Sony Hidupkan Kembali Aibo dengan Bentuk Baru dan Kemampuan AI

Sony Aibo merupakan robot anjing yang bisa menjadi peliharaan di rumah. Robot ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1998 dengan versi terakhirnya dirilis pada tahun 2005.

Kini, setelah lebih dari 10 tahun, Sony kembali merilis robot Aibo baru. Aibo versi terbaru kini memiliki bentuk yang lebih menyerupai anjing sungguhan dan juga memiliki teknologi kecerdasan buatan dengan yang membuatnya bisa berinteraksi lebih dekat dan lebih baik dengan pemiliknya.

svg%3E

Tampilan Aibo baru mempunyai bentuk baru yang semakin mirip dengan anjing sungguhan. Aibo memiliki sepasang mata yang merupakan layar OLED yang bisa berinteraksi dan memberikan beragam ekspresi. Gerakan robot ini juga kini lebih natural dan lebih variatif berkat perangkat aktuator yang lebih canggih di dalamnya.

Untuk dapat berinteraksi dengan lebih leluasa dan dekat denagn pemiliknya, Aibo kini memiliki kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Aibo bisa bereaksi dengan obyek-obyek yang ada di sekitarnya. Di belakang sepasang mata Aibo terdapat kamera yang bisa mendeteksi obyek yang ada di sekitarnya agar dapat mendekati atau menghindarinya. Aibo juga bisa mengambil gambar jika disuruh.

Sony saat ini tengah melakukan preorder untuk Aibo versi baru ini di Jepang. Robot ini dijual dengan harga 198.000 yen atau sekitar 24 juta rupiah dan akan diluncurkan pada 11 Januari 2018. Selain itu, Anda juga harus berlangganan layanan cloud untuk mengajarkan berbagai trik baru dengan harga 2.500 yen atau sekitar 297 ribu rupiah per bulannya.