Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[MWC 2016] LG G5: Smartphone Modular dengan Snapdragon 820 dan Dua Kamera Utama

LG akhirnya secara resmi mengumumkan smartphone flagship terbarunya, G5. Tidak seperti kebanyakan produk di kelas yang sama, LG G5 hadir dengan konsep yang terbilang unik.

Menurut pihak perusahaan, G5 merupakan smartphone modular pertama yang mereka luncurkan. Disebut modular karena pengguna memilik opsi untuk membongkar-pasang baterai, maupun mengubah G5 menjadi seperti kamera digital atau pemutar audio Hi-Fi menggunakan modul yang tersedia.

Desain premium, spesifikasi menggiurkan

LG G5 tampil dengan material metal dan desain yang ramping. Mengusung konsep unibody, smartphone ini dibekali baterai yang dapat dibongkar-pasang. LG menerapkan desain yang disebut Shiny Cut pada bagian sisi LG G5 untuk memberikan kenyamanan lebih ketika digenggam.LG G5Bagian depannya dilapisi kaca dengan desain 3D Arc Glass yang memberikan lekukan lembut pada keseluruhan sisi bodi, dan berpadu dengan pewarnaan logam melalui proses khusus bernama microdizing. Kombinasi ini membuat keseluruhan tampilan fisik dari smartphone tersebut terlihat elegan.

G5 memiliki layar berukuran 5.3 inci dengan fitur ‘always-on’ yang mampu menampilkan beberapa informasi penting tanpa harus menyalakan layar dari posisi terkunci. Hal ini dimungkinkan karena LG G5 memiliki chip kedua yang bertugas membuat layar tetap menyala, namun tetap hemat baterai karena hanya mengonsumsi daya 0,8 persen per jam.

Soal performa, G5 dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 820 yang ditemani RAM 4 GB. Memori internal yang tersedia sebesar 32 GB dan tetap menyediakan slot microSD. Seperti pada kebanyakan smartphone anyar belakangan ini, LG tak lupa menyisipkan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang smartphone.

Dibekali dua kamera utama

G5 tidak hanya menawarkan satu, melainkan dua kamera utama sekaligus. Kamera yang satu memiliki Field of View 75 derajat dengan sensor 16 megapixel, sementara yang lainnya menggunakan sensor 8 megapixel 135 derajat. Kamera ini juga didukung laser autofocus, OIS, dan LED flash. Bagi yang gemar selfie, LG G5 menyediakan kamera depan 8 megapixel.

LG CAM Plus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, LG G5 merupakan smartphone modular. Artinya, pengguna bisa membongkar pasang bagian tertentu pada smartphone ini dan menambahkan modul sesuai kebutuhan.LG CAM PlusModul pertama adalah LG CAM Plus, yang merupakan modul kamera untuk LG G5 yang dapat dipasangkan melalui slot baterai. Modul ini memiliki beberapa tombol fisik seperti power, shutter, record, zoom dan indikator LED. Disebut sebagai modul yang bisa mengubah G5 menjadi kamera digital, LG CAM Plus pun menawarkan penggunaan fungsi auto focus dan exposure lock yang lebih intuitif. Modul ini juga memberikan tambahan kapasitas baterai mencapai 1200 mAh.

LG Hi-Fi PlusLG HiFi PlusBerkolaborasi dengan B&O Play, LG Hi-Fi Plus adalah perangkat audio Hi-Fi portable DAC yang dapat disematkan pada LG G5. modul ini mampu meningkatkan kualitas audio menjadi 32 bit Hi-Fi DAC, dan bisa memainkan lagu dengan kualitas 32 bit 384KHz. Yang menarik, LG Hi-Fi Plus dapat digunakan secara terpisah sebagai perangkat Hi-Fi DAC dengan menyambungkan pada smartphone lain maupun PC.

Beredar mulai April 2016

LG berencana mulai memasarkan jagoan barunya ini pada April 2016 mendatang. Sayangnya belum ada kejelasan negara mana saja yang pertama dituju oleh G5. Selain itu, informasi mengenai harga pun belum diumumkan.

[table]Spesifikasi;LG G5
SoC;Qualcomm Snapdragon 820
GPU;Adreno 530
Layar;IPS 5.3 inci 1440 x 2560, 554 ppi (Gorilla Glass 4)
RAM;4 GB
Memori Internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 16 megapixel (75 derajat) dan 8 megapixel (135 derajat) dengan laser autofocus, OIS, flash / Depan 8 megapixel
Baterai;2800 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, BDS, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, USB type-C
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;Fingerprint scanner, Quick Charge 3.0
Dimensi;149.4 x 73.9 x 7.7 mm (berat 159 gram)
[/table]
Back to top button