Quantcast
KomputerNewsProduct News

Mengenal Intel Core 14th Gen Mobile, Chip Prosesor Laptop Intel Paling Canggih

Prosesor Intel Core 14th Gen versi mobile akan menjadi jagoan Intel di tahun 2024. Ada cukup banyak pembaruan yang dibawanya. Termasuk, performa grafis, dukungan teknologi AI dan penamaan baru. Penasaran seperti apa?

Intel Core 14th Gen Mobile

Segala hal tentang prosesor Intel Core 14th Gen Mobile

1. Mengusung arsitektur Meteor Lake

Intel Core 14th Gen Mobile
Prosesor Generasi Ke-14 mengusung arsitektur Meteor Lake dengan teknologi Intel 4. Teknologi ini merujuk pada fabrikasi 7nm (nanometer). Sebelumnya, di Generasi Ke-13 dengan Intel 7 yang merujuk pada teknologi fabrikasi 10nm.

Klaim Intel, Intel 4 mengijinkan peningkatan kecepatan clock speed hingga 20% jika dibandingkan Intel 7 dengan besaran daya yang sama. Jadi, teknologi ini menawarkan peningkatan performa sekaligus efisiensi daya.

2. Pertama dengan NPU dan rancangan tiga kelompok Cores CPU
Prosesor ini menjadi yang pertama mengintegrasikan NPU (Neural Processing Unit) untuk fitur AI atau kecerdasan buatan berbasis hardware. Seperti misalnya untuk meregenerasi gambar, Windows Studio Effects untuk panggilan video, memisahkan vokal dan latar musik saat penyuntingan audio, menambahkan efek cahaya saat penyuntingan foto dll.

Intel Core 14th Gen Mobile

Prosesor generasi Ke-14 ini juga merupakan salah satu prosesor hibrid pertama Intel dengan rancangan tiga kelompok Core CPU yang berbeda, bukan dua. Di antaranya Performance Core “Redwood Cove” (P-Core), Efficiency Core “Crestmont” (E-Core), dan Low-Power Efficiency Core.

Low-Power Efficiency Cores dirancang untuk menangani tugas komputasi dasar dengan konsumsi daya yang irit. Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan waktu guna baterai yang lebih lama.

Perlu diketahui P-Core di Core 14th Gen Mobile membawa peningkatan performa dengan bandwith per core lebih besar dan daya yang lebih efisien. Sementara, performa E-Core juga ditingkatkan dengan instruksi yang lebih tinggi per clock.

3. Tiga kelas prosesor dan penamaan baru
Agar semakin mudah dikenali dan diingat, prosesor Intel Core Generasi Ke-14 mobile dibagi menjadi tiga kelas prosesor. Penamaannya juga disederhanakan.

Di kelas tertinggi akan mengusung nama “Core Ultra”. Kelas menengah dengan nama “Core” saja, dan untuk di kelas entry tiga lagi menggunakan nama “Core”.

Intel Core 14th Gen Mobile

Untuk seri prosesor kini hanya dua saja. Di antaranya H-Series untuk seri prosesor yang mengedepankan performa kencang dan U-Series untuk seri prosesor yang mengedepankan efisiensi daya. Tidak ada lagi P-Series seperti di generasi sebelumnya.

Berikut tipe dan spesifikasi prosesor Intel Core Generasi Ke-14 Mobile:

Intel Core 14th Gen Mobile

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Performa grafis lebih kencang
Satu pembaruan paling penting adalah sektor grafis terintegrasi yang kini lebih kencang. Beberapa model akan didukung chip grafis terintegrasi Arc yang menawarkan performa dua kali lebih kencang dari Iris Xe sebelumnya.

Intel Core 14th Gen Mobile

Kartu grafis terintegrasi Arc mendukung hingga empat monitor 4K, decoding berbasi hardware dan encoding AV1, H.265, dan VP9 hingga resolusi 8K, 10-bit HDR, DirectX 12 Ultimate dan Xe Super Sampling untuk upscaling mengandalkan AI atau kecerdasan buatan. Tapi, perlu diingat kartu grafis terintegrasi Arc hanya akan tersedia di seri prosesor H-Series saja.

5. Dukungan teknologi terkini
Prosesor ini juga membawa dukungan beberapa teknologi terkini. Seperti misalnya, Thunderbolt 4, WiFi 7 atau WiFi 6E, Bluetooth 5.4 atau Bluetooth 5.3, HDMI 2.1, dan DisplayPort 2.1.

6. Ketersediaan laptop dengan prosesor Intel Core 14th Gen Mobile
Laptop dengan prosesor Intel Core 14th Gen Mobile akan mulai tersedia di tahun 2024. Beberapa pabrikan seperti ASUS dan MSI bahkan sudah mengumumkan laptop pertama mereka dengan prosesor ini. Dari pabrikan ASUS yakni Zenbook 14 OLED (UX3405) dan dari MSI yakni MSI Prestige 13 AI Evo.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button