Quantcast

Review Acer Aspire E5-476G, Laptop Pertama dengan Intel Core Generasi 8 di Indonesia

Sekitar bulan Agustus tahun lalu, Intel resmi meluncurkan generasi ke-8 dari prosesor mobilenya dengan nama Kaby Lake R. Lini prosesor tersebut masih memiliki arsitektur yang sama dengan prosesor generasi ke-7 atau Kaby Lake, namun kini memiliki jumlah core yang lebih banyak sehingga memiliki kinerja yang lebih baik.

Kali ini kami akan mengulas sebuah laptop yang telah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 tersebut. Acer Aspire E5-476G adalah salah satu laptop pertama yang hadir di Indonesia yang telah menggunakan prosesor tersebut. Dengan harga yang relatif terjangkau, laptop ini memiliki kinerja yang menjanjikan dengan beberapa daya tarik lainnya.

Desain Elegan dengan Material Plastik

Acer Aspire E5-476G adalah sebuah laptop menengah dari Acer. Di kelas ini, sebuah laptop umumnya dibuat untuk memenhi kebutuhan yang beragam mulai dari sekolah atau kuliah, hiburan, hingga bekerja. Secara desain, Acer Aspire E5-476G ini memiliki desain yang cukup menarik dengan bentuk yang cukup minimalis dan sederhana.

Laptop ini menggunakan material plastik di seluruh bagiannya. Namun material yang digunakan cukup berkualitas sehingga terasa cukup kokoh. Material plastik di bagian belakang layarnya menggunakan pola seperti kain sutra dengan warna abu-abu sehingga terlihat elegan. Namun bagian belakang layar ini terasa cukup lentur sehingga membuat bagian layarnya terasa sedikit riskan tertekan saat dibawa di dalam tas.

Sementara itu area keyboardnya terasa cukup kokoh dengan palmrest yang juga didesain dengan sentuhan brushed. Keyboardnya juga terasa nyaman digunakan karena memiliki jarak travel yang baik. Kami juga tidak menemukan gejala flexing yang berlebihan di area keyboard saat digunakan.

Acer Aspire E5-476G memiliki dimensi 343 x 248 x 30mm, cukup ringkas walaupun tidak termasuk kategori laptop tipis. Selain itu laptop ini memiliki bobot 2,1kg yang masih cukup nyaman untuk dibawa kemana-mana saat Anda beraktivitas sehari-hari. Laptop ini juga masih menyediakan optical disc drive yang bermanfaat jika Anda memiliki media CD atau DVD.

Intel Core Generasi 8 Berikan Kinerja yang Baik

Acer Aspire E5-476G merupakan salah satu laptop pertama di Indonesia yang telah menggunakan prosesor Intel Core generasi 8. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 8550U 1,8GHz dengan kecepatan turbo hingga 4GHz. Berbeda dengan prosesor Core i7 seri U generasi 7 yang masih dual-core, prosesor ini merupakan prosesor quad-core dengan HyperThreading sehingga membuatnya memiliki kinerja yang lebih baik saat melakukan multitasking atau menjalankan aplikasi yang memanfaatkan banyak core.

Kemudian laptop ini memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB, hard disk 1TB, serta kartu grafis Nvidia GeForce MX150 2GB. Anda pun masih bisa meningkatkan kapasitas RAMnya hingga 32GB.

Dengan menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi terbaru, maka Acer Aspire E5-476G ini memilki kinerja yang baik untuk kelasnya. Untuk menjalankan berbagai aplikasi berat seperti video editing pun, laptop ini mampu mengerjakannya dengan baik. Kartu grafis GeForce MX150 yang terpasang juga membuat laptop ini memiliki kemampuan gaming yang cukup baik. Anda dapat menjalankan berbagai game seperti Battlefield 1, Overwatch, dan CS:GO dengan baik pada setting medium.

Gambaran kinerja Acer Aspire E5-476G dapat Anda lihat pada hasil benchmark di bawah ini.

Laptop ini memiliki baterai 4 sel yang diklaim bisa bertahan hingga 8 jam penggunaan. Hasil pengujian kami menunjukkan, laptop ini bisa bertahan hingga hampir 4 jam.

