[Computex 2016] Asus Perkenalkan Zenbo, Robot Asisten Rumah Tangga yang Canggih

Dalam acara Zenvolution yang digelar menjelang Computex 2016, Asus tidak hanya mengumumkan jajaran smartphone ZenFone 3. Produsen asal Taiwan ini juga memperkenalkan Zenbo, sebuah robot canggih yang bisa berfungsi layaknya asisten rumah tangga.

Siap membantu dan menghibur penggunanyaASUS-Zenbo_1Menurut penjelasan dari Asus, Zenbo dikembangkan untuk memberikan bantuan dan menghibur setiap anggota keluarga. Meski begitu, fungsi utama robot ini adalah sebagai asisten para orang tua agar hidup mereka lebih nyaman.

Dengan menggunakan suara, Zenbo memiliki kemampuan seperti mengingatkan jadwal bertemu dengan dokter, jadwal berobat, jadwal olahraga, dan jadwal apapun yang disimpan oleh penggunanya. Ia juga bisa diandalkan untuk mengirim pesan darurat ke anggota keluarga lainnya ketika terjadi sesuatu.

Zenbo dibekali sistem gerak yang membuatnya bisa menjelajahi rumah dengan leluasa. Robot ini juga memiliki wajah yang sekaligus merupakan layar sentuh. Layar tersebut pun sangat multifungsi, misalnya ketika pengguna butuh resep masakan, Zenbo akan mencarinya dan menampilkannya lewat layar.

ASUS+Zenbo-Shyms800

Untuk hiburan anak-anak, Zenbo dapat berinteraksi dan menemani mereka bermain, membacakan dongeng, dan masih banyak lagi.

Bisa terkoneksi dengan perangkat pintar di rumah

Yang lebih menarik, Asus Zenbo mampu terhubung dengan berbagai perangkat pintar di rumah, contohnya lampu, TV, AC, dan sebagainya. Bahkan, Zenbo bisa memberitahukan siapa yang berdiri di depan pintu ketika terkoneksi dengan kamera yang terpasang di depan rumah.

Asus berencana melepas Zenbo ke pasaran dengan banderol US$599 atau sekitar 8 jutaan rupiah. Sayangnya, belum ada keterangan resmi kapan robot ini akan tersedia. Untuk lebih jelasnya tentang Zenbo, langsung saja simak videonya.

Verified by MonsterInsights