Quantcast
Murah untuk spesifikasi dan fiturnya
Cek Harga

Di pasar smartphone, Lenovo saat ini menaungi dua brand besar, yaitu Lenovo dan Motorola. Keduanya pun cukup aktif dalam merilis cukup banyak smartphone di berbagai kelas. Baru-baru ini Lenovo meluncurkan sejumlah smartphone Motorola baru, salah satunya adalah Motorola Moto G5S Plus.

Motorola Moto G5S Plus adalah sebuah smartphone yang mengincar kelas menengah. Dijual dengan harga hanya 2 jutaan, Moto G5S Plus mempunyai sejumlah fitur yang sangat menarik di kelasnya. Lalu apa saja keunggulan tersebut? Simak ulasan kami berikut ini.

Bodi Logam dengan Desain yang Premium

Walaupun dijual dengan harga yang cukup terjangkau, namun Moto G5S Plus ini jauh dari kesan murah. Moto G5S Plus menggunakan bodi berbahan logam yang membuatnya terlihat premium serta kokoh. Desainnya sekilas mirip dengan beberapa smartphone Motorola lain seperti Moto Z2 Play maupun Moto E4. Bodinya sendiri cukup tipis dengan ketebalan sekitar 8mm. Bezel yang mengapit layar ini terasa agak sedikit tebal, namun secara keseluruhan smartphone ini masih tetap nyaman digenggam dengan satu tangan.

Di bagian depan, terdapat tombol pemindai sidik jari (fingerprint scanner) yang ada di bawah layar (tempat tombol Home biasa berada). Moto G5S Plus tidak dilengkapi dengan tombol navigasi karena menggunakan tombol virtual di layar. Untuk sidik jari, Anda tetap menggunakan tombol fisik di bawah layar.

Smartphone ini memiliki dua slot kartu nano SIM. Namun, slot SIM kedua merupakan slot hybrid. Artinya, slot kedua bisa digunakan untuk memasang nano SIM atau kartu microSD dalam satu waktu. Jadi Anda harus memilih salah satunya saja.

Layar IPS 5,5 inci yang tajam

Layar 5,5 inci milik Moto G5S Plus hadir dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixel. Layar ini menggunakan panel IPS sehingga memiliki sudut pandang yang lebar. Kualitas layarnya juga memadai untuk berbagai konten. Selain tajam, warna yang dihasilkan juga sangat baik dan nyaman dilihat.

Ketika digunakan di luar ruangan pun, layar milik Moto G5S Plus ini tetap nyaman untuk dilihat. Saat memotret di luar ruangan pada siang hari, misalnya, layar ponsel ini tetap jelas terlihat. Moto G5S Plus juga memiliki pengaturan tingkat kecerahan secara otomatis yang akan menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitarnya. Saat dicoba, sensor cahaya ini cukup akurat.

Efek Bokeh dengan Depth Sensor

Seperti tren yang semakin populer belakangan ini, Moto G5S Plus juga dilengkapi dengan kamera belakang ganda. Tapi, konfigurasi kamera belakang ganda milik smartphone ini cukup unik. Biasanya, kamera ganda memiliki lensa standar dan lensa tele atau lensa wide. Namun di Moto G5S Plus ini, hanya terdapat satu kamera utama yang menggunakan lensa f/2.0 dengan sensor 13 megapixel. Sementara kamera keduanya merupakan depth sensor dengan resolusi yang sama untuk mendeteksi dimensi foto.

Saat mengambil foto, depth sensor akan mendeteksi objek utama serta area sekitarnya termasuk background. Kemudian, sensor ini akan menciptakan efek bokeh yang sesuai dengan kondisi objek utama serta jaraknya dengan background. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu menyalakan mode Depth enabled di aplikasi kameranya. Setelah pengambilan foto pun, data dari sensor kedalaman masih akan tetap tersimpan sehingga Anda bisa mengatur ulang titik fokus serta tingkat bokehnya.

Pada mode depth enabled , kamera cukup efektif untuk menciptakan foto dengan efek bokeh yang meyakinkan. Tidak selalu akurat, tapi jika jarak antara subyek dan latar cukup pas maka efek bokeh yang didapatkan tergolong oke. Seperti contoh foto di bawah ini.

IMG_20170711_144237253_DEPTH

Berikut perbedaannya dengan foto yang menggunakan mode Auto biasa yang tidak bisa diatur fokusnya.
IMG_20170711_140505713

Setelah diambil, Anda akan dapat memilih bagian mana yang difokuskan. Pada foto di bawah, kami menentukan tingkat blur di latar setelah foto diambil.
Moto G5s PlusMoto G5s Plus

Menariknya, kamera ganda pada Moto G5s Plus tidak hanya digunakan untuk menciptakan efek bokeh tapi juga untuk melakukan selection pada obyek yang diinginkan sehingga dapat dipadukan dengan foto lain seperti pada contoh di bawah ini.

depth editor sample

Perlu dicatat, penggunaan mode Depth Enabled ini membuat kinerja kamera melambat cukup drastis terutama pada kondisi minim cahaya. Selain lebih susah menentukan fokus, hasil foto juga lebih rentan kabur.

Hasil Kamera Utama Bagus

Kualitas hasil foto dari kamera Moto G5S Plus bisa dibilang bagus. Dalam kondisi cahaya terang, hasil fotonya memiliki ketajaman yang baik dengan saturasi warna yang pas. Saat digunakan dalam kondisi cahaya ideal, kameranya dapat bekerja cukup cepat saat mengambil gambar.

