[Computex 2018] ASUS Perkenalkan ROG Phone, Smartphone Khusus Gaming Dengan Kemampuan Dahsyat

Bukan ASUS ROG namanya bila produknya tidak dikhususkan untuk gamer kelas premium. Namun, kali ini ASUS ROG menampilkan sesuatu yang berbeda pada event Computex 2018 yang dilaksanakan pada 4 Juni 2018 di Taipei, Taiwan. Pada event tersebut, bersama dengan beberapa produk gaming premium untuk PC, ASUS perkenalkan ROG Phone, smartphone khusus gaming dengan kemampuan yang mengejutkan.

svg%3E
ASUS ROG Phone adalah smartphone yang dibuat khusus untuk gaming premium.

Mulai dari eksterior sampai interiornya, semua yang ada di ROG Phone dirancang khusus untuk gaming kelas berat, sesuai dengan image yang disandang Republic of Gaming hingga saat ini. Bahkan, ROG Phone juga memperkenalkan beberapa perangkat tambahan yang akan mendukung kemampuan gaming smartphone tersebut, baik dari sisi kinerja maupun kenyamanan penggunanya.

Kekuatan Chip Ditingkatkan Untuk Gaming

Keseriusan ASUS untuk menjadikan ROG Phone sebagai smartphone gaming premium terlihat jelas pada peningkatan yang dilakukannya pada bagian chipset di dalamnya. Meskipun menggunakan chipset yang sama dengan smartphone lain, yaitu Qualcomm Snapdragon 845 SoC, ROG Phone meningkatkannya lebih jauh lagi. Chip dengan delapan core Kryo CPU dan Adreno 630 graphics tersebut ditune khusus untuk gaming.

Chipset yang dibuat eksklusif untuk ROG Phone tersebut menghasilkan kecepatan clock hingga 2.96GHz. Artinya, kecepatannya berada 200MHz di atas chip standar yang ada di pasaran saat ini. Dengan demikian, bermain game dengan menggunakan ROG Phone tampaknya akan menjadi pengalaman yang sangat nyaman bahkan pada game terbaru sekalipun.

Untuk menghemat daya baterai ketika tidak digunakan bermain game, ROG Phone akan mengurangi kecepatan clock Snapdragon 845 secara besar-besaran ketika idle. Dengan demikian, penggunaan baterai chip yang harusnya boros menjadi kecil dan smartphone ini bisa dapat digunakan untuk waktu lama di luar gaming.

Smartphone Gaming Pertama Dengan Cooling System

Satu hal yang sangat mengejutkan kami dari ROG Phone adalah adanya sistem pendingin yang didedikasikan khusus untuk gaming. Sebab seperti yang mungkin kamu juga tahu, memainkan game adalah pekerjaan yang sangat berat untuk chip, dan itu menyebabkan suhunya menjadi meningkat drastis. Seringkali kami merasa tidak nyaman ketika main game karena badan smartphone menjadi sangat panas, dan juga dapat menurunkan kinerja gaming. ASUS menyelesaikan masalah tersebut dengan menambahkan sistem pendingin eksternal.

Ya, sistem pendingin eksternal yang dimiliki ROG Phone, yang dinamakan GameCool system adalah alat terpisah yang dapat dipasang pada badan smartphone. Sistem pendingin tersebut akan mengalirkan panas dari chip keluar badan melalui 3D Vapor Chamber yang dirancang khusus untuk ROG Phone. Ada pula sistem AeroActive Cooler tambahan yang menghembuskan hawa panas ke belakang smartphone untuk mempercepat pendinginan chip. Menariknya, GameCool system tampaknya diberikan langsung pada paket penjualan jadi pembeli ROG Phone bisa langsung menggunakannya tanpa keluar uang tambahan.

