Quantcast
KomputerCommercial PCMade for BusinessReview

Review Lenovo ThinkPad Z13

Lenovo ThinkPad Z-series yang terdiri dari ThinkPad Z13 dan Z16 adalah lini laptop ThinkPad yang paling ramah lingkungan. Keduanya juga dibekali desain lebih modern dan spesifikasi kencang di kelasnya. Bagaimana kehebatan laptop bisnis yang eco-friendly ini? Simak ulasannya di artikel berikut.

Lenovo ThinkPad Z13

Kelebihan Lenovo ThinkPad Z13

+ Desain premium dan tidak pasaran
+ Mengusung material daur ulang yang ramah lingkungan
+ Rancangan bodi tangguh dengan standar militer
+ Dimensi ringkas dan ringan
+ Layar OLED dengan fitur sentuhan
+ Performa memadai untuk produktivitas dan multitasking

Kekurangan Lenovo ThinkPad Z13

– Material kulit di case luar rawan lecet
– Daya tahan baterai kurang tahan lama
– Harga relatif mahal

Desain Lenovo ThinkPad Z13

Kesan modern dan mewah langsung muncul saat kami berjumpa dengan laptop bisnis dengan layar 13.3 inci ini. Desain ThinkPad Z13 resmi meninggalkan ciri khas ThinkPad klasik yang monoton dan serba hitam. Penggemar setia ThinkPad klasik mungkin tidak akan suka gaya desain baru ThinkPad Z-series.

ThinkPad Z13

Tapi, bagi kami pembaruan desain yang ditawarkan jelas memberikan aura yang lebih segar. Di sini juga terlihat Lenovo berani keluar dari zona nyaman untuk menghadirkan sentuhan yang lebih modern di lini ThinkPad. Desain modern Think-Series sebelumnya hadir di lini ThinkBook.

Lenovo ThinkPad Z13

Masuk di kategori laptop ramah lingkungan ThinkPad Z13 mengusung material alumunium daur ulang. Material daur ulang juga digunakan di power adapter. Sementara, untuk kotak kemasannya terbuat dari material bambu dan serat tebu daur ulang.

Aura premium semakin menonjol dengan sentuhan top cover yang dilapisi material kulit vegan berwarna hitam. Terlihat sangat keren dan tidak mudah kotor. Tapi, tetap wajib waspada agar tidak lecet atau tergores saat dibawa mobilitas.

Sementara, di sekeliling bodinya dilapisi warna Bronze yang tidak pasaran. Setiap sisi bodinya juga tidak dilengkapi banyak port konektivitas. Hanya tersedia satu audio jack 3.5 mm dan dua port USB4 dengan fungsi yang komplit. Port tersebut mendukung data transfer, Power Delivery 3.0 dan DisplayPort 1.4a.

Secara keseluruhan bobot total laptop ini ada di kisaran 1.26 Kg. Bukan yang paling ringan. Tapi, masih sangat ideal untuk diajak mobilitas sehari-hari. Rancangan bodinya juga tangguh sesuai standar militer MIL-Spec 810H.

Layar Lenovo ThinkPad Z13

Di sektor layar ThinkPad Z13 membawa panel layar dengan teknologi OLED. Layarnya sudah mendukung fitur sentuhan dan rasio 16:10. Tapi, perlu diingat laptop ini bukan model konvertibel. Jadi, engsel layarnya tidak bisa dilipat 360 derajat.

ThinkPad Z13 5

Layarnya ini sangat memanjakan mata. Terlihat kaya warna dan sangat tajam di resolusi 2.8K 2880 x 1800 pixel. Untuk output warna sudah mendukung cakupan warna 100% DCI-P3 dan Dolby Vision.

Lenovo juga menambahkan lapisan anti reflektif dan anti smudge. Jadi, tidak memantulkan bayangan dan tidak akan meninggalkan jejak jari saat layarnya disentuh. Fitur lain, layar ThinkPad Z13 sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light. Jadi, aman untuk mata dan tidak membuat mata cepat lelah.

ThinkPad Z13 6

Bergeser ke area atas panel layarnya bisa ditemukan poni yang disematkan kamera webcam yang resolusinya Full HD 1080p. Webcam tersebut sudah dilengkapi IR. Jadi, mendukung fitur pengaman Windows Hello dengan deteksi wajah. Fitur penutup E-shutter juga tersedia untuk melindungi privasi saat webcam tidak digunakan. Kami juga menemukan fitur perlindungan privasi lain seperti kemampuan mengunci layar saat pengguna tidak di depan layar, bisa memburamkan layar, dll yang memanfaatkan teknologi pintar Glance by mirametrix.

ThinkPad Z13 12

Keyboard Lenovo ThinkPad Z13

ThinkPad Z13 membawa keyboard yang sedikit berbeda dengan ThinkPad klasik. Tombol-tombolnya terlihat lebih rata dengan bodi. Tapi, tetap sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Ukuran tombol dan jarak antar tombol termasuk pas. Tidak membuat tangan cepat lelah saat mengetik cepat.

