Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon X Plus: Chipset untuk Laptop dengan CPU Qualcomm Oryon 10 Core dan NPU 45 TOPS

Qualcomm memperkenalkan chispet terbarunya yang kali ini ditujukan untuk PC berbasis Windows. Disebut Qualcomm Snapdragon X Plus, chipset ini menggunakan CPU Qualcomm Oryon yang diklaim lebih kencang dan efisien. Seperti apa?

Fitur Qualcomm Snapdragon X Plus

Qualcomm Snapdragon X Plus 2

 

Dalam siaran persnya, Rabu (24/4), Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon X Plus menggunakan CPU Qualcomm Oryon 10-Core yang memberikan kinerja 37% lebih tinggi dan konsumsi daya 54% lebih efisien dibanding pesaingnya.

Menurut Qualcomm, Snapdragon X Plus dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device dengan Qualcomm Hexagon NPU yang mampu mencapai 45 TOPS. Qualcomm mengklaim ini adalah NPU tercepat di dunia untuk laptop.

“Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner,” ujar Kedar Kondap, Senior Vice President and General Manager of Compute and Gaming, Qualcomm Technologies, Inc.

Dengan 45 TOPS NPU, Snapdragon X Plus dapat mengoptimalkan kemampuan seperti pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, untuk menghasilkan kode baru secara instan melalui AI generatif. Selain itu, teknologi ini juga berguna untuk pembuatan musik di Audacity yang menggunakan Riffusion AI secara langsung on-device.

Qualcomm Snapdragon X Plus 3

Menariknya lagi, dukungan AI pada chipset ini memungkinkan subtitle langsung di OBS Studio, yang mampu menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda menggunakan Whisper di perangkat. Fungsi ini mampu dioperasikan secara real-time selama streaming berlangsung.

Jadwal Rilis

Qualcomm Snapdragon X Plus

Qualcomm Snapdragon X Plus akan hadir pada produk PC berbasis Windows dari berbagai OEM mulai pertengahan tahun 2024. Jadwal tersebut bersamaan dengan kehadiran perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button