Quantcast

Review Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+): Smartphone 1 Jutaan dengan Layar Tangguh dan Sensor Sidik Jari

Cek Harga

Evercoss tergolong cukup rajin meramaikan persaingan smartphone di kelas satu jutaan rupiah. Bahkan, brand asal Indonesia ini pernah mengklaim produk andalannya, Winner Y Star, laris manis di pasaran hingga stok habis. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang masih berminat dengan seri tersebut, baru-baru ini Evercoss meluncurkan versi baru Winner Y Star dengan tambahan Plus di namanya.

Ada beberapa peningkatan yang ditawarkan Winner Y Star Plus (U50A+) dibandingkan versi non-Plus. Meski begitu, Evercoss justru tetap menjual smartphone anyarnya di harga yang sama. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan kami:

Desain mirip pendahulunya, punya sensor sidik jari

Sekilas, Winner Y Star Plus (U50A+) tampil cukup mirip dengan pendahulunya yakni versi non-Plus. Evercoss masih mengandalkan material plastik di sekujur bodi dari smartphone ini. Wajar karena Winner Y Star Plus (U50A+) adalah smartphone murah. Walaupun belum metal, kualitas rancang bangunnya cukup baik.

Sudut-sudut Winner Y Star Plus (U50A+) terlihat ergonomis. Ketika digenggam, smartphone ini tidak terasa licin dan pas dengan kontur tangan. Perlu diketahui pula bahwa Winner Y Star Plus (U50A+) tidak mengusung konsep desain unibody. Artinya, Anda bisa membuka cover belakangnya untuk mengakses baterai, slot SIM-card, dan slot microSD.

Satu hal yang menurut kami sangat mengganggu adalah cover belakang Winner Y Star Plus (U50A+) sangat mudah kotor oleh sidik jari. Tidak hanya itu, untuk membersihkannya pun sulit dan butuh usaha ekstra. Untungnya Evercoss menyediakan clear case dalam paket penjualannya.

Beralih ke bagian depan, Anda akan menemukan layar 5 inci yang ditemani tombol Home sekaligus sensor sidik jari di bawah, serta dua buah softkey. Cukup menarik melihat Winner Y Star Plus (U50A+) sudah dilengkapi fitur keamanan berupa sensor sidik jari, terutama jika membandingkannya dengan produk pesaing di harga setara.

Layar tangguh tahan banting

Inilah yang menjadi nilai jual utama Winner Y Star Plus (U50A+) ketika Evercoss pertama kali memperkenalkannya kepada awak media, termasuk kami. Layar 5 inci 720p berpanel IPS pada smartphone tersebut menggunakan teknologi kaca yang disebut Kingkong Glass.

Evercoss mengklaim kaca ini sangat kuat. Bahkan, ketika dicoba untuk memukul paku pun tidak terlihat lecet sama sekali dan semua fungsi masih normal. Menurut Evercoss, Kingkong Glass memiliki kekuatan 6 kali lebih baik dibanding layar biasa.

Lalu, bagaimana dengan tampilan gambarnya? Biasa saja. Khas panel IPS. Tajam walaupun warnanya tidak terlalu menawan, dan memiliki view angle yang cukup luas. Intinya, lumayan untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari termasuk untuk menonton video. Sekadar informasi, resolusi layar 720p HD ini pun termasuk peningkatan jika dibanding versi sebelumnya yang belum HD.

Dari sektor audio, Evercoss tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak performanya. Speaker yang tersedia mampu mengeluarkan suara dengan lantang dan terdengar jernih dengan syarat tidak diatur ke volume tertinggi.

Android 7.0 Nougat dengan VOS UI

Evercoss meluncurkan Winner Y Star Plus (U50A+) dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat, serta user interface yang disebut VOS UI. VOS UI ini dikembangkan oleh PT. AIG (perusahaan lokal), dan telah dibekali berbagai fitur yang berguna.

Contohnya adalah Freezer, aplikasi bawaan yang berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi tertentu yang tidak dipakai, sehingga dapat menghemat daya baterai maupun kuota internet. Ada pula antivirus bawaan untuk mendeteksi malware menyusup ke smartphone. Terakhir, ada fitur bernama Speedup yang berfungsi untuk membersihkan file-file sampah (cache).

Meski ada fitur yang berguna, Winner Y Star Plus (U50A+) juga dijejali bloatware yang mungkin tidak dibutuhkan sama sekali oleh Anda.

Kamera didukung fitur Sticker

Dengan harga 1 jutaan, Anda memang tidak perlu berharap banyak kepada sektor kamera dari Evercoss Winner Y Star Plus. Smartphone ini dibekali kamera belakang 8 megapixel dan kamera selfie 8 megapixel yang keduanya sudah ditemani lampu flash.

