Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Berminat Membeli Xiaomi Redmi 9? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya



Xiaomi meluncurkan Redmi 9 sebagai jagoan terbaru mereka di kelas menengah ke bawah. Dijual dengan harga yang amat menggiurkan, smartphone ini dibekali sederet hardware yang membuatnya terlihat begitu menonjol di kelasnya, khususnya untuk urusan performa. Wajar jika banyak konsumen langsung jatuh hati saat melihat spesifikasinya.

Walaupun begitu, Redmi 9 bukan smartphone yang sempurna. Masih ada beberapa kekurangan yang menurut kami wajib Anda ketahui terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk meminangnya. Yuk, langsung saja simak, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Redmi 9:

Kelebihan Redmi 9:

Performa gahar di kelasnya

Xiaomi Redmi 9 3

 

Redmi 9 dipersenjatai chipset MediaTek Helio G80 12nm yang ditemani RAM 3 GB atau 4 GB, serta storage internal 32 GB atau 64 GB. Helio G80 sendiri dikenal sebagai chipset dengan kinerja yang cukup bertenaga dan bisa diandalkan untuk bermain games. Performanya sesuai ekspektasi kami. Beberapa judul game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD Mobile, NBA 2K20, dan Asphalt 9 bisa kami mainkan dengan lancar. Bisa dibilang, ini adalah salah satu smartphone dengan performa paling kencang di kelasnya.

Desain cukup oke dan nyaman digenggam

Kami cukup suka dengan desain Redmi 9. Redmi 9 menggunakan tekstur timbul dengan pola melingkar yang membuatnya memiliki sensasi genggaman lebih mantap, alias tidak licin. Tampilan matte yang di varian Carbon Gray yang kami review sebelumnya ini juga tidak menjadi magnet bekas jari. Hasilnya, smartphone tidak gampang terlihat kotor.

Xiaomi Redmi 9 1

Layar lebar, resolusi sudah Full HD+

Xiaomi memasang layar IPS berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD+. Tentu resolusi setinggi ini merupakan nilai plus yang masih cukup langka ditemui pada smartphone dengan harga setara. Bahkan, yang harganya di atas 2,5 juta pun masih ada yang resolusinya cuma HD+.

Kamera cukup baik di kondisi cahaya ideal

Peningkatan pada area fotografi terlihat dari adanya 4 kamera belakang yang terdiri dari 13 megapixel f/2.2, 8 megapixel f/2.2 ultrawide, 5 megapixel f/2.4 macro, 2 megapixel depth sensor. Pada poni bergaya waterdrop di depan, pengguna akan menemukan kamera selfie 8 megapixel f/2.0.

Hasil foto Redmi 9 (6)

hp 200 g3 aio 728 yc

Hasil foto Redmi 9 (11)

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Pada kondisi cahaya yang memadai, kami menilai kamera Redmi 9 mampu mengabadikan momen dengan baik. Gambarnya tampak tajam, saturasi warnanya agak diangkat, dan dynamic range-nya cukup oke.

Baterai besar lengkap dengan fast charging 18W

Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 5.020 mAh pada Redmi 9. Dengan baterai sebesar ini tentunya Anda boleh berharap daya tahan ekstra. Yang jelas Anda bisa beraktivitas seharian penuh dengan Redmi 9 tanpa harus khawatir baterai habis di tengah jalan. Selain itu, smartphone ini juga sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W.

Xiaomi Redmi 9 5

Kekurangan Redmi 9:

Posisi sensor sidik jari berpotensi membuat kamera mudah kotor

Dari segi desian, satu hal yang menjadi catatan kami hanyalah posisi sensor sidik jarinya. Karena masih satu frame dengan kamera, seringkali jari kami yang berminyak justru mengotori lensa. Memang bukan sebuah kendala yang terlalu mengganggu, tapi bagi kami, posisi sensor sidik jari dan kamera yang terpisah akan lebih baik.

MIUI ada iklan

Sudah bukan rahasia lagi kalau MIUI terkadang menampilkan iklan di beberapa kondisi tertentu. Kami sendiri sudah terbiasa dan menurut kami tidak masalah. Tapi bagaimana menurut Anda?

Xiaomi Redmi 9 6

Charger 18W belum termasuk dalam paket penjualan

Meski sudah mendukung fast charging 18W, sayangnya charger 18W-nya belum termasuk dalam paket penjualan. Anda harus membelinya secara terpisah.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 9. Intinya Redmi 9 adalah perangkat yang bisa diandalkan untuk Anda para pengguna casual maupun gamer yang punya budget di bawah 2 juta rupiah. Varian termurahnya, 3/32GB, dijual di kisaran harga 1,8 juta rupiah.

More Stories
XL Infinet 2
XL Hadirkan INFINET, Layanan Mobile Broadband 4G LTE untuk UKM