Quantcast
SMART HomeNews

[CES 2024] LG Smart Home AI Agent: Asisten Robot untuk Rumah Pintar

Memanfaatkan ajang CES 2024 yang akan digelar pada 9 Januari 2024 mendatang, LG akan memamerkan teknologi Smart Home AI Agent terbarunya yang merupakan asisten robot untuk rumah pintar yang mengusung konsep ‘Zero Labor Home’. Seperti apa?

LG Smart Home AI Agent

LG Smart Home AI Agent

Dalam siaran pers yang diterima YANGCANGGIH, Selasa (2/1), dijelaskan bahwa Smart Home AI Agent dilengkapi teknologi multi-modal mutakhir sehingga mampu bergerak, belajar, memahami, dan berkomunikasi dengan pengguna.

Seperti disebutkan di atas, visi dari LG adalah ‘Zero Labor Home’. Dengan desain roda berkaki dua yang canggih, AI Agent LG mampu menjelajahi rumah secara mandiri. Perangkat ini dapat berinteraksi secara verbal dengan pengguna dan mengekspresikan emosi serta gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel.

LG juga memberikan kemampuan seperti pengenalan suara dan gambar, serta pemrosesan bahasa alami sehingga dapat memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna. Fitur pengenalan wajah dan suara pada robot ini didukung oleh platform Qualcomm Robotics RB5.

Nantinya asisten robot tersebut akan terhubung dengan berbagai peralatan berbasis IoT dan mampu mengoperasikannya secara mandiri. AI Agent juga menggunakan kamera, speaker, dan sensor internal untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan.

Teknologi AI LG mampu menganalisis data tersebut, mempelajari, dan menggabungkannya dengan informasi eksternal. AI Agent juga dapat membantu memonitor dan merawat hewan peliharaan saat pengguna berada di luar rumah. Selain itu, AI Agent dapat berfungsi sebagai penjaga keamanan dan dapat memberikan peringatan kepada pengguna apabila ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar rumah.

LG Smart Home AI Agent

Asisten robot ini dapat berpatroli sendiri dengan berpindah ruangan dan mengirim notifikasi ke ponsel pengguna apabila ada jendela yang terbuka atau lampu menyala. LG Smart Home AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan.

Yang tidak kalah menarik, LG Smart Home AI Agent akan menyambut pengguna di pintu depan, lalu menganalisis suara dan ekspresi wajah pengguna untuk membaca emosi dan memainkan musik ataupun konten lainnya yang sesuai dengan suasana hati pengguna. Informasi seperti transportasi, cuaca, jadwal dan yang lainnya tentu juga bisa dibantu oleh robot ini.

“Smart Home AI Agent inovatif kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayanani pengguna sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga,” Lyu Jae-cheol, Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company.

Hadir di CES 2024

LG Smart Home AI Agent akan dipamerkan pada booth LG di ajang CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat, yang digelar tanggal 9-12 Januari.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button