Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Huawei MateBook D16 2024

8.9

Membuka tahun 2024 Huawei MateBook D16 2024 unjuk gigi dengan tiga keunggulan. Di antaranya layar besar, performa kencang, dan desain yang sangat tipis dan ringan. Tapi, apakah keunggulannya ini cukup untuk bersaing dengan para kompetitornya?

Huawei MateBook D16 2024 1b

Desain Huawei MateBook D16 2024

Tidak bisa dimungkiri salah satu faktor utama laptop dengan layar 13.3 inci dan 14 inci laris di pasaran adalah dimensi. Dimensi yang ringkas memang lebih ideal untuk diajak mobilitas.

Hal ini mendorong para pabrikan, termasuk Huawei untuk membuat laptop di atas layar 14 inci semakin ringkas dan ringan. Profil bodi MateBook D16 2024 yang tipis ketebalannya hanya 17 mm. Secara keseluruhan dimensinya seukuran laptop 15 inci saja. Bobotnya juga ringan hanya 1,68 Kg.

Review huawei MateBook D16 2024 5

Untuk sebuah laptop 16 inci dimensinya ini sangat ringkas dan ringan. Kami bisa dengan mudah membawanya bepergian. Tidak memberatkan punggung atau bahu saat dimasukkan ke dalam tas.

Satu nilai tambah desainnya sangat premium. Seluruh bodinya mengusung material alumunium. Desain bodi yang sangat ramping, layar besar, dan tampilan premiumnya sangat mudah untuk membuat laptop ini dilirik siapa saja saat bekerja di kedai kopi.

Konektivitas lengkap

Kabar baiknya, Huawei juga tidak pelit konektivitas. Meski bodinya ramping beragam port konektivitas penting sudah tersedia di sisi kiri dan kanan bodi. Paling utama ada port USB Type-C dengan fungsi penuh. Bisa untuk pengisian daya, transfer data, dan DisplayPort. Kemudian, tersedia port USB 3.2 Gen1, USB2.0, HDMI dan jack audio 3.5mm.

Review huawei MateBook D16 2024 8

Mungkin bagi sebagian orang akan menyayangkan laptop ini absen port Thunderbolt 4. Menurut kami hal tersebut wajar. Tapi, perlu diingat juga semua kembali ke kebutuhan masing-masing pengguna.

Review huawei MateBook D16 2024 9

Pada prakteknya selama kami menggunakan MateBook D16 2024 port Type-C dengan fungsi penuhnya tersebut sudah sangat memadai. Cukup untuk menggantikan konektivitas Thunderbolt 4 yang belum didukungnya.

Untuk konektivitas nirkabel tersedia dukungan WiFi dengan teknologi Anteline Antenna generasi terbaru. Teknologi antenna ini memungkinkan jangkuan koneksi internet hingga jarak sejauh 270 meter dan membantu mengurangi tangkapan sinyal palsu. Teknologi ini juga bisa memastikan akses internet yang lebih cepat dan stabil.

Layar besar yang menawan

Di sektor layar MateBook D16 2024 datang dengan teknologi layar Huawei FullView Display berukuran 16 inci. Dengan rasio 16:10 area layarnya terlihat lebih besar jika dibandingkan laptop sekelasnya.

Review huawei MateBook D16 2024 2

Layarnya memang belum mendukung refresh rate cepat yang sedang tren. Tapi, areanya yang luas tetap sangat nyaman digunakan untuk beragam skenario penggunaan. Mulai dari membuka spreadsheet atau banyak tab saat browsing, hingga multitasking membuka beberapa aplikasi dalam satu layar.

Visual di layarnya juga terlihat tajam di resolusi Full HD. Tingkat kecerahan cukup tinggi. Output warna juga cukup akurat dengan standar cakupan warna sRGB 100%.

Menurut kami layarnya ini sudah sangat memadai. Bisa diandalkan untuk produktivitas harian, penyuntingan foto dan video, bermain game, hingga menikmati konten multimedia.

Review huawei MateBook D16 2024 7

Sebagai tambahan untuk mendukung produktivitas sehari-hari di atas layarnya tersedia webcam dengan resolusi HD 720p. Cukup untuk kegiatan konferensi video. Untuk melindungi privasi webcam tersebut juga sudah ditambahkan fitur penutup.

Keyboard nyaman digunakan

Sebagai laptop produktivitas keyboard menjadi salah satu fitur yang diperhatikan oleh Huawei. MateBook D16 2024 membawa keyboard berukuran penuh. Lengkap dengan numpad di sisi kanan dan lampu backlit.

Review huawei MateBook D16 2024 3

Ukuran tombol cukup besar dan jarak antar tombol cukup pas. Memungkinkan jari jemari untuk mengetik dengan nyaman dan tidak mudah pegal. Cukup jarang kami temui laptop dengan desain tipis dan ringan memiliki keyboard yang nyaman.

