KomputerNewsTablet PCUltraportable

LG Gram Fold: Laptop Layar Lipat 17 Inci dengan Intel Core i5

LG ikut meramaikan pasar laptop layar lipat dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu LG Gram Fold. Laptop foldable pertama dari LG ini akan bersaing dengan yang lebih dulu meluncur ke pasaran seperti ASUS Zenbook 17 Fold dan Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Spesifikasi LG Gram Fold

LG Gram Fold

LG Gram Fold menggunakan layar OLED berukuran 17 inci. Saat dibuka sepenuhnya, perangkat ini menjadi sebuah tablet berukuran jumbo terutama karena layarnya memang sudah mendukung sentuhan. Pada mode tablet, Gram Fold cocok untuk proyek seperti menggambar atau membuat arsitektur.

Sementara ketika dilipat dan membentuk sudut 90 derajat, layar bagian atasnya berukuran 12 inci sementara yang bawah dapat diubah fungsinya menjadi sebuah keyboard untuk memudahkan mengetik.

Menurut LG, layar lipat ini dapat bertahan hingga setidaknya 30.000 kali buka tutup dan dijanjikan tidak akan ada kerusakan. Resolusi layarnya QXGA+ atau 2560 x 1920 pixel. Bobotnya 1,2 kilogram saja, cukup ringan untuk ukuran perangkat sebesar 17 inci.

Soal performa, Gram Fold mengandalkan prosesor Intel Core i5-1335U dengan 10 core dan 12 thread. Prosesor tersebut ditemani RAM LPDDR5 6000 dan SSD 512 GB. Sementara dayanya menggunakan baterai 72 Wh yang dapat diisi ulang lewat port USB-C dengan teknologi charging 65W.

LG Gram Fold 2

Dari segi software, LG Gram Fold mengusung sistem operasi Windows 11 dan datang dengan fitur Sync On Mobile untuk memudahkan transfer data dari smartphone.

Harga LG Gram Fold

Bagi yang berminat, LG Gram Fold dijual dengan harga US$3700. Cukup mahal, namun masih wajar untuk kategori produk seperti ini. Sayangnya untuk saat ini baru dijual di Korea Selatan saja dan belum ada informasi apakah nantinya akan masuk resmi ke Indonesia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button