Quantcast
ReviewKomputerLaptop Gaming

Review ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G)

Laptop 14 Inci untuk Gamer dan Content Creator

ASUS ROG Zephyrus G14 GA401 2
8.4
Cek Harga

Ketika membicarakan laptop gaming, ASUS pastinya menjadi salah satu nama yang selalu hadir di benak semua gamer. Tidak heran, melalui brand ROG andalannya, ASUS sangat rajin menelurkan berbagai produk yang inovatif. Contohnya ASUS ROG Zephyrus G14.

Berbeda dengan kebanyakan laptop gaming yang beredar di pasaran, ASUS ROG Zephyrus G14 mengedepankan bodi yang ringkas dan ringan sehingga lebih nyaman dibawa bepergian. Meski tergolong ramping, komposisi hardware yang diusungnya tidak tanggung-tanggung.

Penasaran seperti apa kemampuan ASUS ROG Zephyrus G14? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain ASUS ROG Zephyrus G14

Satu hal yang patut diapresiasi dari desain ASUS ROG Zephyrus G14 adalah tampilan eksteriornya yang minimalis dengan tetap menyuguhkan sisi futuristik untuk mempertahankan identitasnya sebagai anggota keluarga ROG. Desain seperti ini menurut kami membuat ROG Zephyrus G14 tidak hanya cocok untuk para gamer, tetapi juga para pekerja profesional yang membutuhkan laptop dengan kinerja tinggi.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 4

Varian yang kami review adalah Moonlight White. Sekilas kesan yang ingin dikedepankan lebih ke arah elegan dan low profile. Kami yakin, membawa ROG Zephyrus G14 Moonlight White ketika bertemu dengan klien, kerja di coffee shop, atau saat meeting di kantor tidak akan terlihat berlebihan.

Kalau Anda ingin menarik perhatian, ROG Zephyrus G14 memiliki sebuah fitur unik bernama AniMe Matrix. Fitur tersebut terdiri dari 1.215 mini LED yang dapat menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14.

Anime Matrix ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 7

Serunya lagi, Anda juga bisa mengatur dan memodifikasi apa yang ingin ditampilkan lewat AniMe Matrix melalui aplikasi Armoury Crate. Anda bisa memasukkan gambar, animasi, hingga notifikasi baterai atau mode equalizer yang akan singkron dengan audio.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 7

Seperti disebutkan di atas, ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming yang ringkas, ringan, serta mudah dibawa bahkan dimasukkan ke dalam sling bag sekalipun. Ketebalannya hanya 1,79cm dengan panjang dan lebar 32,4 x 22,4cm. Bobotnya 1,6 kilogram saja. Ukuran dan berat yang menurut kami masih bisa bersaing dengan laptop tipis mainstream.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 6

Sedikit membahas soal keyboard, ASUS menyebutkan bahwa meski bodinya lebih ramping, keyboard pada ROG Zephyrus G14 menggunakan layout dan fitur yang kurang lebih sama dengan yang digunakan ASUS pada laptop ROG seri lainnya.

Selama kami melakukan pengujian kami menilai keyboard ini cukup nyaman untuk bermain game dan bekerja. Feedback-nya lumayan, travel distance-nya asyik, jarak antar tombol pas, dan ada LED backlit tiga level. Teknologi N-Key Rollover kembali hadir untuk membuat setiap input diterjemahkan dengan akurat.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 3

Di sebelah kanan atas keyboard Anda akan menemukan tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Namanya SSO Power Button. Menurut ASUS, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan teknologi tersebut.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 5

Soal ketersediaan I/O ports, ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki audio jack combo 3.5mm, HDMI 2.0b, USB 3.2 Gen 2 Type-C (support display/PD), USB 3.2 Gen 2 Type-C, dan 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A. Konektivitasnya didukung modul WiFi 6 (Gig+) terbaru alias 802.11ax.

Layar ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS meracik layar pada ROG Zephyrus G14 agar ideal digunakan tidak hanya oleh para gamer, tetapi juga kreator konten. Ukurannya 14 inci dan tersedia dalam dua opsi sesuai dengan tipenya. Yang kami review adalah yang mengusung layar QHD 2560 x 1440 pixel dengan refresh rate 60Hz saja. Ada pula tipe dengan layar Full HD 144Hz.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 1

Tentunya masing-masing opsi layar memiliki keunggulan tersendiri. Tinggal Anda mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah ingin memakai ROG Zephyrus G14 100 persen untuk gaming, atau sebagai perangkat untuk mengerjakan konten kreatif. Yang pasti, kedua opsi layar ROG Zephyrus G14 telah dikalibrasi untuk akurasi warnanya dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Performa ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14 yang kami ulas di artikel ini adalah yang mengandalkan prosesor AMD Ryzen 9 4900HS (dengan Radeon Graphics). Bisa dibilang, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop 14 inci ultra tipis pertama yang mampu hadir dengan konfigurasi prosesor hingga 8 core dan 16 thread.

Sementara untuk kebutuhan kinerja grafis yang lebih berat dipercayakan kepada GPU Nvidia RTX 2060 Max-Q GDDR6 6 GB 192-bit. Sekadar mengingatkan, GPU ini telah mendukung fitur real-time Ray Tracing. RAM yang dibenamkan sebesar 16 GB DDR4, sementara storage-nya SSD 1TB M.2 NVMe PCIe3.0.

Armoury Crate

Yang lebih menarik, melalui aplikasi Armoury Crate Anda bisa memilih mode performa sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Silent, Performance, hingga Turbo. Tentunya jika menginginkan performa gaming yang maksimal, Anda wajib memilih mode Turbo.