Di atas keyboardnya tersedia tombol daya. Tombol ini dilengkapi fitur sensor sidik jari sebagai pengaman tambahan. Huawei juga melengkapi keyboardnya dengan beragam tombol pintas yang fungsional. Mulai dari tombol pintas untuk menyalakan lampu keyboard backlit, akses perintah suara, WiFi, hingga akses webcam dan mikrofon.

Selain itu, tersedia dukungan fungsi FN + P yang berguna untuk akses ke mode performa. Menekan tombol ini Anda bisa beralih dari mode Balance ke mode Performance untuk mendapatkan pengalaman komputasi yang lebih bertenaga. Sebagai catatan mode Performance ini hanya bisa aktif saat laptop dalam keadaan di charge.

Performa sangat kencang

Review huawei MateBook D16 2024 4

Lalu bagaimana performanya? MateBook D16 2024 yang kami review berikut menggunakan prosesor Intel Core i9-13900H. Pertama kalinya di Indonesia hadir laptop MateBook dengan salah satu prosesor terbaik Intel ini.

Huawei MateBook D16 2024

Opsi yang lebih murah tersedia dengan konfigurasi Intel Core i5. Semoga saja kedepannya akan tersedia opsi dengan Intel Core i7. Dengan begitu lini laptop lini semakin komplit.

Prosesornya tersebut disokong RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD NVMe dengan kapasitas 1TB. Opsi upgrade memang tidak dimungkinkan. Tapi, dari pengujian kami sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut hasil benchmark dari MateBook D16 2024.

Secara keseluruhan kami sangat terkesan dengan performanya. Di mode Balanced kami tetap bisa merasakan pengalaman komputasi yang memuaskan. Untuk menjalankan aplikasi office, multitasking, hingga berkreasi menyunting foto dan video bisa dijalankan tanpa masalah.

Review huawei MateBook D16 2024 15

Kartu grafis terintegrasi Intel Iris Xe juga cukup andal. Bisa digunakan untuk bermain game di waktu senggang. Untuk gaming kami sarankan untuk mengaktifkan mode Performance. Game kelas kompetisi seperti Valorant bisa dimainkan mulus di pengaturan grafis High dengan rata-rata 100 fps.

Manajemen thermal dan baterai memuaskan

Hal lain yang patut diacungi jempol dari MateBook D16 2024 adalah manajemen thermal. Sistem pendinginnya sangat optimal. Di mode Performance kipas pendinginnya mampu menjaga kinerja dan suhu permukaan keyboard dengan sangat baik. Hanya terasa sedikit sensasi rasa hangat.

Review huawei MateBook D16 2024

Cukup jarang kami temukan laptop tipis dan ringan dengan sistem pendingin yang optimal seperti MateBook D16 2024. Satu nilai tambah kipas pendinginnya juga relatif senyap saat beban komputasi bertambah.

Lalu bagaimana dengan baterainya? Dengan kapasitas baterai 70wh MateBook D16 menawarkan waktu guna yang cukup panjang. Dari pengujian kami dengan skenario penggunaan terhubung ke WiFi, tingkat kecerahan layar 50%, menggunakan mode Balanced untuk bekerja dengan Microsoft Office dan browsing baterainya bisa tahan nyaris seharian. Menurut kami, Huawei cukup berhasil menghadirkan keseimbangan antara performa dan efisiensi daya pada MateBook D16 2024.

Kesimpulan

Huawei MateBook D16 2024 berhasil menggabungkan performa yang solid dan layar besar dalam satu paket laptop berdesain premium yang ringkas dan ringan. Laptop ini juga dilengkapi dengan keyboard yang nyaman dan baterai tahan lama.

Menurut kami, MateBook D16 2024 bisa menjadi standar baru laptop 16 inci. Harga jualnya juga sangat kompetitif. Untuk konfigurasi Intel Core i9 harganya Rp17.999.000 dan Rp12.999.000 untuk model Intel Core i5.

Laptop ini cocok ke hampir semua kalangan pengguna. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi tapi membutuhkan laptop layar besar dengan performa kencang.

Kelebihan Huawei MateBook D16 2024:

  • Tipis dan ringan
  • Desain bodi premium dengan alumunium seluruhnya
  • Port konektivitas cukup lengkap
  • Layar 16 inci Full HD dengan tingkat ketajaman dan warna yang baik
  • Performa kencang
  • Keyboard nyaman digunakan
  • Tersedia sensor sidik jari untuk pengaman
  • Baterai tahan lama dan mendukung fitur isi ulang cepat
  • Harga kompetitif

Kekurangan Huawei MateBook D16 2024:

  • Tidak tersedia slot kartu memori
  • Refresh rate layar hanya mendukung 60 Hz
  • Webcam belum Full HD
  • Rancangan bodi belum berstandar militer
Laptop ini cocok ke hampir semua kalangan pengguna. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi tapi membutuhkan laptop layar besar dengan performa kencang.
8.9

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Fitur
Harga
Final Score

Back to top button