Review realme 7 Pro

svg%3E
8.1

Smartphone kelas menengah garapan realme mengalami sederet peningkatan yang signifikan dalam kurun waktu setahun ke belakang. Bukan hanya soal performa yang semakin kencang, realme secara perlahan memboyong satu per satu fitur canggih dari seri flagship ke kelas menengah. Contohnya pada realme 7 Pro yang belum lama ini meluncur di Indonesia.

Seolah ingin melampaui kesuksesan generasi pendahulunya, realme 7 Pro kini hadir dengan penawaran yang lebih komplit. Seperti apa kelebihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain realme 7 Pro

Melalui keluarga realme 7 Series, realme akhirnya mulai melakukan perubahan dari segi desain. Tampilan ekterior realme 7 Pro terlihat cukup berbeda dibanding saudara tuanya. Meski begitu, DNA desainnya masih sama dengan yang diusung oleh seri yang lebih murah, yakni realme 7 dan realme 7i.

svg%3E

Aksen garis yang ditarik lurus melewati frame kamera tampak cukup menarik mata. Apalagi tekstur pada bagian garis lurus tersebut berbeda dengan bagian lainnya di cover belakang. Varian yang kami ulas di artikel kali ini adalah Mirror Blue. Sekilas warnanya cenderung gelap. Tetapi saat terkena cahaya, barulah nuansa birunya terlihat berkilau.

Frame kamera belakang realme 7 Pro juga mengalami perubahan, yakni tidak lagi disusun vertikal seperti pada seri terdahulu. Memang sajian ekteriornya belum mengedepankan terobosan yang membuatnya tampil unik dibanding para pesaingnya. Tapi setidaknya, desain ini terasa lebih fresh di jajaran ponsel realme.

svg%3E

realme 7 Pro adalah smartphone dengan ukuran sedang. Tidak bisa disebut ramping, tapi tidak juga terlalu bongsor. Di tangan kami, realme 7 Pro masih oke untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Perangkat ini punya ketebalan 8,7mm dengan bobot 182 gram.

Pada bagian depan, Anda akan menemukan layar berukuran 6,4 inci dengan rasio screen-to-body mencapai 90,8 persen. Ya, bezelnya cukup tipis dan realme juga sudah mengadopsi desain layar dengan punch-hole untuk menampung kamera selfie. Dengan begitu, konten yang disuguhkan akan tampak lebih penuh dan luas.

svg%3E

realme 7 Pro memiliki port USB-C di bagian bawah yang didampingi oleh port audio jack 3.5mm dan lubang speaker. Ponsel ini dibekali 3 buah slot, dua untuk nano SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD. Dalam paket penjualannya, Anda juga akan mendapatkan softcase.

Layar realme 7 Pro

realme 7 Pro memang tidak menawarkan layar 90Hz. Sebagai gantinya, pengguna disuguhkan layar dengan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan resolusi Full HD+. Selain punya kualitas gambar yang memanjakan mata, memakai panel Super AMOLED juga memungkinkan realme menghadirkan fitur in-display fingerprint sensor.

svg%3E

Sejauh pengujian kami, layar realme 7 Pro mampu menampilkan konten dengan amat baik. Gambar terlihat tajam dan warnanya juga kaya. Wajar, layar ini mempunyai color gamut NTSC 98 persen. Intinya untuk chatting, browsing, menonton film, hingga bermain game tidak ada masalah. Tingkat kecerahannya juga oke ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Kehilangan refresh rate 90Hz mungkin akan disayangkan oleh sebagian pengguna. Tapi di satu sisi, realme 7 Pro kini memakai panel Super AMOLED yang menurut kami merupakan upgrade dari realme 6 Pro yang masih IPS LCD. Kalau menurut Anda sendiri, lebih baik Super AMOLED 60Hz atau IPS 90Hz? Tuangkan opini Anda di kolom komentar.

Sedikit membahas audio, realme 7 Pro didukung Dual-Stereo Speaker yang mampu menghasilkan suara lantang dan jernih. Selain itu, telinga Anda juga akan dimanjakan oleh teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res. Penawaran yang menurut kami sudah amat menggiurkan di kelasnya.

Sistem operasi realme 7 Pro

realme 7 Pro mengadopsi sistem operasi realme UI berbasis Android 10. Untuk Anda yang sudah familiar dengan smartphone realme, bisa dibilang antarmukanya tidak banyak perbedaan. Ya, masih sedikit mirip dengan Android murni. Apa saja fitur bawaan yang diusungnya?

Yang pasti Anda akan menemukan Dark Mode lengkap dengan opsi untuk ‘memaksa’ aplikasi pihak ketiga seperti Facebook juga tampil dalam mode gelap. Ada pula OSIE Visual Effect untuk meningkatkan kualitas gambar pada aplikasi seperti TikTok, MX Player, dan sebagainya.

Tidak ketinggalan fitur baru bernama Quick Return Bubble juga akan Anda temukan. Bagi yang belum tahu, Quick Return Bubble merupakan fitur berbentuk gelembung kecil yang memungkinkan Anda tetap terhubung dengan situasi di dalam game meski sedang mengakses aplikasi lain. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan saat pertempuran sudah dimulai.

Kabar baik bagi Anda yang membutuhkan NFC, realme 7 Pro sudah dibekali dengan teknologi tersebut.

Kamera realme 7 Pro

svg%3E

Beralih ke sektor fotografi dan videografi, realme 7 Pro dipersenjatai 4 kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX682 64 megapixel f/1.8, yang ditemani kamera ultrawide 8 megapixel, kamera makro 2 megapixel, dan satu kamera portrait 2 megapixel. Cukup disayangkan realme harus menghilangkan kamera tele yang sebelumnya menjadi andala di realme 6 Pro. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 32 megapixel di depan.

