Quantcast
KomputerLaptopReview

Review: Toshiba Satellite S40T

Sejak tren ultrabook diperkenalkan oleh Intel, banyak perubahan yang dialami oleh laptop terutama dari segi kemasan yang lebih langsing dan daya tahan baterai yang lebih lama. Seperti salah satu produk laptop terbaru Toshiba, Toshiba Satellite S40T yang akan kami bahas berikut ini.

_2080105

Walau tidak setipis Ultrabook, Toshiba Satellite S40T-A berhasil menarik perhatian kami dengan desainnya yang terlihat premium. Ini tentunya berkat bagian cangkang luar yang menggunakan bahan alumunium. Laptop ini hadir dengan ketebalan bodi 26mm dan memiliki layar sentuh berukuran 14-inci dengan tingkat kerapatan gambar 1366×768 pixel. Cukup tipis untuk sebuah laptop yang telah dilengkapi drive DVD.

Performa layar sentuhnya sangat baik dan terasa cukup kokoh sehingga ketika bernavigas layarnya tidak terasa goyang. Di kondisi pencahayaan dalam ruangan dan sudut penglihatan yang tepat, layarnya masih dapat menyajikan tampilan dengan warna yang cukup akurat.

Masuk ke sektor keyboard, Toshiba Satellite S40T hadir dengan keyboard bergaya chicklet. Jarak antar tombolnya cukup berjauhan dan tidak terlalu rata dengan bodi. Ini membuatnya cukup nyaman diajak untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Touchpad mouse yang dimilikinya juga cukup responsif terhadap sentuhan jari dan telah mendukung perintah gestur dari Windows 8.

Dalam hal konektivitas, Toshiba Satellite S40T telah dilengkapi sederetan port konektvitas yang lengkap di samping kiri kanan bodinya dengan penempatan yang mudah dijangkau. Konektivitas yang dimilikinya antara lain, 2 buah port USB 3.0, port USB 2.0, port HDMI, jack audio dan port ethernet. Tidak ketinggalan, untuk mencukupi kebutuhan multimedia Anda, Toshiba juga melengkapi laptop ini dengan optical disk drive yang berada di samping kiri bodi.

Toshiba-S40T-2

Untuk dapur pacunya, Toshiba Satellite S40T ditenagai prosesor Intel Core i5-3337U (Ivy Bridge) dengan kecepatan 1.80 GHz, RAM DDR3 4GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce GT740M 2GB. Dengan spesifikasinya ini, Toshiba Satellite S40T mampu menjalankan Windows 8 dengan sangat baik dan berhasil mencetak skor sebesar 4.8 untuk Windows Experience Index. Performanya sangat mumpuni untuk mencukupi beragam kebutuhan komputasi. Dari browsing, mengetik dokumen, menikmati konten multimedia pada format HD hingga bermain game yang membutuhkan kinerja kartu grafis ekstra. Berikut hasil benchmarknya menggunakan aplikasi Cinebench.

benchmark-Toshiba

Untuk bermain game, beberapa judul game masa kini masih bisa dijalankan dengan cukup baik pada berbagai opsi pengaturan grafis di tingkatan low hingga medium. Untuk menemani Anda bermain game dan menikmati konten multimedia, laptop ini telah dibekali speaker dari pabrikan Onkyo dengan sertisifikasi DTS. Hasilnya cukup memuaskan, performa suara yang dihasilkan laptop ini cukup bertenaga dan jernih, cocok untuk menikmati musik, bermain game atau menonton film.

Daya tahan baterainya juga cukup oke. Pada penggunaan sehari-hari dengan penggunaan normal untuk browsing dan mengetik dokumen, baterainya masih sanggup bertahan hingga sekitar 4.5 jam dengan pengaturan gelap terang layar sekitar 30 persen.

Untuk melengkapi laptop ini, Toshiba menghadirkan beberapa fitur pendukung yang cukup berguna. Untuk mengoptimalkan penyajian suaranya, terdapat fitur DTS yang menawarkan beragam pengaturan suara. Ada juga Eco Mode yang dapat digunakan untuk mengehemat baterai, serta fitur USB Sleep and Charge yang memungkinkan Anda untuk mengisi ulang baterai gadget lain melalui port USB yang dimilikinya pada saat laptop dalam kondisi tidak menyala.

DTS-1eco-mode-1

Degan banderol harga yang berkisar di angka 10 juta rupiah, Toshiba Satellite S40T menghadirkan notebook bertenaga dan tangguh untuk berbagai keperluan sambil mempertahankan desain yang relatif langsing dan cantik. Bagi Anda yang membutuhkan notebook dengan performa cukup tinggi dan mampu memainkan game 3D, tapi dengan bodi yang tidak terlalu tebal, Toshiba Satellite S40T layak menjadi pilihan.

[table th=”0″]” “;Toshiba Satellite S40T
Prosesor;Intel Core i5-3337U 1.8Ghz
Layar;Layar sentuh 14.1-inci Flat Clear SuperView HD LED 10 titik multisentuh
RAM; 4GB
HDD; 750GB
GPU; Nvidia GeForce GT740M 2GB
Konektivitas; 1xUSB 2.0, 2xUSB 3.0, HDMI, Bluetooth, WiFi, RJ45
Optical Disk Drive; DVD-RW
Dimensi; 340 x 234 x 26.1/26.4mm
Bobot; 2.15 Kg
[/table]

2 komentar

Back to top button