Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Huawei Honor 6 Plus: Smartphone Pertama di Dunia dengan Tiga Kamera 8 Megapixel

Kecanggihan teknologi kamera smartphone saat ini tidak berhenti di adu besaran megapixel dan ukuran sensor saja. Setelah HTC berhasil membuktikan inovasi kamera utama dengan dual lensa lewat smartphone HTC One M8, Huawei pun kini mengekor pabrikan Taiwan tersebut dengan merilis Huawei Honor 6 Plus yang menawarkan konsep serupa.

Huawei-Honor-6-Plus-1

Spesifikasi kelas atas
Dengan bentang layar Full HD berukuran 5.5 inci, Huawei Honor 6 Plus telah dipersenjatai SoC octa core Kirin 925 yang berlari pada kecepatan 1.8GHz, besaran RAM 3GB dan punya ruang penyimpanan internal 32GB dengan tambahan slot kartu microSD.

Untuk mengakomodir kinerja SoC miliknya, sektor baterai juga turut menjadi perhatian Huawei dengan digunakannya baterai berkapasitas cukup besar yaitu 3600 mAh. Selain itu, tersedia juga beragam konektivitas yang cukup lengkap diiantaranya WiFi, Bluetooh, NFC, dan dukungan jaringan 4G LTE.

Kamera Ganda dengan Autofocus Tercepat di Dunia
honor-6-plus-1

Fasilitas kamera menjadi andalan Huawei Honor 6 Plus. Selain mengemas kamera depan 8 megapixel, ponsel ini juga mengemas dua kamera 8 megapixel lagi di bagian belakang. Kamera utamanya ini hadir dengan dua modul kamera yang mengusung teknologi Symmetrical Dual Camera Technology. Walaupun terdengar baru, sebenarnya konsep kamera ganda ini mirip seperti HTC One M8. Dengan Symmetrical Dual Camera Technology, Huawei Honor 6 Plus hadir dengan mengemas 2 modul lensa dan 2 sensor gambar terpisah yang ditempatkan secara sejajar.

Huawei Honor 6 Plus-3

Kedua modul lensanya memiliki bukaan atau diafragma yang berbeda. Bahkan tugas keduanya juga berbeda. Untuk kamera pertama memiliki diafragma F/2.0 untuk autofocus, dan lensa kedua dengan diafragma F/2.4 untuk memotret dengan pengaturan fix focus. Huawei mengklaim bahwa diafragma dapat diatur sehingga hasilnya dapat menyerupai foto dengan pengaturan diafragma antara f/0.95 hingga f/16.

Sementara untuk sensornya, 2 sensor gambarnya tersebut memiliki resolusi 8 megapixel dengan ukuran pixel yang cukup besar mencapai 1.85 micron. Kendati hanya beresolusi 8 megapixel, telah tersedia modul prosesor ISP (Image Signal Processor) yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi maksimum 13 megapixel.

Lalu apa keuntungannya memiliki 2 sensor dan 2 lensa dalam satu modul kamera? Tentu saja, yang pertama adalah modul kameranya akan mampu menangkap lebih banyak cahaya. Ini artinya, Huawei Honor 6 Plus akan lebih handal untuk memotret di kondisi minim cahaya dan memiliki tingkat dynamic range yang akan lebih baik dibandingkan smartphone yang tidak memiliki kamera ganda.

Keuntungannya yang kedua yaitu terletak di sektor autofocus. Dengan teknologi yang diusungnya ini kemampuan fokus kamera akan menjadi lebih cepat. Bahkan Huawei mengklaim Honor 6 Plus mampu menemukan fokus hanya 0.1 detik, menggeser LG G3 dengan teknologi Laser Autofocus yang mampu menentukan focus dengan kecepatan 0.276 detik.

Huawei Honor 6 Plus nantinya akan tersedia dalam dua versi. Versi 3G dengan 2 slot kartu SIM, dan Versi 4G dengan satu slot kartu SIM. Untuk harganya versi 3G dibanderol dengan harga US$323 atau sekitar Rp4.100.000 dan versi 4G dibanderol dengan harga US$403 atau sekitar Rp5.100.000.

[table th=”0″]” “;Huawei Honor 6 Plus
Layar; 5.5 inci Full HD 1920 x 1080 pixel
SoC; Kirin 925 1.8GHz Octa Core
RAM; 3GB
Memori Internal; 32GB + Slot MicroSD hingga 128GB
Kamera; Kamera depan 8 megapixel, kamera belakang 13 megapixel dengan Symmetrical Dual Camera Technology
Konektivitas; WiFi, Bluetooh, NFC
Jaringan; 4G/3G
Dimensi;150.46 x 75.68 x 7.5mm
[/table]
Back to top button