Review Lenovo IdeaPad Y700

Ranah gaming memang selalu menjadi target yang menarik bagi setiap produsen laptop. Lenovo pun demikian. Seolah tak mau ketinggalan dengan para pesaingnya, Lenovo telah menyiapkan IdeaPad Y700 sebagai salah satu andalannya untuk menarik minat para gamer yang mobile.

Ingin tahu seperti keunggulan dari laptop yang dibekali spesifikasi bertenaga ini? Langsung saja simak ulasannya.

Desain bongsor dan berat

Lenovo IdeaPad Y700 Review (3)

Masalah utama dari sebagian besar laptop gaming adalah bobotnya yang berat. Selain karena ukuran layar yang biasanya besar, berbagai hardware di dalamnya pun menjadi faktor penentu apakah laptop tersebut nyaman diajak bepergian atau tidak.

Lenovo IdeaPad Y700 memiliki ketebalan sekitar 2,79 cm. Bobotnya mulai dari 3,5 kilogram. Perpaduan tersebut tentunya menjadikan Y700 kurang nyaman jika Anda memasukkannya ke dalam tas dan menggendongnya untuk waktu yang lama.

Dari segi desain, laptop berlayar 17 inci tampil dengan nuansa gaming yang kental. Bodinya berbalut warna hitam dengan bahan alumunium yang semakin membuatnya nampak gahar dan kokoh. Di sisi kiri dan kanan atas speaker, ada ruang yang membuat layarnya tidak 100 persen menyatu dengan keyboard.

Lenovo menambahkan ornamen warna merah pada speaker serta backlight di setiap tombol keyboard dengan warna senada. Selain itu, Lenovo IdeaPad Y700 juga memiliki sistem pembuangan panas khusus yang terletak di bawah engsel untuk menjaga suhu agar tidak overheat selama bermain game.

Dari segi kelengkapan konektivitas, laptop ini terbilang standar. Anda akan menemukan 2x USB 3.0, 1x USB 2.0, HDMI, Ethernet, Card Reader, dan port 2-in-1 audio combo jack. Posisi setiap port tidak akan saling mengganggu ketika digunakan bersamaan.

Layar memuaskan, audio mantap berkat speaker JBL

Lenovo IdeaPad Y700 hadir dengan layar IPS Anti-Glare berukuran 17 inci dan resolusi Full HD alias 1920 x 1080. Berbekal ratio 16:9, layar ini sangat memuaskan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan, mulai dari browsing, menonton film, dan pastinya saat bermain game.

lenovo-laptop-ideapad-y700

Tampilannya sangat tajam dan warna yang dikeluarkan cemerlang. Ini membuat layar pada Y700 juga cocok untuk mendukung kegiatan lain seperti mengedit foto maupun mengedit video.

Acungan jempol juga pantas ditujukan pada sektor audio dari Lenovo IdeaPad Y700. Kembali menggandeng JBL, laptop ini dibekali 2 x 2W speaker di kiri dan kanan ditambah subwoofer yang terletak di bagian bawah, plus dukungan Dolby Home Theater.

Kualitas suara yang dihasilkan memang mantap. Jernih dan bertenaga. Bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film pun menjadi lebih maksimal. Selain itu, Lenovo tak lupa menyediakan software pendukung Dolby Audio agar Anda bisa mengatur keluaran suara sesuai selera.

Lenovo Y700 Dolby audio

Keyboard enak untuk mengetik

Seperti pada kebanyakan laptop Lenovo lainnya, Y700 juga memiliki keyboard yang enak digunakan untuk mengetik. Feedback yang terasa cukup mantap. Ditambah lampu berwarna merah, Anda akan lebih mudah mengetik dengan cepat bahkan di ruangan gelap sekalipun.

Lenovo IdeaPad Y700 Review (1)

Sayangnya, Lenovo tidak memberikan perlakuan khusus pada keyboard ini untuk mendukung fungsi gaming yang diusungnya. Contohnya, tombol WASD tidak ditampilkan dengan warna yang berbeda dari tombol lainnya meski lampu backlight bisa secara khusus menyala hanya pada keempat tombol ini saja. Anda juga tidak akan menemukan tombol khusus untuk multimedia maupun tombol macro.

Sedikit membahas touchpad, tidak ada yang spesial dari fitur ini. Cukup nyaman dan responsif. Posisinya sendiri tidak terasa mengganggu bahkan ketika Anda lupa menonaktifkannya saat bermain game.

Performa gaming lumayan

Yang paling diharapkan dari sebuah laptop gaming tentunya performanya untuk mendukung game-game terbaru. Lenovo Y700 dibekali prosesor Intel Core 6700HQ berkecepatan 2.6 GHz yang ditemani kartu grafis Nvidia GTX 960M dan RAM hingga 16 GB DDR4.