Dilengkapi Layar Berkemampuan Tinggi

Kemampuan ROG Phone dari sisi chip yang tinggi ternyata juga didukung dengan baik oleh layarnya. Supaya gamer tidak merasakan adanya penurunan frame rate ketika memainkan game, smartphone gaming ini melengkapi layar 6 incinya dengan 90Hz. Artinya, kecepatan refresh tersebut berada sekitar 50 persen lebih tinggi dibandingkan layar smartphone biasa. Hal ini tentunya akan sangat terasa ketika memainkan game yang berat dan game action dengan kecepatan tinggi.

svg%3E

Menariknya, ROG Phone ternyata menggunakan layar Amoled yang response timenya sama dengan monitor esports kelas kompetisi ROG Swift PG258Q. Bukan hanya itu, kualitas warnanya juga menjadi terjamin dengan penggunaan gamut warna yang luas, mencapai 108.6% ruang warna dari DCI-P3 kelas cinema. Menurut spesifikasi yang diberikan ASUS, layar tersebut mampu menghasilkan contrast ratio 10000:1 dan dukungan HDR. Tampaknya pengguna smartphone gaming ini akan dimanjakan dengan warna yang tajam dan alami.

Meningkatkan Interaksi Dengan Game Melalui AirTrigger

Game seringkali dimainkan dengan menggunakan orientasi landscape, terutama untuk game dengan pengendalian kompleks seperti RPG, fighting, dan action. Untuk semakin meningkatkan respons antara jari dan game, ROG Phone menggunakan layar sentuh yang sangat sensitif, bahkan mampu mendeteksi jari yang dibungkus sarung tangan. Bukan hanya itu, ASUS juga menambahkan fungsi AirTrigger pada beberapa sudut smartphone yang bahkan lebih sensitif lagi terhadap sentuhan.

AirTrigger merupakan tombol ultrasonic yang bisa bereaksi dengan tekanan 20 gram saja, sehingga sentuhan ringan sekalipun akan diterjemahkan menjadi gerakan. Posisinya berada pada dua pojokan di sisi kiri, sangat tepat dengan posisi jari, dan satu lagi di pojok bawah kanan untuk meningkatkan respons ketika menggunakan orientasi portrait. Setiap AirTrigger tersebut dapat dikustomisasi dengan beragam fungsi, misalnya untuk macro di dalam game, dan juga untuk non-gaming seperti meluncurkan apps dengan instant.

svg%3E

Supaya pengalaman bermain game lebih tinggi, ROG Phone juga meningkatkan kemampuan getaran supaya mampu memberikan feedback sama seperti pada controller console. Posisi port untuk kabel charger juga ditambahkan di sisi kanan smartphone supaya kabelnya tidak menganggu ketika bermain game dalam orientasi landscape. Port itu pula yang digunakan oleh sistem pendingin AeroActive Cooler serta memberikan port tambahan untuk charger dan headphone.

svg%3E

Feature di Luar Gaming

Kemampuan ROG Phone ternyata tidak hanya terpusat pada gaming saja. Smartphone ini juga dilengkapi dengan beragam feature non-gaming untuk pengguna kelas atas, seperti adanya dukungan RAM 8GB dan storage UFS 2.1 hingga 512GB. Penggunaan rasio layar 18:9 membuat smartphone ini menjadi lebih ramping dan mudah dipegang dalam penggunaan sehari-hari.

svg%3E

Layarnya dilengkapi pula dengan Gorilla Glass 6 untuk melindunginya dari kerusakan dan baretan. Sedangkan pada badannya dilengkapi dengan tahan air supaya smartphone premium tersebut aman dari infiltrasi cairan dari luar.

Untuk kemampuan reproduksi suaranya, ROG Phone memiliki speaker dual yang menghadap ke depan, dilengkapi dengan teknologi Smart Amp supaya bisa menghasilkan volume besar tanpa distorsi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan headphone atau headset ROG Delta Type-C terbaru dari ASUS, yang mampu menghasilkan virtual surround sound.

Pada bagian jaringannya, ROG Phone dilengkapi oleh Gigabit LTE dan WiGig-certified 802.11ad 60GHz Wi-Fi dengan 2×2 MIMO dan WiFi Direct. Port bagian sisi dari smartphone ini juga mendukung Gigabit Ethernet melalui Type-C, ditambah HDMI dan USB.

Supaya kemampuan charger ROG Phone lebih prima, kamu bisa menambahkan HyperCharge adapter. Charger tersebut menambahkan kemampuan IC charger untuk meningkatkan kemampuan mengisi daya hingga 20W dan menurunkan suhu ketika mengisi daya. ROG Phone dapat mengisi baterai 4000mAh miliknya hingga 60% selama 33 menit dan 85% selama sejam.