Kami mencoba memainkan beberapa game untuk untuk menguji seperti apa kemampuan dari ROG Zephyrus G14. Langsung saja simak hasilnya:

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider Screenshot 2020.12.06 09.25.12.95

Game ini bisa dimainkan di setting Highest resolusi 1440p dengan lancar tanpa kendala. Frame rate rata-rata yang disajikan sekitar 56fps tanpa mengaktifkan Ray Traced Shadow Quality. Sementara dengan Ray Traced Shadow Quality di setting High average fps-nya menjadi 33.

Shadow of the Tomb Raider Screenshot 2020.12.06 09.32.51.25

Red Dead Redemption 2

RDR2 bisa berjalan mulus di resolusi 1440p dengan setting grafis rata-rata medium-high. Frame rate maksimalnya mencapai 110, sementara frame rate rata-rata berada di kisaran 58fps.

Red Dead Redemption 2 Screenshot 2020.12.06 10.23.44.76

Call of Duty: Warzone

Pada resolusi 1080p dengan setting grafis High, game bisa dimainkan di kisaran frame rate 80-90an fps. Sementara ketika mengubah resolusi ke 1440p, frame rate rata-rata yang didapat berada di kisaran 50an fps.

Selain game, kami juga melakukan pengujian dengan menggunakan beberapa software benchmark seperti PCMark 10, 3DMark, Cinebench R23, dan CrystalDiskMark. Berikut hasil pengujiannya:

Sistem pendingin dan baterai ASUS ROG Zephyrus G14

Sistem pendingin pada ASUS ROG Zephyrus G14 menggunakan modul khusus dengan heatsink yang ebih tipis. Hal tersebut memungkinkan jumlah fin yang dipasang lebih banyak dan total luas permukaan untuk menyebarkan panas menjadi lebih luas.

Ditambah dengan kipas yang memiliki jumlah fan blade lebih banyak dari laptop yang lain, ROG Zephyrus G14 tidak hanya memiliki sirkulasi udara yang terjamin tetapi juga performa pendinginan lebih baik secara keseluruhan. ASUS juga merancang engsel ErgoLift yang membuat bodi utama terangkat ketika layarnya dibuka agar rongga udaranya lebih luas. Ya, sekilas tampak bisa diandalkan.

ASUS ROG Zephyrus G14 Ryzen 9 2

Walaupun demikian, kami menilai ada saatnya sistem pendingin ini kurang mampu menyebarkan panas dengan optimal saat diajak menjalankan game-game berat. Pada bagian antara touchpad dengan tombol space panasnya lumayan berlebihan. Di keyboard area WASD dan sisi sebelah kiri maupun kanan keyboard juga terasa panas hingga mampu membuat tangan kami berkeringat. Kabar baiknya, performanya cenderung stabil.

Soal baterai, ASUS ROG Zephyrus G14 punya daya tahan yang cukup baik saat sedang diajak melakukan pekerjaan ringan. Bagi kami yang berprofesi sebagai penulis dan tidak terlalu butuh aplikasi yang menuntu kinerja kinerja tinggi, menggunakan laptop ini untuk menyelesaikan tugas terasa menyenangkan. Daya tahan baterainya tergolong lama. Pengujian dengan PCMark 10 (work mode) mampu menembus 9 jam.

ASUS ROG Zephyrus G14 3

Sekadar informasi, ROG Zephyrus G14 dibekali adapter charger 180W. Menurut ASUS, agar bisa memberikan performa maksimal, gamer wajib memasang charger 180W ini. Meski begitu, baterai ROG Zephyrus G14 tetap bisa diisi ulang dengan charger 65W.

Kesimpulan

Langkah ASUS untuk menghadirkan laptop gaming berperforma tinggi dalam kemasan desain yang ringkas dan mudah dibawa bepergian patut mendapat apresiasi tinggi. ROG Zephyrus G14 terbukti berhasil menjadi perangkat yang tidak hanya berfungsi sebagai mesin game saja, tetapi juga ideal untuk menunjang pekerjaan para profesional yang selalu mobile.

ASUS ROG Zephyrus G14 GA401 2

Bagi yang berminat, ASUS ROG Zephyrus G14 dengan layar 1440p beserta spesifikasi yang sama seperti yang kami ulas di artikel ini dijual dengan harga 34 juta rupiah.

Kelebihan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G):

  • Desain ringkas dan ringan untuk ukuran laptop gaming
  • AniMe Matrix mampu menyajikan tampilan yang keren
  • Layar WQHD PANTONE Validated Display
  • Performa kencang, cocok untuk gaming dan editing video
  • Storage ngebut
  • Baterai tergolong awet
  • Armoury Crate memudahkan gamer mengakses berbagai fitur
  • Audio cukup mantap

Kekurangan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G):

  • Bodi panas di area tertentu, terkadang mengganggu kenyamanan bermain
  • Akan lebih menarik jika dibekali webcam
  • Tidak ada card reader

ASUS ROG Zephyrus G14 (layar WQHD) ideal untuk: Gamer yang sering bepergian. Content creator yang membutuhkan perangkat untuk bekerja secara mobile.

ASUS ROG Zephyrus G14 (layar WQHD) kurang ideal untuk: Hardcore gamer yang kurang membutuhkan laptop ramping. Gamer yang butuh layar dengan refresh rate tinggi.

ASUS ROG Zephyrus G14 GA401 2
ASUS ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14 terbukti berhasil menjadi perangkat yang tidak hanya berfungsi sebagai mesin game saja, tetapi juga ideal untuk menunjang pekerjaan para profesional yang selalu mobile.
8.4
Cek Harga
Back to top button