya cocok untuk menemani anak-anak maupun orang dewasa. Robot ini bisa memutar musik, mengulang kata-kata yang diucapkan penggunanya, memantau kondisi di rumah, dan melakukan interaksi lainnya.

Untuk urusan daya, Kuri memiliki baterai internal dan charging pad yang bisa diletakkan di manapun di dalam rumah. Ketika daya baterai tinggal sedikit, Kuri secara otomatis akan kembali ke charging pad untuk mengisi ulang daya.

svg%3E

Tak ketinggalan, Mayfield Robotics menyediakan aplikasi khusus untuk memudahkan pengguna mengendalikan robot setinggi 60 cm ini dan menyiapkan tugas-tugas untuknya.

Saat ini Mayfield Robotics sudah membuka tahap pemesanan bagi siapapun yang berminat memiliki Kuri. Soal harga, Kuri dibanderol US$699 atau sekitar 9,4 juta rupiah.