Yang menarik, kamera belakang realme 7 Pro hadir dengan mode Nightscape Pro, Video Ultra Nightscape, Mode Tripod, Mode Portrait, AI Color Portrait, Panorama, serta dibekali rangkaian filter malam paling populer, yakni Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold.

IMG20201026181442

IMG20201026181453

svg%3E

IMG20201026181503

IMG20201026181512

Bagaimana hasil fotonya? Seperti pada kebanyakan smartphone di kelas harga yang sama, realme 7 Pro mampu menangkap gambar dengan baik ketika cahaya memadai. Kontras warna tidak tampak berlebiha, bahkan cenderung natural. Detail pada foto juga terlihat lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

IMG20201031082839

IMG20201029122654

IMG20201102173030

IMG20201031082624

IMG20201031082635

IMG20201031082646

Untuk pemotretan di kondisi cahaya yang minim alias low light, Anda bisa memanfaatkan mode Nightscape Pro. Hasilnya fotonya juga tetap mempertahankan nuansa malam dengan baik. Ya, tidak ada peningkatan exposure berlebihan yang terkadang membuat foto malam tampak terlalu terang dan kurang natural.

Untuk kebutuhan videografi, kamera belakang realme 7 Pro sudah mendukung perekaman hingga resolusi 4K di 30fps atau 1080p di 60fps. Selain itu, Anda juga dapat membuat video Slow Motion di resolusi 720p 240fps atau 1080p di 120fps. Ada pula fitur pendukung seperti Ultra Steady Video, Ultra Steady Max, Ultra Nightscape Video, Bokeh Video, AI Color Portrait Video, dan masih banyak lagi.

VID20201102130225

Performa realme 7 Pro

Untuk urusan performa, realme 7 Pro mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan storage internal UFS 2.1 sebesar 128 GB. Kombinasi yang sudah tidak lagi terlihat wah di kelasnya, tapi pastinya tetap mampu memberikan kinerja yang mulus untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

Sejauh pengujian kami, performa realme 7 Pro sesuai ekspektasi. Penggunaan standar sehari-hari terasa gesit dan belum pernah kami temui kendala yang berarti. Untuk gaming pun menyenangkan. Kami mencoba memainkan beberapa judul populer seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, dan Genshin Impact.

Untuk PUBG Mobile, bermain di setting grafis Balance-Ultra terasa nyaman dan stabil. Jarang sekali kami melihat frame rate drop meski di kondisi pertempuran yang cukup ramai. Sementara Asphalt 9 bisa berjalan lancar dengan frame rate yang juga stabil. Genshin Impact? Masih playable dengan catatan Anda harus memakai setting grafis paling rendah. Ya, game ini memang berat.

Baterai realme 7 Pro

realme 7 Pro mengusung baterai berkapasitas 4.500 mAh. Tapi yang patut menjadi sorotan adalah kemampuan pengisian dayanya. Teknologi fast charging yang dikedepankan realme kali ini tidak main-main. Menanamkan 65W SuperDart Charge pada sebuah ponsel kelas menengah membuat realme 7 Pro punya keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh produk pesaingnya.

65W SuperDart Charge pada realme 7 Pro dapat mengisi daya hingga 13 persen dalam 3 menit dan 100 persen dalam 34 menit. Tentunya realme tetap menjamin keamanan saat charging, khususnya untuk urusan suhu. Smartphone ini juga fleksibel dan kompatibel dengan beberapa perangkat pengisian daya lainnya seperti, 30W Dart Charge, 18W QC Fast Charge dan PD Fast Charge.

svg%3E

Kesimpulan

Menurut kami, apa yang ditawarkan oleh realme 7 Pro layak membuatnya masuk jajaran smartphone kelas menengah paling menarik yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Kehadiran teknologi 65W SuperDart Charge benar-benar menjadi faktor pembeda. Fitur yang sebelumnya hanya bisa Anda nikmati pada ponsel flagship yang jauh lebih mahal.

realme 7 Pro dijual dengan harga Rp4.999.000. Selain varian Mirror Blue ada juga pilihan warna Mirror Silver dan Horizon Orange.

Kelebihan realme 7 Pro:

  • Desain cukup oke dan nyaman digenggam
  • Layar Super AMOLED
  • Kamera belakang dan selfie mampu menghasilkan foto yang bagus di kondisi cahaya memadai
  • Kemampuan low light tergolong baik
  • Kamera dilengkapi beragam fitur bawaan yang menarik
  • 65W SuperDart Charge
  • Dual-Stereo Speaker
  • Performa kencang, asyik untuk gaming
  • Ada NFC Multifungsi

Kekurangan realme 7 Pro:

  • Refresh rate layar masih 60Hz
  • Kamera tele dihilangkan, diganti kamera portrait
  • Harga semakin tinggi

realme 7 Pro ideal untuk: Pengguna yang menginginkan ponsel kelas menengah dengan kemampuan charging paling cepat. Casual gamer. Pencipta konten foto dan video. Pengguna yang butuh NFC.

realme 7 Pro kurang ideal untuk: Hardcore gamer. Pengguna yang mencari smartphone dengan refresh rate tinggi.

svg%3E
realme 7 Pro
Apa yang ditawarkan oleh realme 7 Pro layak membuatnya masuk jajaran smartphone kelas menengah paling menarik yang ada di pasaran Indonesia saat ini
8.1
Verified by MonsterInsights