Hasil jepretannya masih bisa dibilang lumayan saat memotret di outdoor dengan kondisi cahaya yang baik. Namun ketika di dalam ruangan apalagi yang cahayanya minim, hasilnya tidak tajam dan reproduksi warnanya kurang bagus.

Tapi nilai plusnya, Evercoss menambahkan fitur Sticker untuk menciptakan foto dengan berbagai filter yang lucu. Kehadiran fitur tersebut bisa memberi keseruan ketika melakukan selfie. Caranya hanya dengan masuk ke mode FaceCute, dan kamera Winner Y Star Plus akan mendeteksi wajah lalu menambahkan sticker yang Anda pilih secara real-time.

Hasil Foto Evercoss Winner Y Star Plus (12)

Hasil Foto Evercoss Winner Y Star Plus (13)

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan hasil foto yang kami abadikan menggunakan kamera Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+). Hasil lainnya juga bisa Anda temukan di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

Hasil Foto Evercoss Winner Y Star Plus (9)

Hasil Foto Evercoss Winner Y Star Plus (1)

Performa khas smartphone murah

Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+) dipersenjatai SoC MediaTek MT6735 dengan prosesor quad-core 1.3 GHz, yang ditemani RAM 2 GB serta memori internal 16 GB. Kombinasi yang wajar untuk sebuah smartphone murah.

Hasilnya bisa ditebak. Anda akan disuguhkan performa yang standar dan tidak bisa dibilang bertenaga. Meski begitu, untuk mendukung kebutuhan menjalankan aplikasi sehari-hari seperti chatting, browsing, dan media sosial, kinerjanya sudah mencukupi dan masih tergolong gesit.

Hanya saja jika Anda ingin bermain game 3D yang menuntut performa tinggi, Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+) belum mampu memfasilitasinya dengan baik. Kami sempat mencoba memainkan Asphalt 8: Airborne. Jika Anda ingin mendapatkan frame rate yang lebih stabil dan memadai, Anda wajib menurunkan pengaturan grafis ke Medium atau di bawahnya.

Berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark untuk mengetahui lebih jauh seperti apa performa dari smartphone ini:

BateraiĀ 

Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+) bukanlah smartphone yang mengedepankan kapasitas baterai sebagai nilai jual utamanya. Baterainya hanya 2450 mAh. Walaupun tidak besar, tapi masih cukup mendukung gaya pemakaian kami sejak pagi hingga sore hari.

Kami menggunakan smartphone ini hanya untuk kebutuhan-kebutuhan standar, misalnya chatting, mengakses media sosial, dan browsing. Ketika baterai di bawah 10 persen, kami mengisi ulang daya dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga indikator baterai menunjukkan angka 100 persen penuh.

Kesimpulan

Nama Evercoss mungkin tidak sebesar brand-brand asal luar negeri yang bermain di pasar smartphone Indonesia. Meski begitu, Evercoss punya peminatnya tersendiri dari berbagai daerah di Tanah Air.

Lewat Winner Y Star Plus (U50A+), Evercoss sekali lagi mencoba mengulang kesuksesan dari versi non-Plus, dengan menawarkan beberapa peningkatan fitur seperti layar tangguh yang kini resolusinya sudah HD, namun dijual di harga yang tetap sama. Keberadaan fitur menarik seperti sensor sidik jari pun menjadi keunggulan di kelasnya.

Dengan banderol Rp1.299.000, Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+) cocok untuk Anda yang baru ingin beralih ke smartphone 4G ber-OS Android, maupun yang mencari perangkat murah dengan layar tangguh untuk kebutuhan komunikas standar sehari-hari.

Yang Canggih:

+ Layar kuat tahan benturan
+ Sudah dibekali sensor sidik jari
+ Kamera didukung fitur sticker yang menarik
+ Harga terjangkau, tetap sama dengan versi non-Plus

Yang Kurang:

– Bodi mudah kotor
– Kamera kurang memadai untuk pemotretan indoor atau di cahaya temaram
– Cukup banyak bloatware

Spesifikasi Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+)
Layar IPS 5 inci HD dengan Kingkong Glass
Prosesorl MediaTek MT6735 dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 8 megapixel dengan autofocus dan lampu flash
Kamera depan 8 megapixel dengan flash
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.0, WiFi, microUSB
Sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan VOS UI
Baterai 2450 mAh
Fitur Sensor sidik jari
Opsi warna Hitam, Putih, Gold, Biru
Evercoss Winner Y Star Plus (U50A+)
Smartphone murah ini menawarkan layar kuat tahan benturan dan fitur keamanan berupa sensor sidik jari
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: