Quantcast
TipsMobile GadgetNewsSmartphone

Tips Terhindar dari Membeli Smartphone Bekas Kredit yang Belum Lunas

Membeli smartphone bekas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan perangkat idaman dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, di era sekarang ini membeli smartphone bekas harus lebih teliti agar tidak mendapatkan hp bekas kredit.

Kalau dulu kita hanya perlu memastikan fisik dan semua fiturnya masih bekerja dengan baik, sekarang kita juga wajib mencari tahu apakah smartphone bekas yang hendak kita beli masih terlilit cicilan kredit yang belum lunas atau tidak.

Nah, agar terhindar dari membeli smartphone bekas kredit yang belum lunas, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui dampak buruknya dan beberapa tips sederhana yang wajib Anda terapkan.

Dampak negatif membeli smartphone bekas kredit yang belum lunas

bekas kredit

Perlu diketahui bahwa sebagian aplikasi kredit yang digunakan sebagai pembiayaan ketika tangan pertama membeli perangkat tersebut dapat ‘nyangkut’ di dalam smartphone, sampai cicilannya benar-benar lunas.

Dampak buruknya adalah aplikasi ini bisa mengunci hp ketika cicilan menunggak alias sudah melewati tanggal jatuh tempo pembayaran. Karena kita tidak tahu hp yang dibeli masih dicicil, hal ini dapat terjadi beberapa hari setelah kita membeli hp.

Misalnya Anda membeli ponsel pada tanggal 17 Juli 2023, sementara jatuh tempo pembayaran baru pada tanggal 20 Juli 2023, Maka bisa saja di tanggal 21 Juli ke atas hp Anda akan terkunci karena pemilik sebelumnya tidak lagi melanjutkan cicilan.

Berbeda dengan ponsel Samsung yang tidak dapat diganti SIM card-nya jika masih dalam status kredit. Dalam hal ini, Samsung memang memiliki kerja sama dengan Kredivo untuk menerbitkan pembiayaan bernama Samsung Finance+.

Samsung Finance+ menerapkan parameter khusus pada Knox, yang akan berjalan sebelum ponsel menjalankan OS Android. Jadi walaupun sudah kita reset, tetap saja Knox akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Nah, salah satu parameter yang diterapkan di Knox adalah SIM card yang digunakan wajib yang terdaftar pada Samsung Finance+. Jika SIM card diganti, barulah Knox akan mengunci ponsel.

tips smartphone bekas kredit 2

Tips membeli hp bekas

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk memastikan hp second yang hendak Anda beli bukan hp bekas kredit yang cicilannya belum lunas.

  1. Cabut SIM card dan ganti dengan SIM card Anda. Kalau tiba-tiba terkunci, berarti itu adalah hp bekas kredit yang belum lunas.
  2. Cek aplikasi admin perangkat di Pengaturan/Settings. Kalau ada aplikasi sistem selain perangkat, bisa jadi itu merupakan hp kreditan.
  3. Lakukan Factory Reset di tempat sebelum Anda melakukan pembayaran. Jika setelah di-reset pabrik ponselnya meminta password nomor nasabah, maka itu adalah hp bekas kredit.
  4. Cek apakah terdapat aplikasi kredit yang ter-install selain aplikasi bawaan.

Itulah beberapa tips untuk memastikan hp tidak terlibat cicilan kredit yang belum lunas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button