Quantcast
Tips

[Tips] 5 Cara Meningkatkan Kualitas WiFi di Rumah

WiFi sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar keluarga di Indonesia saat ini. Dengan koneksi WiFi, pengguna bisa terhubung ke internet dengan lebih nyaman tanpa khawatir kuota data di ponsel cepat habis.

Selain itu, koneksi WiFi juga dibutuhkan oleh beragam perangkat lainnya di rumah. Misalnya Smart TV, komputer/laptop, konsol game, hingga perangkat home appliance pintar seperti AC maupun mesin cuci.

Namun bukan berarti semua koneksi WiFi selalu menghadirkan internet berkecepatan tinggi. WiFi yang lemot dan tidak stabil sering menjadi keluhan banyak orang saat sedang bermain game online atau menonton layanan streaming seperti YouTube dan Netflix.

Perlu digarisbawahi, kecepatan internet dari router WiFi yang ada di rumah tetap bergantung pada provider dan paket langganan Anda. Meski begitu, kendala juga bisa terjadi akibat kesalahan penggunanya sendiri.

Nah, dalam siaran pers yang diterima YANGCANGGIH, Senin (27/11), Biznet membagikan beberapa cara meningkatkan kualitas WiFi di rumah Anda. Langkah-langkahnya mudah dan sederhana. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Cara meningkatkan kualitas WiFi di rumah

Cara meningkatkan kualitas WiFi

1. Posisikan router di tempat yang tepat

Cara meningkatkan kualitas WiFi yang pertama adalah memastikan router terletak di tempat terbuka dan bebas dari hambatan fisik seperti tembok atau furniture yang besar. Hindari menyimpan router di dalam lemari atau sudut ruangan yang tertutup, karena hal ini dapat membatasi jangkauan sinyal.

Selain itu letakkan router di permukaan yang agak tinggi, seperti meja atau rak, agar sinyal dapat menyebar lebih jauh dan mencapai lantai atas dengan lebih baik. Untuk Anda yang rumahnya lebih dari satu lantai, ada baiknya menambahkan alat bernama Repeater untuk memperluas jangkauan sinyal.

2. Batasi jumlah perangkat yang terhubung

Tips ini dianjurkan untuk Anda yang jumlah anggota keluarganya ramai dan masing-masing punya beberapa perangkat yang terhubung ke WiFi sekaligus. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda, semakin terbagi pula bandwidth yang tersedia. Ini dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lambat dan tidak stabil.

Anda bisa upgrade langganan ke paket yang lebih tinggi dan menggunakan router dengan kapasitas lebih besar. Pertimbangkan juga untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung secara bersamaan, atau membagi bandwidth secara merata ke masing-masing perangkat. Jika tidak tahu caranya, minta bantuan teknisi.

Cara meningkatkan kualitas WiFi 3
image credit: www.eiresystems.com

3. Update firmware

Cara meningkatkan kualitas WiFi selanjutnya adalah memastikan bahwa firmware router Anda selalu diperbarui. Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kinerja WiFi. Saat produsen merilis pembaruan firmware baru, biasanya mereka juga melakukan perbaikan.

4. Atur jadwal restart rutin

Sebagian router yang bekerja terus-menerus dalam waktu lama memang sebaiknya di-restart. Jika perlu, atur jadwal restart rutin misalnya sebulan atau dua bulan sekali.

5. Gunakan password yang kuat

Jika jaringan Anda tidak dilindungi dengan sandi yang kuat, orang asing atau tetangga yang tidak bertanggung jawab dapat ikut mengakses jaringan Anda. Gunakan password yang agak rumit, atau boleh juga sesekali mengganti password lama dengan yang baru.

Itulah beberapa cara meningkatkan kualitas WiFi di rumah. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button