Selama kami gunakan, laptop ini memiliki suhu kerja yang cenderung stabil dan tidak panas. Area palm rest pun tetap terasa nyaman walaupun laptop bekerja dalam kondisi penuh. Hanya saja, kipas yang dimilikinya terasa cukup bising saat berputar dalam kecepatan penuh. Kipasnya pun cukup sering berputar dalam kondisi penuh walaupun laptop sedang berada dalam kondisi idle.

Sebagai tambahan, Acer Aspire E5-476G juga memiliki fitur Power-off USB Charging melalui port USB 3.0. Fitur ini dapat membantu charging pada perangkat lain seperti smartphone tanpa harus menyalakan notebook.

Yang perlu diperhatikan lagi, dalam kondisi standar laptop ini menggunakan sistem operasi Endless OS yang berbasis Linux. Jika Anda ingin menggunakan sistem operasi Windows 10, maka Anda harus membeli lisensinya lagi secara terpisah.

Beberapa Komponen Mudah Diupgrade

Acer Aspire E5-476G memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dalam konfigurasi single channel. Walaupun kapasitas tersebut sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan standar, namun mungkin Anda ingin meningkatkan kapasitasnya untuk mengakomodasi aplikasi yang lebih berat dan menunjang multitasking Anda. Kapasitas RAMnya sendiri bisa ditingkatkan hingga 32GB.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan upgrade, Acer Aspire E5-476G menawarkan upgrade yang sangat mudah. Pada bagian bawah laptop ini terdapat sebuah penutup khusus yang bisa dibuka untuk mengakses slot RAM dan hard disknya tanpa perlu membuka seluruh bagian bawah laptop. Selain itu juga terdapat sebuah slot M.2 sehingga Anda juga dapat menggunakan SSD M.2 pada laptop ini.

Kesimpulan

Acer Aspire E5-476G merupakan sebuah laptop kelas menengah yang menjanjikan. Dengan menggunakan prosesor Intel Core i7 terbaru dan kartu grafis Nvidia GeForce MX150, laptop ini bisa menjadi sebuah laptop multimedia serba bisa yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Apalagi Acer juga memberikan kemudahan untuk melakukan upgrade RAM, hard disk, dan SSD pada laptop ini.

Jadi, jika Anda mencari sebuah laptop yang serba bisa untuk berbagai keperluan mulai dari belajar/bekerja, hiburan, hingga bermain game, maka Acer Aspire E5-476G ini bisa Anda pilih. Dengan harga sekitar 9-10 juta, Anda mendapatkan sebuah laptop dengan prosesor yang cukup bertenaga dan beberapa aspek lain yang bisa Anda upgrade seusai kebutuhan untuk menjadikannya laptop yang lebih kencang lagi.

Yang Canggih
+ Bodi cukup ringkas dengan bobot yang cukup ringan untuk dibawa sehari-hari
+ Prosesor Intel Core i7 8550U cukup bertenaga untuk berbagai aplikasi
+ Harga cukup terjangkau untuk spesifikasi yang ditawarkan
+ Komponen RAM dan hard disk bisa diupgrade dengan mudah
+ Menyediakan sebuah slot M.2 untuk SSD

Yang Kurang
– Material plastik di bagian belakang layar terasa kurang kokoh
– Anda harus menambahkan lisensi terpisah jika ingin menggunakan Windows 10
– Kipas terasa cukup bising dan sering berputar dalam kecepatan penuh

Spesifikasi Acer Aspire E5-476G
Prosesor Intel Core i7 8550U
RAM DDR4 4GB (hingga 32GB)
Kartu grafis Nvidia GeForce MX150 2GB
Penyimpanan HDD 1TB
Layar 14 inci 1366 x 768
Konektivitas Bluetooth, WiFi, 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, 1 x HDMI, 1 x VGA, 1 x LAN, 1 x Audio jack 3,5mm
Dimensi 343 x 248 x 30mm
Berat 2,1kg
Acer Aspire E5-476G
Laptop multimedia yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan serta mudah diupgrade.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: