Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

5 Hal yang Membuat LG G5 Jauh Berbeda dari Pendahulunya

Tidak mau kalah dari Samsung yang tebar pesona di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona dengan Galaxy S7 dan S7 edge, LG pun juga meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang akan mengisi persaingan tahun ini.

LG-G5Tidak sekedar suksesor dari G4, smartphone bertitel LG G5 ini juga membawa perubahan yang cukup radikal dari klan G. Perubahan apa saja yang dibawa smartphone ini dibandingkan pendahulunya, berikut ini adalah urutannya:

1. Desain metal yang kokoh

Screen Shot 2016-02-22 at 2.53.25 PMSebenarnya LG sudah berusaha berinovasi di sektor desain dengan adanya aksen kulit asli pada G4. Sayangnya, aksen ini cuma dianggap sebagai aksesoris untuk menutupi material plastik yang diusung.

Pada LG G5, Anda tidak akan menemukan material plastik di sekujur bodinya. Ya, smartphone ini sudah mengusung material metal dengan sudut membulat yang membuatnya lebih datar sekaligus kokoh dibandingkan pendahulunya. Kesan minimalis sekaligus elegan tak terbantahkan begitu terasa ketika pertama kali melihatnya.

2. Pemindai sidik jari

Screen Shot 2016-02-22 at 2.55.40 PMKetika LG G4 diluncurkan, banyak fanboy yang merasa kecewa lantaran smartphone ini tidak memiliki fitur fingerprint scanner alias pemindai sidik jari. LG tampaknya menyadari kekurangan tersebut dan langsung menghadirkan fitur itu di G5 sebagai aspirasi para fanboy.

3. Minus tombol belakang

Screen Shot 2016-02-22 at 2.57.11 PMSejak LG G2 diluncurkan, smartphone klan G dari LG identik dengan tombol volume dan power yang berda di bodi belakang. Inovasi ini dihadirkan karena dianggap mempermudah penggunaan satu tangan.

Seolah kembali ke ‘kodrat’ smartphone Android, LG G5 kembali memiliki tombol volume di sisi kiri bodi. Sementara untuk tombol powernya ‘menumpang’ di sensor sidik jari yang ada di bagian belakang.

4. Slot baterai ada di bagian bawah

Screen Shot 2016-02-22 at 2.53.45 PMSalah satu inovasi terbesar yang kali ini LG hadirkan pada klan G terbaru tidak lain tidak bukan adalah penempatan slot baterai. Tidak seperti smartphone pada umumnya yang memiliki back cover sebagai tempat baterai, LG menempatkannya pada sebuah kompartemen di bagian bawah sebagai bagian dari desain modularnya.

Jadi, untuk melepas baterai pengguna hanya cukup menarik slot itu ke bawah. Harus diakui, kali ini LG benar-benar sudah melakukan gebrakan besar di sektor desain smartphone, khususnya slot baterai yang kebanyakan berada di balik back cover.

5. Tanpa App Drawer

Screen Shot 2016-02-22 at 2.36.22 PMLG sejauh ini memang belum bisa dikatakan sebagai vendor yang mampu meracik user interface (UI) pada smartphone buatannya semenarik mungkin, tidak seperti HTC yang memiliki Sense UI dan TouchWiz milik Samsung. Tapi, untuk LG G5, vendor Korea Selatan ini berani menorehkan sesuatu yang berbeda di sekitar UI.

Ya, LG G5 hadir tanpa app drawer. Jadi, semua ikon aplikasi dan widget berada di homescreen. Tidak cuma itu saja, dalam kondisi standby, penunjuk waktu dan notifikasi tetap ditampilkan di lockscreen. Memang inovasi ini bukanlah yang terbaru karena beberapa vendor China telah melakukannya. Tapi buat LG, ini tentu sebuah perubahan yang radikal.

Nah, tidak hanya inovasi-inovasi yang telah disebutkan di atas saja, LG G5 juga memiliki spesifikasi yang terbilang high-end untuk saat ini. Bahkan aksesoris pendukungnya juga bisa menambah kecanggihan dari smartphone ini. Untuk selengkapnya Anda bisa membacanya di sini.

Back to top button