Quantcast

Review Lenovo IdeaPad Y900-17ISK

Lenovo terlihat sangat rajin membawa produk-produk kategori gaming mereka ke Indonesia. Bahkan di ranah laptop, Lenovo punya dua produk andalan dari keluarga IdeaPad Y-series, yakni IdeaPad Y700 yang pernah kami review sebelumnya, dan IdeaPad Y900-17ISK yang akan kami bahas kali ini.

Sebagai seri termahal dengan harga yang mengharuskan merogoh kocek cukup dalam, tentunya calon pembeli IdeaPad Y900-17ISK mengharapkan kombinasi hardware papan atas yang sanggup menangani game-game terbaru. Apalagi, Lenovo mengklaim IdeaPad Y900 lebih ditujukan untuk gamer kelas enthusiast. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan kami.

Desain tetap bongsor dan berat

Pada seri IdeaPad Y700 yang sempat kami review sebelumnya, desain merupakan sektor yang menjadi kelebihan dari laptop tersebut. IdeaPad Y900 pun demikian. Tampil dengan bodi yang gahar dan kokoh dengan nuansa gaming yang kental, Anda akan kembali menemukan layar dengan engsel yang tidak 100 persen terhubung dengan keyboard.

Dua speaker besar masih terlihat di sisi kiri dan kanan atas keyboard. Pada bagian palm rest, Lenovo menambahkan motif kasar dengan lapisan karet yang membuatnya nyaman ketika bersentuhan dengan kulit sekaligus tidak licin.

Di bagian belakang layar, nampak logo Lenovo di pojok atas serta huruf Y berwarna di tengah yang identik dengan seri laptop gaming mereka. Lampu RGB mewarnai bagian keyboard dan frame di atasnya yang memisahkannya dengan engsel. Anda pun akan menemukan lampu serupa di sekeliling touchpad. Dengan tambahan ornamen-ornamen berwarna merah di sana sini, Lenovo IdeaPad Y900 semakin terlihat keren.

Posisi ventilasi untuk pembuangan hawa panas berada di belakang yang artinya tidak akan mengganggu kenyamanan Anda meski kipas sedang bekerja maksimal. Perlu diketahui, Lenovo membenamkan teknologi Advanced Dual Cool Thermal dengan 2 kipas untuk melancarkan sirkulasi udara.

Soal ketersediaan port, pada sisi sebelah kiri keyboard Anda akan menemukan dua USB 3.0, satu USB Type-C, HDMI, DisplayPort, Gigabit Ethernet, dan port untuk charging. Sedangkan di bagian kanan, ada sepasang USB 2.0, 6-in-1 card reader, jack untuk audio dan microphone, serta security lock.

Namun perlu digarisbawahi, Lenovo IdeaPad Y900 masih memiliki masalah klasik yang memang wajar ditemukan pada laptop gaming dengan spesifikasi tinggi. Ya, ukurannya yang besar dan bobotnya yang berat (mencapai 4,4 kilogram) membuatnya kurang nyaman untuk dibawa bepergian.

Layar enak dipandang, audio bertenaga berkat speaker JBL

Lenovo IdeaPad Y900 dibekali layar anti-glare dengan panel IPS berukuran 17,3 inci dan resolusi maksimal Full HD. Tampilan warnanya, ketajaman gambar, dan tingkat kecerahannya tergolong memuaskan.

Layar tersebut memiliki 107 persen sRGB color gamut, serta dibekali fitur Nvidia G-Sync. Artinya, dengan dukungan G-Sync Anda bisa mendapatkan grafis yang lebih smooth pada frame rate yang tinggi ketika sedang bermain game.

Beralih ke sektor audio, speaker plus subwoofer JBL yang dibenamkan pada IdeaPad Y900 benar-benar menjadi nilai plus. Didukung software Dolby Audio, menurut kami kualitas audionya terdengar bertenaga sekaligus jernih.

Tidak hanya untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih hidup, kombinasi layar dan audio pada IdeaPad Y9000-17ISK tentunya juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati konten-konten video seperti film HD, maupun sekadar mendengarkan musik favorit.

Keyboard mekanikal mantap

Nah, inilah yang menjadi salah satu bagian yang paling kami suka dari Lenovo IdeaPad Y900. Keyboard mekanikal! Menurut kami, keyboard pada laptop gaming ini mampu memberikan tactile response yang mantap layaknya keyboard mekanikal garapan brand-brand ternama. Padahal, Lenovo membenamkan switch mekanikal milik mereka sendiri, tidak mengadopsi switch populer seperti contohnya Cherry MX.

Suara klik yang dihasilkan juga tidak terlalu berisik. Jarak antar tombol cukup untuk memberikan kenyaman dalam mengetik. Anda pun tak perlu menekan tombol secara penuh untuk mendapatkan respon. Keyboard ini juga cocok untuk Anda yang sering mengetik secara cepat.

Yang lebih menarik, keyboard IdeaPad Y900 memiliki efek lampu yang bisa dikostumisasi. Tidak seperti laptop gaming mereka sebelumnya yang identik dengan warna merah. Tombol WASD terlihat diperlakukan dengan spesial karena tampil dengan warna yang berbeda.