Doom

Anda tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan data ketika meng-install banyak game karena Lenovo menyediakan hard disk berkapasitas 1 TB. Ya, versi yang kami review belum memiliki SSD yang jika saja disisipkan pastinya berpotensi membuat kinerja laptop ini lebih cepat.

Kami menguji performa dari Lenovo IdeaPad Y700 dengan menjalankan beberapa game populer seperti Doom (2016), Call of Duty Black Ops 3, Grid Autosport, dan Fallout 4. Berikut penjelasannya:

1. Doom (2016) merupakan sebuah game First-Person Shooter. Kami menjalankannya di setting grafis Medium. Hasilnya, Lenovo Y700 mampu memberikan frame rate lumayan di 40 hingga 45 fps. Tergolong masih nyaman dimainkan.

2. Sama seperti Doom, Black Ops 3 juga merupakan game First-Person Shooter. Lenovo Y700 mampu menjalankannya lebih mulus dibanding Doom. Di setting Medium – High, kami mendapatkan frame rate yang cukup stabil di kisaran 50an hingga 60 fps.

3. Beralih ke Fallout 4 yang merupakan game Open-World, dengan setting Medium dan Texture Quality High kami mendapatkan 30 hingga 40 fps. Ketika diturunkan ke setting Low dan Texture Quality Medium, frame rate naik menjadi 50 hingga 60an. Walaupun mengorbankan sedikit kualitas visual, frame rate yang lebih tinggi akan jauh lebih nyaman untuk dimainkan.

4. Terakhir adalah game racing berjudul Grid Autosport. Menggunakan fitur benchmark yang memang tersedia di game ini, dengan setting Ultra rata-rata yang tercatat adalah 51.51 fps. Sedangkan di setting High, rata-ratanya 89.36 fps.

Yang perlu digarisbawahi, GTX 960M adalah penawaran tertinggi yang tersedia di Lenovo Y700. Pastinya akan lebih menarik jika gamer memiliki opsi untuk membeli versi yang telah dibekali kartu grafis lebih bertenaga, misalnya GTX 970M atau GTX 980M.

Selain itu, untuk sesi gaming yang lama, kami mulai merasakan hangat di sekitar palm rest dan keyboard. Ini berpotensi menimbulkan rasa kurang nyaman jika gamer bermain selama berjam-jam.

Tak lupa kami juga menjalankan beberapa software benchmark untuk menguji lebih jauh kemampuan dari Lenovo IdeaPad Y700. Berikut beberapa hasilnya:

Baterai standar laptop gaming

Lenovo Y700 menawarkan daya tahan baterai yang tidak jauh berbeda dengan laptop gaming kebanyakan. Ketika digunakan untuk bermain game dengan menonaktifkan fungsi Battery Boost dari Nvidia, laptop ini hanya mampu menyala sekitar 1,5 jam.

Sementara jika digunakan untuk sekadar mengetik dan browsing, kami mencatat daya tahan baterainya bisa mencapai 4 hingga 4,5 jam. Cukup lumayan.

Kesimpulan

Lenovo IdeaPad Y700 Review (4)

Lenovo nampaknya berhasil mengemas IdeaPad Y700 sebagai laptop gaming yang juga mampu memenuhi hasrat multimedia para penggunanya. Meski belum dibekali spesifikasi yang paling gahar, Lenovo Y700 sudah cukup untuk menjalankan game-game terbaru di setting medium.

Ukuran dan beratnya mungkin membuat laptop ini tidak terlalu nyaman untuk dibawa-bawa. Namun itulah konsekuensi yang hampir pasti Anda temui jika mencari laptop gaming dengan performa papan atas.

Dari segi harga pun laptop ini termasuk kompetitif. Dibanderol Rp20.799.000, Lenovo IdeaPad Y700 merupakan salah satu pilihan menarik yang ada di pasaran saat ini bagi Anda yang mencari perangkat gaming portable.

Yang Canggih:

+ Desain kokoh dan keren
+ Layar sedap dipandang
+ Audio mantap berkat speaker JBL
+ Keyboard nyaman untuk mengetik
+ Performa gaming ‘lumayan’ untuk menangani game-game terbaru
+ Harga cukup kompetitif di kelasnya

Yang Kurang:

– Tergolong berat dengan bodi yang terlihat tebal
– Keyboard belum dilengkapi tombol khusus multimedia dan macro
– Rasa hangat di palm rest dan keyboard membuatnya kurang nyaman digunakan bermain game berjam-jam

Alternatif lain:

Jika Anda ingin laptop gaming dengan desain yang lebih ramping dan ringan, Asus memiliki laptop seri ROG Strix GL502VT yang dibanderol lebih mahal, yakni Rp25.299.000. Simak review lengkapnya di tautan berikut ini.

Verified by MonsterInsights