Moto G5s Plus

Berikut hasil foto lain Moto G5s Plus ketika diperbesar hingga 100%. Foto tetap tajam dengan detail yang baik, walaupun obyek dalam kondisi bergerak.

crop 100% foto moto g5s plus

Namun begitu kualitas cahaya menurun, kinerjanya juga ikut melambat. Terdapat jeda yang cukup lama sejak saat tombol shutter ditekan hingga gambar selesai diambil yang berpotensi menimbulkan efek blur atau shake apabila Anda tidak memegang smartphone ini dengan stabil. Apalagi lensanya juga tidak dilengkapi dengan OIS (optical image stabilization).

Hasil foto untuk kondisi minim cahaya masih cukup baik, dengan noise yang cukup banyak pada area yang amat gelap. Perlu diingat, dengan shutter lag yang mencapai 1-2 detik, tangan harus tetap stabil setelah menekan tombol jepret agar hasil foto tidak kabur.

IMG_20170923_172845101

Berikut beberapa hasil foto Moto G5s Plus langsung dari ponsel, tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap bisa dilihat di akun resmi Flickr YANGCANGGIH.COM.

Moto G5s Plus
Moto G5s Plus
Moto G5s Plus
IMG_20170920_205822597_DEPTH

Kinerja Cepat dengan UI Android Polos

Moto G5S Plus ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa-core yang berkecepatan 2GHz dan RAM sebesar 4GB. Kinerjanya cepat untuk kebutuhan sehari-hari seperti berkirim pesan, bermain game, atau media sosial. Apalagi, Moto G5S Plus ini juga menggunakan Android 7.1 Nougat polos yang sangat minim bloatware sehingga membuat kinerjanya semakin ringan.

Chipset Snapdragon 625 memang memiliki performa yang sangat baik di kelas menengah. Kami mencoba menjalankan game MOBA populer seperti Arena of Valor dan Mobile Legends. Semua dapat dijalankan dengan mulus dan lancar, serta memiliki visual yang amat baik. Demikian pula aplikasi lain yang kami coba di smartphone juga dapat dijalankan dengan baik dan cepat.

Dengan kapasitas RAM yang besar, melakukan multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dapat dilakoninya dengan baik. Navigasi menunya juga lancar, berkat OS Android polos tanpa UI tambahan. Dari pengujian kami, kinerja Moto G5s Plus berada di atas rata-rata ponsel Android di kelas harganya.

TurboPower untuk Mengisi Baterai dengan Lebih Cepat

Moto G5S Plus memiliki baterai yang berkapasitas sebesar 3.000 mAh. Dengan baterai 3000mAh ini, G5S Plus dapat bertahan sekitar 12 jam dengan pola pemakaian standar (browsing, memotret, chatting, main game secara berkala). Pengisian baterainya juga didukung dengan teknologi TurboPower untuk mengisi baterai ini dengan cepat.

Kami pun mencoba mengisi baterai smartphone ini dengan menggunakan TurboCharger yang diberikan dalam paket penjualannya, dan baterainya bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 1 jam. Selama proses pengisian, smartphone akan terasa lebih panas jika dibandingkan dengan saat mengisi menggunakan charger biasa yang tidak mendukung TurboCharger.

Kesimpulan

Lenovo menyajikan sebuah smartphone yang sangat menarik melalui Motorola Moto G5S Plus ini. Dengan harga Rp2.999.000 selama masa promosi, Moto G5S Plus memiliki value yang lebih besar dibandingkan harganya. Bodinya yang berbahan logam terasa sangat mantap saat digenggam. Apalagi desainnya yang minimalis dan elegan membuatnya terasa mewah. Kamera belakangnya juga memiliki kualitas yang baik. Dengan tambahan depth sensor, maka Anda bisa mengambil gambar dengan efek bokeh yang lebih kreatif.

Ditambah lagi, Moto G5S Plus ini memiliki kinerja yang cepat dengan penggunaan chipset Snapdragon 625 dan RAM 4GB. Baterai 3.000 mAh dengan dukungan TurboPower juga cukup memadai untuk menemani aktivitas Anda seharian.

Lalu untuk siapa Motorola Moto G5S Plus? Bagi Anda yang mencari smartphone kelas menengah dengan kinerja kencang, deretan fitur canggih, menu minimalis yang gegas, serta kamera yang di atas rata-rata, Moto G5s Plus merupakan pilihan yang wajib dilirik.

Yang Canggih:

+ Bodi berbahan logam dan berdesain premium
+ Kualitas rancang bangun yang kokoh
+ Layar Full HD yang cerah dan tajam
+ Hasil foto di kondisi cahaya ideal amat bagus untuk kelas harganya
+ Fingerprint scanner cukup responsif
+ Pengisian baterai cepat dengan TurboPower (quick charge)
+ Kinerja chipset cepat untuk berbagai aplikasi
+ Kapasitas RAM & memori internal di atas rata-rata ponsel di kelasnya
+ UI Android 7.1 polos membuat kinerja cepat
+ Harga sangat menarik untuk spesifikasi dan fiturnya

Yang Kurang:
– Lensa kamera utama menonjol, rentan terbentur dan kotor saat ditaruh meja
– Efek bokeh dari kamera ganda tidak selalu alami
– Ada jeda saat memotret, terutama saat low light atau menggunakan mode Depth
– Daya tahan baterai standar

Spesifikasi dan kamera hebat
Dengan harga Rp2.999.000, Moto G5s Plus menawarkan berbagai kecanggihan ponsel kelas atas seperti spesifikasi yang kencang, kamera ganda yang inovatif, serta sederetan fitur menarik lain seperti NFC, layar Full HD, dan pengisian baterai yang cepat.
Murah untuk spesifikasi dan fiturnya
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: