Quantcast
NewsOtomotif

Mercedes-Benz Urban eTruck: Truk dengan Sistem Elektrik Penuh Pertama di Dunia

Menyalip para kompetitornya, Mercedes-Benz mengumumkan sebuah truk dengan sistem elektrik penuh pertama di dunia yang diberi nama Urban eTruck.

mercedes benz eTruck-2

Truk dengan kapasitas maksimum 26 ton ini hadir dengan sistem elektrik penuh dari sistem penggerak hingga sumber tenaganya. Untuk sistem penggeraknya, Urben eTruck mengadaptasi sistem penggerak roda elektrik yang dirancang sebelumnya untuk bus Hybrid Mercedes-Benz Citaro.

Sementara sumber tenaganya berasal dari baterai yang terdiri dari 3 modul baterai lithium ion . Baterainya ini mampu digunakan hingga jarak tempuh sekitar 200 km untuk sekali isi ulang yang diklaim cukup ideal untuk moda transportasi di perkotaan.

Dengan mengusung sistem elektrik penuh, Mercedes-Benz Urban eTruck tentu saja nantinya akan menjadi sebuah truk yang akan sangat ideal untuk lingkungan urban. Selain sangat ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang yang bisa menimbulkan polusi udara, sistem penggerak elektrik yang diusungnya juga memungkinkan truk ini bergerak tanpa menimbulkan suara yang bising seperti truk pada umumnya.

mercedes benz eTruck-1

Mercedes-Benz Urban eTruck ini rencananya akan mulai direalisaikan tahun 2020 nanti. Dengan jadual rilisnya yang masih lama dan terus berkembangnya teknologi, tidak menutup kemungkinan Mercedes-Benz akan terus mengembangkan truk ini. Seperti misalnya pada sektor baterainya yang bisa saja nanti mampu digunakan untuk jarak tempuh yang lebih jauh dengan waktu isi ulang yang lebih cepat.

Back to top button