ThinkPad Z13 4.jpg

Ciri khas ThinkPad yang diwariskan ke laptop ini adalah titik merah trackpoint di tengah area keyboard. Tapi, trackpoint ThinkPad Z13 lebih istimewa. Berbeda dengan trackpoint ThinkPad standar.

Communication quick menu

Selain untuk navigasi kursor mouse, Trackpoint ThinkPad Z13 kini ditambahkan fungsi double tap. Jadi, saat di tap dua kali akan langsung membuka akses ke fitur Communication Quick Menu. Di menu ini Anda bisa mengakses pengaturan kamera dan mikrofon dengan lebih cepat. Sangat mempermudah di skenario saat konferensi video.

Di keyboardnya juga bisa ditemukan sensor sidik jari dan tombol pintas F9 untuk mematikan fungsi kamera saat tidak digunakan.

Bergeser ke bawah keyboard bisa ditemukan area trakcpad mouse yang berukuran cukup besar. Tidak ada tombol klik kiri dan kanan seperti trackpad mouse ThinkPad umumnya. Gantinya dengan teknologi haptic seluruh area touchpad bisa di tap. Saat kami mencobanya memang terasa agak sedikit aneh. Jadi, perlu adaptasi untuk terbiasa. Alternatifnya, untuk navigasi kursor mouse bisa menggunakan trackpoint atau langsung saja menyentuh panel layarnya.

Performa Lenovo ThinkPad Z13

ThinkPad Z13 8

Untuk performanya ThinkPad Z13 yang kami review berikut ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 Pro 6850U. RAM yang didukungnya 16GB onboard (tanpa opsi upgrade) dan ruang penyimpanan SSD M.2 PCIe 4.0 dengan kapasitas 1TB. Berikut hasil benchmark dari Lenovo ThinkPad Z13 di mode Performa.

Secara keseluruhan performa laptop ini terasa kencang. Membuatnya sangat serbaguna untuk beragam kebutuhan. Bekerja dengan aplikasi Office, multitasking membuka banyak tab atau sambil konferensi video bersamaan tidak terasa lag. Spesifikasinya juga masih mencukupi untuk kebutuhan konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video.

Kartu grafis Radeon 680M yang dibawanya juga masih bisa diandalkan untuk gaming. Walau tidak kami rekomendasikan untuk gaming yang intens mengingat laptop ini bukanlah laptop gaming. Dari pengujian kami game kelas kompetisi seperti Valorant masih bisa dijalankan dengan baik di pengaturan grafis rendah hingga sedang.

Manajemen thermal juga baik. Untuk penggunaan produktivitas sehari-hari laptop ini bisa bekerja dengan sangat adem dan senyap. Seperti laptop Lenovo yang lain ThinkPad Z13 juga dilengkapi dengan mode performa yang bisa diakses lewat aplikasi Lenovo Commercial Vantage. Jadi, pengaturan kipas pendingin bisa menyesuaikan performa laptop secara keseluruhan. Di aplikasi ini juga tersedia pengaturan keyboard, layar, webcam, dll.

Untuk kebutuhan komputasi berat, beralih ke mode Performa kipas pendingin ThinkPad Z13 masih relatif senyap. Kinerja laptop secara keseluruhan juga bisa terjaga optimal dengan temperatur yang tetap stabil.

Hanya saja area permukaan laptop terasa sedikit lebih hangat di bagian agak tengah. Sementara, bagian permukaan bawah laptop terasa hangat. Kami tidak merekomendasikan menggunakan laptop ini di pangkuan.

Baterai Lenovo ThinkPad Z13

ThinkPad Z13 1

Lenovo ThinkPad Z13 dibekali dengan baterai 51.5 Wh. Cukup standar untuk sebuah laptop 13 inci. Untuk daya tahan baterainya cukup rata-rata. Dari pengujian kami untuk produktivitas sehari-hari bekerja di aplikasi Office, sesekali konferensi video, menonton youtube dengan tingkat kecerahan layar 50% dan di mode pengaturan performa Quiet baterainya bisa tahan hingga sekitar 9 jam. Mungkin bisa lebih tahan lama jika layarnya tidak menggunakan panel OLED.

Kesimpulan

ThinkPad Z13 adalah laptop bisnis ThinkPad yang istimewa. Tampilannya sangat premium. Terlihat keren dengan material case luar berlapis kulit. Laptop ini juga salah satu laptop bisnis ThinkPad paling ramah lingkungan.

Dipadukan dengan performa yang kencang, layar OLED dan sederetan fitur laptop kelas bisnis yang komplit, ThinkPad Z13 termasuk salah satu laptop bisnis premium yang bertenaga dan serbaguna. Cocok untuk para pebisnis yang membutuhkan laptop bisnis ringkas, kencang, dan desain yang tidak pasaran.

Cocok untuk para pebisnis yang membutuhkan laptop bisnis ringkas, kencang, dan desain yang tidak pasaran.
9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button