News2-in-1 notebookKomputerLaptopLaptop GamingTech NewsUltraportableWorkstation

Intel Luncurkan Prosesor Intel Core Mobile Generasi 13 dan Intel Xeon Generasi 4 di Indonesia

Intel melucnurkan prosesor 13th Gen Intel Core mobile dan prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable yang memiliki kode nama Sapphire Rapids. Di acara ini, Intel juga mengumumkan kehadiran laptop dengan prosesor terbaru dari beragam brand terkemuka seperti Acer, ASUS, Dell, HP Lenovo dan MSI, dengan harga mulai dari 10 juta rupiah.

intel 13th gen launch 2023 1

“Intel Gen 13 sekarang hadir di sini. Prosesor ini didukung peningkatan kinerja untuk menunjang pembuatan konten, edit video, bermain game dengan kecepatan tinggi hingga pengalaman overclocking terbaik bagi pengguna pemula maupun expert,” kata Alexis Crowel, Vice President, Sales Marketing & Communication Group and Managing Director Intel Asia.

Secara teknis, Intel Core Gen 13 dibangun dengan proses fabrikasi terbaru Intel, yaitu teknologi pemrosesan Intel 7 dan arsitektur x86. Prosesor ini menawarkan peningkatan performa single-threaded hingga 15 persen dan multi-threaded hingga 41 persen dibandingkan prosesor Intel Core generasi ke-12. Intel juga mengklaim bahwa prosesor generasi baru ini mampu menyaingi performa Intel generasi 12 dengan hanya separuh daya.

Tercatat ada dua andalan Intel di generasi ini, yaitu prosesor 13th Gen Intel Core H-series mobile, yang meliputi prosesor 24-core pertama untuk laptop. Lalu ada Intel Core i9-13980HX yang menjadi prosesor mobile tercepat di dunia saat ini. Intel juga telah memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel Core P-series dan U-series mobile, yang akan muncul di beragam laptop dengan desain ramping dan tipis.

Update terbaru juga hadir dalam platform laptop Intel Evo yang terus berkembang. Desain Intel Evo dengan prosesor 13th Gen Intel Core hadirkan 3 pengalaman penting:

  • Performa mobile yang responsif dan konsisten pada mode baterai, ditunjang daya tahan baterai lebih lama, instant wake, dan pengisian daya cepat.
  • Konferensi video mumpuni dengan memanfaatkan teknologi terkini seperti Intel Connectivity Performance Suite dan Intel Bluetooth LE Audio.
  • Intel Unison yang memudahkan konektivitas antar perangkat sehingga memungkinkan pesan teks, panggilan telepon, notifikasi telepon, dan transfer file dari PC ke ponsel yang mendukung Android dan iOS.

Sedangkan untuk Intel Xeon Scalable 4th Gen, sudah kami ulas di artikel berikut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button