Untuk keamanannya, ROG Phone memiliki pembaca sidik jari untuk membuka kunci. Ada pula dual rear camera yang mampu menangkap gambar 12MP, dan kamera secondary 8MP dengan wide-angle 120 derajat.

svg%3E

Logo yang ada di belakang ROG Phone menggunakan ciri khas ROG, yaitu lampu RGB yang mampu menyala dengan warna yang kamu tentukan sendiri. Lampu tersebut juga dapat disinkronisasikan dengan lima ROG Phone lainnya secara nirkabel, supaya cahayanya serasi dengan anggota tim gamermu.

Perangkat Tambahan

ASUS ROG Phone tidak hanya sekadar meluncurkan smartphone gaming premium saja di event Computex. Smartphone gaming tersebut juga didukung dengan beberapa perangkat tambahan yang semakin meningkatkan nilainya sebagai perangkat gaming kelas atas. Pertama adalah Mobile Desktop Dock yang bisa dipasang ke ROG Phone dan menjadikannya pusat dari sistem desktopmu. Perangkat tersebut memberikan kemampuan terhubung dengan monitor 4K, Gigabit Ethernet, speaker 5.1 channel, dan beberapa slot USB. Melalui perangkat tersebut, kamu juga bisa menggunakan keyboard dan mouse untuk bermain di smartphone.

Perangkat berikutnya adalah TwinView Dock, yang menyulap ROG Phone menjadi console handheld. Tambahan yang sangat kentara adalah adanya layar kedua yang bisa digunakan untuk menampilkan layar selain permainan, seperti peta, inventory, dan informasi penting lainnya tanpa perlu menganggu layar permainan. Kamu juga bisa menemukan adanya controller seperti console handheld di sebelah sisi perangkat ini. Dengan demikian, kamu bisa semakin merasa seperti memainkan console, plus adanya feedback getaran ketika bermain. Pada perangkat tersebut juga ditemukan adanya sistem pendingin dan baterai 6000mAh untuk meningkatkan waktu mainmu.

Sedangkan untuk perangkat berikutnya, WiGig Dock, dapat digunakan untuk menghubungkan layar tambahan di TwinView Dock ke TV, melalui bantuan WiFi 802.11ad 60GHz. Melalui koneksi nirkabel tersebut, kamu bisa melihat permainanmu di TV layar lebar. Dengan bantuan perangkat third party GameVice, ROG Phone akan menjelma menjadi gamepad untuk mengendalikan game di TVmu.

Untuk ketersediaan dan harganya, ASUS ROG Phone akan mulai dijual musim panas tahun ini dengan konfigurasi storage 128GB dan 512GB. Semua versi disertai dengan AeroActive Cooler, dan perangkat tambahan lainnya dijual terpisah. Untuk harganya sendiri belum diberikan oleh ASUS, tetapi pastinya akan premium dilihat dari kemampuan smartphone gaming ini.

[table]Spesifikasi;ASUS ROG Phone
Prosesor;Qualcomm Snapdragon 845 2.96GHz octa-core dengan Speed Binning
GPU;Qualcomm Adreno 630
Layar;”AMOLED 6 inci 18:9 (2160 x 1080). Refresh rate 90Hz dengan response time 1ms. Color gamut 108.6% DCI-P3 dan contrast ratio 10000:1. 10-point multi-touch (mendukung Glove Touch). Dukungan HDR”
RAM;LPDDR4X 8GB
Media Penyimpanan;UFS 2.1 128GB/512GB
Sensor;”Accelerometer, e-compass, proximity sensor, hall sensor, ambient-light sensor, fingerprint sensor, gyroscope, 2x ultrasonic AirTrigger”
Side I/O;”Custom USB mendukung USB 3.1 Gen 1, DP 1.4, Fast Charging (15W), ASUS HyperCharge”
Bottom I/O;”USB-C mendukung USB 2.0, Fast Charging (20W), Direct Charge, 3.5mm Headphone jack”
Kamera;Utama 12MP + 8MP (120° wide-angle). Kamera depan 8MP
Audio;Dual front facing stereo speaker dengan Smart Amplifier, 24-bit/192KHz Hi-Res Audio, DTS Headphone X 7.1 virtual surround sound, Qualcomm aptX High-Definition Bluetooth wireless audio
Baterai;4000 mAh
Dimensi;158.8mm x 76.2mm x 8.6mm
Bobot;200 gram
[/table]

Verified by MonsterInsights