Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Lini Produk Sony LYTIA, Sensor Kamera 50 MP untuk Smartphone

Sony Semiconductor Solutions Corporation (SSS) sekitar bulan Juni 2023 lalu memperkenalkan sensor gambar terbaru mereka lini Sony LYTIA. LYTIA atau LYT, mengedepankan resolusi 50 MP dan ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone.

Apa itu Sony LYTIA?

Sony LYTIA

Menurut Sony, LYTIA merupakan merek sensor gambar baru untuk smartphone yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman pencitraan yang lebih baik. Langkah pertama dari brand LYT ini adalah memperluas lini produk 50 MP, karena dinilai sebagai resolusi paling serbaguna untuk aplikasi seluler saat ini.

Melalui LYTIA, Sony mengklaim akan meningkatkan pengalaman pencitraan yang mengakomodasi beragam adegan pengambilan gambar, baik foto maupun video.

Sony berjanji akan terus mengembangkan LYTIA dengan teknologi terbaru untuk memposisikan sensor gambar ini sebagai pilihan bagi pengguna ponsel di seluruh dunia.

Lini Sony LYTIA 50 MP

Ada beberapa seri Sony LYTIA yang saat ini sudah tersedia untuk segmen berbeda. Yang pertama adalah LYT900, sensor 1/0,98 (16.384mm diagonal) 50 MP. Ini merupakan model kelas high-end dengan tipe sensor 1 inci dan individual pixel 1.6 micron. LYT900 berbasis teknologi CMOS dan memiliki dioa lebih besar untuk kinerja low-light yang lebih oke.

Selanjutnya ada LYT800, sensor 1/1.4 inci yang menjadi model premium dan diklaim dapat menyaingi sensor 1 inci. LYT800 menggunakan struktur piksel transistor 2 lapis yang memungkinkan tingkat sinyal saturasi lebih baik.

Seri ketiga disebut LYT700, sensor 1/1.5 inci yang dioptimalkan untuk smartphone dengan bodi ramping. Sensor ini didukung beberapa fitur kelas atas seperti metode multiple HDR (High Dynamic Range).

Yang tidak kalah menarik adalah LYT600, sensor tipe 1/1.953 atau 1/2 inci untuk segmen menengah, namun menjanjikan fitur-fitur canggih seperti all-pixel autofocus. Sensor yang satu ini sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia lewat realme 12+ 5G.

realme 12 5G

Sekadar informasi, sensor Sony LYT600 pada realme 12+ 5G mengusung aperture f/1.88 dan resolusi 50 MP, yang dijanjikan mampu mempertahankan detail yang baik bahkan dari jarak yang lebih jauh. Kamera di ponsel ini memiliki panjang fokus setara 26mm, 2x in-sensor zoom, dan dukungan optical image stabilization (OIS).

Terakhir adalah LYT500 yang diklaim bakal menjadi standar baru untuk sensor kamera selfie. Sensor ini mampu memberikan kualitas gambar 50 MP yang tinggi dan fungsi always-on.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button