Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah 7 Kecanggihan Baru yang Ada di Samsung Galaxy Note 7

Seperti diketahui Samsung baru saja memperkenalkan perangkat Android terbarunya yang dibekali S Pen, Galaxy Note 7. Samsung tentunya tak sekadar membenamkan hardware yang lebih baik saja dibanding pendahulunya. Berbagai fitur anyar pun tersedia.

galaxy-note7

Yang menarik, ada beberapa fitur baru yang baru kali ini dibenamkan oleh Samsung dari sekian seri Galaxy Note sebelumnya. Bahkan, ada pula fitur yang baru pertama kali ini disisipkan oleh Samsung selama kiprah mereka di ranah smartphone atau phablet.

Penasaran apa saja fitur yang dimaksud? Berikut 7 fitur canggih terbaru yang bisa Anda temukan di Galaxy Note 7:

1. Iris Scanner

galaxy note 7 iris scanner

Galaxy Note 7 adalah perangkat Android pertama Samsung yang dibekali iris scanner. Sesuai namanya, iris scanner mampu memindai dan mengenali mata penggunanya untuk membuka layar yang terkunci dengan mudah dan cepat.

Keberadaan iris scanner tentunya akan lebih meningkatkan sistem keamanan pada Galaxy Note 7 karena orang lain tidak akan bisa mengakses konten apapun di dalamnya. Tidak hanya membuka kunci, pemindai ini juga bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi atau folder yang bersifat pribadi. Meski telah berbekal iris scanner, Samsung tetap menyediakan sensor sidik jari di tombol Home.

2. Layar lengkung pertama dengan perlindungan Gorilla Glass 5

galaxy-note7_curve_phone_l

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Galaxy Note 7 tampil dengan layar Super AMOLED 5,7 inci beresolusi Quad HD. Yang berbeda dibanding Note sebelumnya, Galaxy Note 7 merupakan anggota keluarga Note pertama yang layarnya melengkung di kedua sisinya, mirip Galaxy S7 Edge.

Tak hanya itu, Galaxy Note 7 juga menjadi ponsel pertama yang sudah dilindungi kaca terbaru garapan Corning, yakni Gorilla Glass 5.

3. Teknologi tampilan Mobile HDR

Selain beberapa hal di atas, ada satu fitur lainnya yang membuat layar Galaxy Note 7 patut disorot.Ia adalah Mobile HDR, fitur yang kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan High Dynamic Range yang biasanya tersedia di TV 4K kelas atas milik Samsung. Dengan Mobile HDR, tampilan gambar pada layar Galaxy Note 7 akan terlihat lebih terang dengan kontras yang lebih baik serta warna yang sangat kaya.

Mobile HDR (kanan)
Mobile HDR (kanan)

Perbedaan antara bagian yang terang dan bagian yang gelap dari sebuah scene akan terlihat lebih jelas, dengan warna hitam yang lebih pekat. Dengan Mobile HDR, pengguna akan merasakan pengalaman yang jauh lebih memuaskan ketika memutar foto dan video.

4. Fitur penghemat daya dengan opsi mengganti resolusi layar

Seperti disebutkan di atas, layar Galaxy Note 7 memiliki resolusi Quad HD alias 1440 x 2560. Yang menarik, Galaxy Note 7 kini dibekali dengan mode penghemat daya (Power Saving Mode) terbaru yang terdiri dari tiga opsi, yakni Off, Mid, dan Max.

Galaxy Note 7 Battery

Off tentunya berarti mode ini dinon-aktifkan. Sementara pada mode Mid, fitur ini akan menekan konsumsi daya dengan menurunkan resolusi layar menjadi Full HD (1080 x 1920), menurunkan performa, dan mematikan animasi.

Di mode Max, resolusi layar Galaxy Note 7 akan turun ke 720 x 1280 (HD dengan 258ppi), sekaligus menurunkan performa agar tidak rakus daya, membatasi tingkat kecerahan layar menjadi 80 persen, serta mencegah background network usage. Dengan keberadaan fitur tersebut, Galaxy Note 7 yang memiliki baterai berkapasitas 3500mAh akan bisa menyala lebih lama.

5. S Pen lebih canggih

Seri Galaxy Note pastinya identik dengan S Pen. Di perangkat terbaru ini, Samsung menawarkan S Pen baru dengan ujung yang lebih lancip, yakni 0,7 mm. S Pen tersebut juga telah mendukung 4000 pressure point dan dijanjikan mampu memberikan pengalaman yang lebih mirip ballpoint.

Serunya lagi, S Pen ini bisa digunakan untuk menulis note di layar always on Galaxy Note 7. Beberapa fitur pendukung baru lainnya yang bisa ditemukan pada S Pen Galaxy Note 7 meliputi text magnifying glass, tool untuk penerjemah, dan fitur untuk membuat animasi dalam format GIF dengan mudah.

6. Note pertama yang tahan air

Galaxy Note 7 IP68

Seperti Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung juga menghadirkan Galaxy Note 7 dengan sertifikasi IP68. Artinya, perangkat ini anti air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Yang menarik, ketika berada di dalam air pengguna tetap bisa menulis menggunakan S Pen stylus.

7. Samsung Galaxy pertama dengan port USB Type-C

galaxy note 7 USB Type-C

Kehadiran Galaxy Note 7 sekaligus menandakannya sebagai smartphone pertama Samsung yang mengandalkan port USB Type-C, sebuah standar baru yang mampu menyajikan kecepatan transfer data tinggi serta mendukung fast charging dan USB On-The-Go.

Back to top button