Performa gaming papan atas

Sebagai seri tertinggi di jajaran laptop gaming Lenovo IdeaPad Y-series, Y900-17ISK nampak sedikit kurang maksimal karena belum menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 10-series. Walaupun demikian, bukan berarti performanya bisa dipandang sebelah mata.

Berbekal prosesor Intel Core i7 6820HK, kartu grafis GTX 980M dengan VRAM 8 GB, dan RAM DDR4 32 GB (2 x 16 GB), Lenovo IdeaPad Y900 sanggup menjalankan berbagai judul-judul game terbaru dengan baik. Lenovo menyediakan tombol Turbo yang bisa diakses dengan cepat dan berfungsi untuk meningkatkan kinerjanya secara instan.

Storage-nya pun menawarkan performa yang kencang dengan dual SSD 512 GB (2 x 256 GB RAID 0). Bagi yang butuh penyimpanan data berukuran besar, Lenovo IdeaPad Y900-17ISK juga menyediakan harddisk berkapasitas 1 TB.

Kami mencoba memainkan beberapa game populer yang dikenal menuntut kinerja hardware yang tinggi, yakni Rise of the Tomb Raider, Project CARS, serta game open world garapan Rockstar yang masih sangat diminati para gamer di Indonesia, Grand Theft Auto V. Berikut hasil pengujian kami:

  • Rise of The Tomb Raider: Menggunakan pengaturan grafis di level High, resolusi 1080p, anisotropic filter 4X, dan Tessellation ON, kami mendapatkan rata-rata 58,94 fps. Cukup memuaskan.
  • Project CARS: Game racing ini mampu berjalan dengan fps rata-rata 40 hingga 50-an. Pengaturan yang kami gunakan adalah High dengan FXAA off, SMAA Ultra, dan Car Detail Environment Ultra. Pada mode first-person, frame rate-nya terasa lebih baik.
  • Grand Theft Auto V: GTA V memang bukan game terbaru. Karena itu, wajar jika game ini mampu berjalan dengan maksimal di IdeaPad Y900. Di pengaturan Very High (1080p) dengan MSAA 4x dan FXAA ON, GTA V stabil di frame rate 50 hingga 60-an.

Lalu, bagaimana dengan suhunya? Sejauh kami mencoba memainkan game-game yang berat, teknologi Advanced Dual Cool Thermal dengan 2 kipas yang melancarkan sirkulasi udara bekerja dengan sangat baik. Tidak ada rasa hangat di palm rest maupun keyboard yang berpotensi mengganggu kenyamanan bermain. Tapi satu kekurangannya, kipas pembuangan panasnya terdengar berisik!

Untuk lebih menggambarkan performa dari Lenovo IdeaPad Y900-17ISK, berikut kami sajikan hasil dari beberapa benchmark:

Baterai standar laptop gaming

Beberapa laptop gaming dengan spesifikasi gahar memang belum mampu menawarkan keawetan baterai yang memuaskan. Lenovo IdeaPad Y900 pun demikian. Untuk penggunaan standar seperti browsing menggunakan WiFi, mengetik, dan sesekali menonton video di YouTube, laptop ini bisa menyala hingga 3,5 jam. Jika digunakan untuk bermain game, tentunya baterai akan lebih cepat habis.

Kesimpulan

Seperti laptop gaming garapan Lenovo sebelumnya, IdeaPad Y900-17ISK mampu tampil cukup baik untuk menjadi salah satu kompetitor utama di persaingan kategori tersebut. Desainnya yang keren serta performanya yang bisa diandalkan membuat laptop ini layak masuk dalam daftar belanja para gamer yang mobile.

Keyboard menjadi nilai jual utama yang menurut kami juga akan disukai oleh gamer-gamer yang terbiasa menggunakan keyboard mekanikal di desktop mereka. Selain itu, fitur pendukung lainnya seperti Nvidia G-Sync dan tombol Turbo untuk meningkatkan performa secara instan jelas menjadi poin plus.

Dijual dengan harga Rp34.999.000, Lenovo IdeaPad Y900-17ISK adalah opsi yang menarik bagi yang mencari laptop gaming kelas atas dengan fitur komplit.

Yang Canggih:

+ Desain keren
+ Layar lebar dan enak dipandang
+ Sudah dibekali Nvidia G-Sync
+ Audio mantap berkat speaker JBL
+ Keyboard mekanikal yang memuaskan
+ Performa gaming bisa diandalkan
+ Teknologi Advanced Dual Cool Thermal menjaga suhu tidak panas
+ Tombol Turbo untuk meningkatkan performa

Yang Kurang:

– Bodi bongsor dan berat
– Kipas lumayan berisik ketika kinerja sedang tinggi
– Harga kurang kompetitif

Lenovo IdeaPad Y900-17ISK
Lenovo IdeaPad Y900 adalah opsi yang menarik bagi gamer yang membutuhkan performa tinggi dan menyukai keyboard mekanikal yang nyaman

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: