Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen: Panel Layar OLED 56-Inci Mutakhir Untuk Mobil Elektrik Mercedes-Benz EQS

Mobil elektrik mewah Mercedes-Benz EQS memang masih dalam tahap pengembangan. Kendati demikian, pabrikan otomotif asal Jerman ini mulai membocorkan sedikit demi sedikit teknologi canggih yang akan hadir di mobil tersebut. Salah satu inovasi yang dipamerkan Mercedes-Benz adalah MBUX Hyperscreen yang sangat futuristik.

svg%3E

Spesifikasi Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen

svg%3E
Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen adalah panel dengan bentang layar OLED 56 inci (141 cm) yang akan menjadi pusat di ruang kokpit mobil elektrik Mercedes-Benz. MBUX Hyperscreen dirancang untuk menggantikan panel instrumen mobil konvensional, termasuk speedometer dan sistem infotainment yang semuanya akan muncul di dalam satu panel layar. Dengan mengusung rancangan analog dan desain digital, satu-satunya instrumen analog yang tersisa hanyalah lubang untuk AC.

svg%3E

Di MBUX Hyperscreen Mercedes-Benz juga menambahkan 12 aktuator yang akan memberikan respon getar saat layar disentuh. Selain itu, panelnya juga sudah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla dan lapisan khusus yang berguna untuk meminimalkan jejak jari dan pantulan cahaya. Sementara, kinerjanya akan mengandalkan prosesor delapan Core dan RAM yang besarannya 24GB.

Fitur Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen

Tidak bisa dimungkiri MBUX Hyperscreen memang menawarkan cara yang lebih futuristik untuk menampilkan segala sesuatu dari speedometer, navigasi GPS hingga playlist musik favorit. Tapi, menurut Mercedes-Benz yang menjadi fitur utama dari MBUX Hyperscreen adalah kemampuan kecerdasan buatannya yang sangat pintar.

svg%3E

svg%3E

Salah satu tugas kecerdasan buatannya ini adalah untuk mendukung sistem operasi dan antarmukanya yang bernama ZERO Layer. Antarmuka ZERO layer khusus dirancang untuk memastikan pengguna tidak perlu menggulirkan layar saat memilih menu dan submenu. Bahkan, tidak memerlukan perintah suara seperti mobil pintar pada umumnya. Jadi, pengguna bisa tetap fokus berkendara dengan aman.

Di antarmuka ZERO Layer aplikasi yang paling penting seperti navigasi, telepon, dan lainnya akan menjadi prioritas utama untuk ditampilkan. Walau begitu, lebih dari 20 fungsi lain juga bisa ditampilkan seperti aplikasi pesan singkat, hingga saran untuk daftar tugas.

svg%3E

Satu keistimewaan dari antarmukan ZERO Layer adalah antarmuka ini sangat adaptif. Kecerdasan buatannya secara otomatis akan terus mempelajari kebiasaan dan kebutuhan pengguna. Dengan demikian, nantinya secara otomatis ZERO Layer akan langsung menampilkan semua fungsi yang paling sering digunakan oleh pengguna. Selain itu, kecerdasan buatannya tersebut bisa memberikan saran yang dipersonalisasi untuk berbagai infotainment, kenyamanan dan fungsi kendaraan tergantung pada situasi dan kebutuhan pengguna.

Ketersediaan MBUX Hyperscreen

Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen akan hadir di mobil elektrik EQS yang rencananya akan dirilis tahun 2022 dan 2023 nanti.

Verified by MonsterInsights