Review Realme GT Master Edition



Reader Rating0 Votes
0
8.5
Cek Harga

Pertarungan smartphone di kelas menengah semakin seru. Kali ini giliran realme yang meluncurkan realme GT Master Edition. Rupanya realme masih mengusung premis yang sama, yaitu menawarkan smartphone dengan spesifikasi di atas rata-rata dengan harga yang relatif terjangkau.

Dan ini dibuktikannya lagi dengan realme GT Master Edition yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 778G, memori internal 256GB serta SuperDart Charge 65W untuk isi baterai super cepat.

Seperti apa kemampuan realme GT Master Edition? Berikut ulasan kami.

Desain realme GT Master Edition
Ada dua konsep desain yang ditawarkan realme. Yang pertama desain warna biru bergradasi, sedangkan yang kedua adalah desain ala koper warna abu-abu. Tampilan fisik varian warna biru yang kami ulas cukup menarik, dengan finishing kilap yang tidak menyerap banyak bekas sidik jari.

Dari sisi ergonomis, realme GT Master Edition termasuk nyaman saat digenggam. Menaikturunkan volume atau membuka kunci layar dengan sidik jari dapat dilakukan dengan mudah menggunakan satu tangan. Case bawaan yang disertakan di paket penjualan juga cukup baik. Bahannya tidak licin sehingga aman saat digunakan Anda yang tangannya sering berkeringat.

Kualitas tampilan layarnya juga baik, begitu juga respons layar saat menavigasi menu atau bermain game. Tidak mengherankan, mengingat realme GT Master Edition telah dilengkapi layar AMOLED Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Kualitas layarnya ini terasa saat memutar video Full HD atau bermain game yang dipenuhi warna cerah seperti Genshin Impact.

realme juga memberikan pengaturan suhu warna serta fitur Eye Comfort bagi yang suka menatap layar ponsel dalam jangka waktu lama. Hanya saja, sensor ambient light kadang terlalu agresif meredupkan layar di beberapa kondisi cahaya sehingga membuat kami harus menaikkan brightness layar secara manual.

Selain layar yang responsif, realme juga menyematkan sensor sidik jarinya yang gegas dan cukup akurat selama tangan tidak kotor atau basah.

Performa realme GT Master Edition

Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 778 5G, realme GT Master Edition mampu menyajikan performa di atas rata-rata ponsel di kelas harganya. Performanya ada di atas smartphone yang memakai chipset Snapdragon 720G, dengan performa gaming yang lebih lancar.

Game seperti Genshin Impact bisa berjalan cukup baik di setting Highest, walaupun terasa ada sendatan di beberapa adegan. Turunkan setting ke Medium atau Low, game akan berjalan mulus. Untuk game seperti PUBG Mobile dan Free Fire, ponsel ini dapat menjalankannya dengan lancar di setting High.

Yang patut dipuji, bodi realme GT Master Edition hanya terasa sedikit hangat. Baik digunakan merekam video atau bermain game cukup lama, bodinya hanya sedikit menghangat di genggaman.

Ketahanan baterai juga termasuk baik. Untuk pemakaian harian dengan akses sosial media dan Whatsapp cukup sering, browsing dan memotret sesekali, baterainya bisa bertahan sekitar 14 jam. Catatan waktu yang lumayan untuk baterai berkapasitas 4300mAh.

Kualitas kamera realme GT Master Edition

realme GT Master Edition hadir dengan 3 kamera belakang. Kamera utama dengan sensor Omnivision 64 megapixel, kamera ultra lebar dengan sensor Sony IMX 355 8 megapixel, serta kamera makro 2 megapixel.

Di kondisi cahaya ideal seperti siang hari di luar ruangan, hasil foto dari kamera utama dan ultra lebarnya amat baik. Selain tajam, foto yang diambil juga memiliki detil yang baik. Seperti kamera ponsel lainnya, kamera ultra lebarnya memiliki kualitas di bawah kamera utama, tapi masih sangat layak dibagikan ke media sosial. Namun kadang exposure terlalu berlebihan sehingga warna hitam akan terlihat abu-abu. Ini tentunya bisa diatur dengan mudah menggunakan exposure compensation.

Reproduksi warna tergolong matang, dengan warna primer yang terlihat vivid. Hanya saja kadang saturasi warna merah dan hijau terlalu tinggi. Tapi sekali lagi itu menurut kami yang lebih menyukai reproduksi warna yang netral.

Berikut hasil foto realme GT Master Edition tanpa penyuntingan.

IMG20210831130706

IMG20210831131250

IMG20210924114113

IMG20210924091443

Hasil foto kamera ultra lebar

IMG20211104205902

IMG20210830181258

Foto dari jarak dekat juga bagus, dengan ketajaman dan warna yang matang. Bahkan hasil foto dengan zoom digital 2x juga masih sangat memadai untuk dibagikan di media sosial, selama pencahayaannya bagus.

IMG20210902144631

IMG20210831150230

IMG20210924121230

Hasil foto dan video selfie juga termasuk oke, dengan ketajaman yang baik pada jarak fokus yang optimal. Berikut contoh hasilnya.

