Quantcast
NewsOtomotif

Mercedes-Benz Vision Van: Van Futuristik dengan Dukungan Drone

Menyambut era mobil pintar, Mercedes-Benz telah menyiapkan konsep mobil van pintar yang diberi nama Mercedes-Benz Vision Van.

mercedes-benz-vision-van-1

Van ini dirancang untuk moda transportasi angkutan barang jarak dekat. Fitur yang diusungnya pun sangat menarik. Pertama, Vision Van hadir dengan teknologi mesin elektrik. Artinya, van ini akan sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Asupan tenaganya berasal dari baterai yang bisa digunakan untuk berjalan hingga sejauh 270 km. Untuk kecepatannya, Vision Van bisa berjalan dengan kecepatan hingga 120 km/h.

mercedes-benz-vision-van-3

Kedua, sebagai moda transportasi untuk mengangkut barang, Vision Van dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih. Van ini membawa paket dispenser, sitem rak robotik, dan terminal komputer yang mampu memberikan informasi yang relevan kepada pengemudi. Semua sistem di van ini bisa dikendalikan langsung lewat komputasi awan atau bisa juga terhubung ke sistem managemen perusahaan.

mercedes-benz-vision-van-2

Ketiga, untuk mempersingkat waktu pengiriman dan mampu menjangkau area pengiriman yang tidak memungkinkan dilewati mobil, Mercedes-Benz Vision Van hadir dengan dukungan 2 buah drone di bagian atapnya. Drone ini merupakan hasil kerjasama Mercedes-Benz dengan Matternet. Matternet M2 drone yang merupakan bagian dari van ini bisa membawa paket hingga seberat 2 kg dengan jarak radius pengiriman hingga 10 km.

mercedes-benz-vision-van-4

Terakhir, Mercedes-Benz Vision Van mampu berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu menentukan rute perjalanan yang harus dilaluinya. Di dalam kabinnya Anda juga tidak akan menumkan stir. Kabinnya hanya menyediakan sebuah joystick yang bisa dimanfaatkan untuk ambil alih kemudi, dan lampu LED di bagian dashboard yang menampilkan informasi logistik seperti data penerbangan drone, rute yang ingin ditempuh dan informasi lain.

Meski baru sekedar konsep, Mercedes-Benz Vision tetaplah sangat menarik karena bisa menjadi solusi transportasi angkutan barang yang lebih efisien. Rencananya van ini akan memulai debut perdananya di ajang Paris Motor Show 2016 di bulan Oktober nanti.

Back to top button