Lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye Resmi Dijual dengan Harga 39,77 Juta Rupiah

Teknologi virtual reality atau VR menjadi bagian di era metaverse. Nah, untuk mendukung penciptaan konten VR, Canon melalui PT Datascrip resmi meluncurkan lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye.

“Lensa ini dilengkapi dengan dua lensa fisheye yang menghasilkan efek parallax yang dapat digunakan untuk membuat gambar VR 180° tiga dimensi (3D). Saat dipasangkan ke kamera mirrorless EOS R5 atau EOS R5 C, lensa ini memungkinkan pengguna memanfaatkan kemampuan perekaman 8K untuk menghasilkan kualitas video ultra-tinggi,” ujar Syailendra Kamdani – Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip.

Fitur Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye

Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye merupakan bagian ekosistem baru dari Canon, yaitu EOS Virtual Reality System (VR System). Ekosistem VR Canon ini terdiri dari kamera Canon EOS R series (EOS R5 & R5 C), lensa RF khusus VR dan software EOS VR Utility.

Lensa ini dilengkapi dengan dua lensa fisheye f/2.8-F/16 dan jarak fokal 60mm dengan pemfokusan manual, serta memiliki kualitas optik tinggi khas lensa seri L dari Canon. Penempatan kedua lensa yang berdekatan ini mampu menghasilkan gambar VR stereoscopic 3D dengan sudut 180° dengan parallax natural yang hampir menyerupai mata manusia.

Permudah menciptakan konten VR

Dengan EOS VR System membuat konten VR akan semakin mudah. Pasalnya, EOS VR System memungkinkan pengambilan gambar hanya menggunakan satu kamera dengan satu sensor gambar CMOS.

Hal ini sangat efisien karena dapat memangkas alur produksi video VR. Metode sebelumnya pengguna wajib melakukan penyelarasan dan sinkronisasi kamera sebelum pengambilan gambar, serta harus menggabungkan gambar bersama-sama saat proses penyuntingan.

Membuat konten VR dengan EOS VR System pengguna hanya perlu menggunakan kamera EOS R5 atau EOS R5 C dan menggunakan lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye. Kemudian, hasil rekaman video bisa langsung dikonversi ke format VR standar dan diolah menggunakan aplikasi EOS VR Utility. Konten juga bisa disunting menggunakan aplikasi Adobe Premier Pro menggunakan tambahan software EOS VR plugin.

Harga Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye

Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye saat ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 39.770.000,- (belum termasuk PPN).

Your email address will not be published.