IMG20210913135443

Untuk video, hasil rekaman dari kamera belakangnya amat baik. realme GT Master Edition telah dilengkapi Ultra Steady yang dapat mengurangi efek guncangan tangan saat merekam video. Hasilnya cukup efektif walaupun kualitasnya akan berkurang saat di kondisi cahaya teramam. Berikut hasil video realme GT Master Edition tanpa penyuntingan.

VID20210905094542

VID20210902093034

Beralih ke kondisi cahaya temaram atau malam hari, kualitas foto dari kamera ultra lebarnya menurun drastis. Anda bisa menggunakan Night Mode untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih baik dengan kamera utamanya. Bahkan realme juga menyertakan opsi untuk mengatur setting kamera seperti ISO, shutter speed, White balance serta fokus secara manual di menu Night Mode. Dengan bantuan tripod dan setting ISO rendah, hasil foto malam hari realme GT Master Edition termasuk amat baik. Detil pada gambar memang berkurang, tapi setidaknya foto cukup bersih dari noise yang mengganggu.

Berikut hasil foto malam hari realme GT Master Edition langsung dari ponsel.

IMG20211114194031

ultra wide night mode

1x zoom night mode

Kesimpulan

Dengan GT Master Edition, realme membuktikan bahwa mengharapkan fitur sekelas flagship di smartphone seharga 5 jutaan itu bukanlah mimpi di siang bolong belaka.

Jika dilihat, tidak banyak fitur yang dikorbankan. Selain tipe chipset, hanya kamera telefoto dan fitur video yang terpaut jauh dari smartphone flagship. Aspek lain seperti layar, hasil foto, dukungan 5G serta besaran memori internal yang dimiliki realme GT Master Edition sudah bisa menyamai ponsel flagship dengan harga di atas 10 juta rupiah.

Kelebihan realme GT Master Edition
+ Spesifikasi di atas rata-rata pesaingnya di kelas harga yang sama
+ Hasil foto amat baik, terutama di kondisi cahaya ideal
+ Hasil video oke, dengan penyetabil yang efektif
+ Night Mode dengan pengaturan manual untuk foto malam hari yang lebih baik
+ Tampilan layar amat baik dan responsif
+ Pengisian baterai amat cepat
+ Harga amat kompetitif untuk versi memori 256GB

Kekurangan realme GT Master Edition
– Hasil foto kamera ultra lebar kurang baik di malam hari
– Dalam beberapa kondisi, warna merah di hasil foto terlihat terlalu matang
– Desain versi koper akan dirasa aneh bagi sebagian pengguna
– Sensor brightness layar sering membuat layar terlalu redup untuk dilihat

 

Jadi realme GT Master Edition cocok untuk siapa?

Pelajar dan mahasiswa
realme GT Master Edition lebih dari memadai untuk digunakan pelajar dan mahasiswa yang punya dana cukup untuk membelinya. Semua kebutuhan, mulai dari merekam video, melakukan riset di Internet, hingga main game, akan dapat dilakukan dengan nyaman di ponsel ini. Kami rekomendasikan memilih versi dengan memori internal 256GB bagi yang sering merekam video.

Pekerja kantoran
Bagi pekerja kantoran yang membutuhkan ponsel yang responsif di kelas harga 5 jutaan, realme GT Master Edition jelas menjadi salah satu pilihan terbaik. Daya tahan baterainya yang mampu bertahan lebih dari 12 jam membuat penggunanya tidak perlu membawa powerbank, selama tidak kerja lembur.

Penggemar fotografi
Kemampuan kamera realme GT Master Edition termasuk bagus dan di atas rata-rata di kelasnya, serta telah dilengkapi fitur pengaturan manual. Hasil fotonya yang baik juga membuatnya cocok digunakan fotografer mobile yang butuh ponsel dengan hasil foto mumpuni untuk media sosial.

Pemain game
Bagi yang hobi main game dan ingin dapat memainkan game dengan nyaman tanpa menuntut setting grafis harus rata kanan, realme GT Master Edition bisa jadi pilihan. Selain layarnya yang sudah 120Hz, performanya juga sudah lebih dari memadai untuk memainkan game-game modern. Memori internal 256GB juga memberikan keleluasaan untuk memasang belasan game tanpa takut harus kehabisan ruang penyimpanan. Bagi gamer hardcord yang menuntut lebih, kami sarankan Anda memilih realme GT Neo2.

Vlogger
Kamera depan yang mampu merekam video Full HD membuat realme GT Master Edition cocok digunakan vlogger dan YouTuber. Hanya saja, pastikan Anda juga membeli lampu jika ingin menggunakannya merekam video di dalam ruangan atau malam hari.

Review Realme GT Master Edition
Desain
8
Fitur
8.5
Performa
8.5
Hasil Foto & Video
8.5
Harga
9
Reader Rating0 Votes
0
8.5
Cek Harga

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto & Video
Harga
Final Score