Tips Melindungi Akun Instagram dari Penipuan Lewat DM dan Email

Kejahatan siber bisa dialami oleh semua pengguna media sosial, termasuk Instagram. Karena itu, penting bagi kita untuk mengenali metode kejahatan tersebut lebih jauh agar mampu melindungi akun pribadi dan data-data privasi di dalamnya dari serangan hacker.

Ilustrasi hacker
image credit: Thisdata.com

Di Instagram, metode phising yang berpotensi mengancam para pengguna adalah melalui DM alias Direct Message. Caranya pun cukup beragam, misalnya menawarkan verifikasi hanya dengan meng-klik link yang terdapat di dalam pesan atau mengatasnamkan Instagram dan menyebutkan akun Anda akan dihapus.

alam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Instagram membagikan beberapa tips untuk Anda para pengguna agar terhindar dari kejahatan semacam ini. Yuk, langsung saja simak!

1. Instagram tidak pernah menghubungi pengguna melalui DM

Satu hal yang wajib Anda ingat, Instagram tidak pernah menghubungi pengguna melalui Direct Message (DM). Yang biasa dialami para korban adalah menerima pesan bernada mengancam bahwa akun Anda akan segera ditutup karena melanggar kebijakan Instagram.

svg%3E
source: Engadget.com

 

Bahkan di beberapa kasus, pelaku phishing melancarkan aksinya dengan menggunakan akun terverifikasi yang mereka dapatkan setelah melakukan peretasan akun figur publik. Berkaitan dengan hal ini, Instagram hanya akan menggunakan email sebagai jalur komunikasi utama dengan para pengguna.

svg%3E

2. Cek identitas pengirim email

Aksi phising juga sering dilakukan lewat email dengan mengatasnamakan Instagram atau Facebook. Yang wajib digarisbawahi, jangan pernah meng-klik link apapun ketika Anda menerima email yang mencurigakan. Selain link, isinya pesannya pun biasanya bernada ancaman dan menuduh Anda telah melakukan pelanggaran kebijakan. Cek email dengan teliti karena biasanya Anda akan menemukan typo di bagian alamat email pengirim, contohnya Instgram, Inst4gram, Instagram1, 1nstagram.

3. Validasi kebenaran email tersebut melalui fitur Emails from Instagram

Email from Instagram merupakan fitur keamanan Instagram yang dapat digunakan untuk membantu pengguna melakukan verifikasi email. Tujuannya tentu untuk memastikan email yang diterima adalah email resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram, bukqn email palsu. Jika email yang Anda terima tercantum dalam daftar Email from Instagram, maka dapat dipastikan bahwa email tersebut merupakan email resmi Instagram.

Untuk mengakses fitur Email from Instagram, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka “Settings atau Pengaturan” dengan menekan ikon tiga garis di sudut kanan atas profil Instagram
  • Pilih “Security atau Keamanan”
  • Pilih “Email from Instagram dan Email dari Instagram”.

4. Aktifkan fitur Autentikasi Dua Faktor

Untuk mendapatkan perlindungan keamanan yang lebih baik, jangan lupa mengaktifkan fitur Autentikasi Dua Faktor. Kalau belum tahu caranya, langsung saja klik tautan berikut ini.

Jika akun Instagram Anda telah diretas, maka Anda dapat mengambil alih akun Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada https://help.instagram.com/149494825257596. Semoga artikel kali ini bermanfaat!