Gunman Clive: Game Platform Dengan Grafis Artistik

Masih ingatkah Anda dengan game-game Nintendo ataupun Sega Mega Drive seperti Mega Man, Contra, dan Sunset Riders? Jika judul-judul game yang baru saya sebutkan terdengar familiar, Anda mungkin tertarik dengan Gunman Clive. Nah, sebelum mencoba, ada baiknya Anda menyimak review singkat ini terlebih dahulu.

Game ini mengisahkan seorang koboi bernama Clive yang berusaha menyelamatkan putri Walikota dari tangan para bandit. Ia harus melewati banyak rintangan dan lawan dengan bersenjatakan sebuah pistol.

Game karya Bertil Hörberg ini memiliki grafis 3D dengan efek sketsa yang membuat saya terpukau. Objek-objek di dalamnya terlihat detil dan menarik. Animasi tiap-tiap objeknya pun dibuat dengan sangat baik. Tidak terlihat kaku dan aneh. Singkatnya, keindahan game ini cukup memanjakan mata.

Dalam urusan kontrol, D-Pad virtual yang muncul di layar terasa responsif, dan tidak perlu waktu lama untuk membiasakan diri menggunakannya. Namun tetap saja, saya masih kesulitan saat menggerakan Clive menghindari peluru dan pijakan-pijakan yang timbul tenggelam di atas jurang.

Game ini cukup mengingatkan saya dengan game Mega Man. Seperti Android (paduan robot dengan manusia) berwarna biru tersebut, Clive hanya bisa menembak dan melompat. Lebih mirip lagi, Clive juga tidak bisa menembak secara diagonal. Sedikit saya sayangkan, karena para bandit mampu menembak Clive dari arah manapun. Untungnya ada beberapa power-up senjata yang membantu.

Untungnya, jenis musuh yang ada tidak sedikit. Hampir di setiap level, Anda akan menemukan musuh baru yang mempunyai cara menyerang yang berbeda. Lucunya, tidak hanya bandit yang menjadi lawan kita, tetapi juga binatang-binatang yang menggemaskan. Saya sering terkecoh dengan burung pelikan yang terbang sambil menjatuhkan bom tanpa wajah berdosa, atau seekor kelinci imut yang melompat-lompat ingin menginjak Clive.

Satu hal lagi yang cukup menarik adalah variasi levelnya yang tidak monoton. Di satu level, Clive harus naik di atas kereta tambang lalu melompat-lompat menghindari jurang. Bahkan di level lain, Clive mengejar bandit menggunakan roket ke bulan! Hal-hal seperti ini membuat saya makin penasaran dengan level-level berikutnya.

Sudah menjadi ciri khas game platform klasik untuk mengulang kembali permainan dari awal level jika karakter Anda mati. Gunman Clive juga sama kejamnya dengan game-game tersebut. Setiap kali Clive dihabisi musuh, kita harus mengulang level tersebut. Tidak ada checkpoint ataupun auto-save, kecuali setelah menyelesaikan level tersebut. Tapi setidaknya permainan tidak akan berakhir, atau Game Over, bila Clive mati. Setelah menyelesaikan beberapa level, Anda akan menemui boss. Bagi saya ini adalah momen yang paling dinanti karena setiap boss memiliki serangan unik yang benar-benar menantang.

Walaupun sangat susah, game ini membuat saya ketagihan. Ditemani musik 8-bit, game ini mengembalikan memori-memori indah saat bermain di konsol Nintendo ataupun Sega. Jika ingin bernostalgia seperti saya, silahkan mengunduh Gunman Clive seharga US$1.99 di iTunes Store.

Kelebihan:
+ Desain sketsa yang keren
+ Animasi tidak kaku
+ Variasi level dan musuh yang beragam
+ Boss yang cukup menantang

Kekurangan:
– Sangat susah dengan tidak adanya checkpoint
– Kontrol virtual cukup sulit untuk memainkan game semacam ini

Verified by MonsterInsights